Fungsi Statistik Beserta Kegunaan dan Manfaatnya

Ditulis oleh zidan Pada 01 April, 2020



Ada banyak fungsi maupun kegunaan statistik, akan tetapi tidak semua dari kita mengetahuinya.

    Padahal ketika kita ingin mempelajari sesuatu maka sebaiknya kita mengetahui fungsinya maupun kegunaannya secara teori maupun secara nyata. Hal ini dengan sendirinya menambah motivasi kita untuk mempelajari sebuah pelajaran tertentu.

    Saya mengatakan hal ini karena tentunya dalam kehidupan ini, tidak semua pelajaran yang perlu kita pelajari adalah pelajaran yang kita suka. Contohnya adalah ketika kita bersekolah, kuliah atau bahkan untuk bertahan hidup.

Daftar Isi

Deskriptif dan Inferensial

    Ada beberapa sumber yang menyatakan kalau pada dasarnya statistik mempunyai dua fungsi yaitu fungsi deskriptif dan fungsi Inferensial. Akan tetapi, setelah saya gali lebih dalam saya menemukan bahwa kedua hal ini adalah sebuah metode atau sebuah proses yang ada dalam statistik.

    Hal ini terjadi karena pada dasarnya statistik itu di bangun oleh kedua proses utama ini yang mana penjelasan singkatnya sebagai berikut.

    Statistik deskriptif adalah sebuah deskripsi pendek yang menyimpulkan sebuah kumpulan data yang pada dasarnya memiliki dua bagian utama yaitu perhitungan kecenderungan perpusatan data (rata-rata, median, dan modus) beserta perhitungan sebaran atau dalam bahasa yang bisa saya mengerti dengan variasi data yang ada (standar deviasi, variasi, nilai minimum dan maksimum, Skewness, dan kurtoisis)

    Statistik inferensial adalah sebuah proses menggunakan analisa data (mengamati, mencuci, memodel, dan mentransformasikan data) untuk menarik kesimpulan tertentu yang sesuai penelitian yang sedang di lakukan terhadap alasan penyebaran kemungkinan (kenapa kemungkinan sebuah data tidak selalu sama).

Fungsi secara “teori”

    Hal ini mungkin saja telah Anda ketahui atau tidak sama sekali. Berikut adalah fungsi statistik yang lebih condong secara teori karena hal-hal ini sering muncul di buku-buku yang ada di perpustakaan. Hal-hal ini adalah :

  1. Membantu mengumpulkan dan mempertunjukkan data dalam bentuk yang sistematis (teratur)
  2. Membantu menyederhanakan sebuah persoalan kompleks sehingga akan lebih mudah untuk memahaminya.
  3. Membantu menyortir data dengan mengklasifikasinya.
  4. Menyediakan bahan dan teknik untuk melakukan perbandingan.
  5. Membantu mempelajari sebuah fenomena dengan melakukan korelasi antara fenomena (gejala).
  6. Membantu memahami sebuah perilaku dari populasi atau sampel yang di pelajari.
  7. Membantu membuat sebuah hipotesa dan mengujinya.
  8. Membantu mengambil keputusan secara rasional (masuk akal)

Fungsi secara “nyata”

    Adapun yang saya maksud secara nyata ini mungkin dengan kata lainnya adalah kegunaan dari statistik itu sendiri. Beberapa diantaranya adalah :

  1. Prediksi dari kehidupan kita sehari.

  2. Kualitas (rating) sebuah produk.

  3. Ramalan cuaca.

  4. Persiapan emergensi.

  5. Pendeteksian penyakit.

  6. Kampanye politik.

  7. Barang.

  8. Pasar keuangan.

  9. Olahraga.

  10. Asuransi.

  11. Pendidikan.

1. Prediksi dari kehidupan kita sehari-hari

    Sebenarnya hal ini sudah sering sekali di gunakan oleh orang-orang terdahulu hingga sekarang yang mungkin bentuknya agak berbeda berdasarkan zaman nya. Hal yang saya maksud adalah kepercayaan-kepercayaan yang sering muncul di kalangan masyarakat Indonesia seperti “jangan tidur terungkap” atau “jangan tidur di atas bantal” semua hal ini sebenarnya berdasarkan pengetahuan yang dulu nya terjadi, sehingga membuat sebuah prediksi ke depannya bahwa ketika saya melakukan ini maka saya akan mendapatkan ini. Ini sebenarnya contoh sederhana statistik yang belum menggunakan matematika.

2. Kualitas (Rating) sebuah produk.

    Kita sangat percaya dengan rating atau seberapa “bintang” yang dimiliki sebuah hotel atau sebuah barang. Jadi jangan heran kalau hampir semua toko baik online maupun offline menyediakan rating yang bahkan ada beberapa orang atau perusahaan yang pada dasarnya hanya mengecek kualitas produk lalu memberinya rating. Ada industri sendiri terhadap rating ini. Hal ini adalah contoh statistik lainnya yang sering sekali kita jumpai.

3. Ramalan cuaca

    Pasti kita semua tahu atau bahkan pernah melihat atau mendengar sebuah ramalan cuaca. Ada beberapa yang tidak mempercayainya ada juga yang mempercayainya. Apapun itu, ramalan cuaca sebenarnya didasari statistika yang bermacam-macam dan di campur dengan sebuah alat dan beberapa data yang telah di kumpulkan sebelumnya tentang cuaca.

4. Persiapan Emergensi (bencana)

    Tentu ada beberapa hal yang perlu sebuah organisasi atau bahkan sebuah negara persiapkan dalam menghadap bencana alam yang bagi kita para orang yang tidak mempelajarinya atau tidak paham terhadap bagaimana cara mendeteksi bencana. Prediksi terhadap bencana mungkin kadang salah akan tetapi ilmunya secara cepat meningkat. Hal ini tentunya didasari statistik juga. Bisa di bilang statistik disini bisa membantu menyelamatkan banyak sekali nyawa.

5. Pendeteksian penyakit

    Kita semua pasti pernah sakit, entah itu butuh perawatan ataupun tidak sama sekali. Jika Anda sering pergi ke klinik atau ke dokter seperti saya, maka data terhadap penyakit yang sering saya alami sudah bertumpuk setebal buku (yang sekarang sudah digital), data yang terkumpul ini akan membantu doktor untuk memprediksi penyakit apa yang ada di tubuh saya atau dalam kata lain sedang menjangkit saya tanpa harus menggunakan alat yang mahal.

    Hal lain dalam pendeteksian penyakit adalah pemberian statistik terhadap seberapa berbahayanya sebuah penyakit. Pasti Anda sering mendapatkan persentase fatalitas (kematian) sebuah penyakit, hal ini bertujuan untuk membuat kita sadar dan melakukan hal-hal agar terhindar dari penyakit tersebut. Hal lain dari data tersebut jika ada per daerahnya adalah pemerintah dapat melakukan pencegahan pada daerah yang paling parah dulu.

6. Kampanye politik

    Dalam melakukan kampanye, kelompok ini pasti akan sering mendata pendukungnya, calon pendukungnya, dan oposisinya. Tentu saja timnya akan berusaha sekeras mungkin untuk mempersuasi calon pendukungnya yang sudah di data tadi, lalu berusaha sebaik mungkin mempertahankan pendukung yang sudah ada, serta tahu dimana timnya tidak perlu pergi karena tahu bahwa disana adalah oposisinya.

    Adapun bagi kita yang tidak terlibat dalam permainan politik tersebut, bisa melihat statistik yang ada yang biasanya berisi tentang seberapa besar kemungkinan menang calon yang kita pilih, maupun sebaliknya. Secara garis besar membantu kita mengetahui calon pemimpin yang akan naik.

7. Barang jadi

    Barang yang terjual di toko serba ada seperti Alfmart, Alfamidi, Indomaret, dan lain-lainnya itu menjual barang berdasarkan tingkat kebutuhan atau permintaan dari setiap toko yang mereka punya yang datanya di kumpulkan secara berskala. Dengan adanya data ini, perusahaan-perusahaan ini kemudian menyediakan barang yang benar-benar sesuai dengan permintaan, kebutuhan, waktu, bahkan terkadang laporan cuaca masuk ke dalam variabel nya.

8. Pasar keuangan

    Pasar keuangan sepenuhnya bergantung terhadap statistik. semua nilai-nilai yang Anda sering lihat kalau menonton berita seperti CNN, akan menampilkan nilai-nilai saham entah itu naik ataupun turun. Tentu saja hal ini membantu investor untuk mengambil keputusan seperti apakah ingin mempertahankan, menjual atau membeli saham.

9. Olahraga

    Dengan meningkatnya ilmu pengetahuan manusia, semakin meningkat pula rata-rata kematian kita. Setidaknya itu yang di katakan oleh beberapa peneliti yang mempelajari sejarah. Tentu saja hampir semua manusia di dunia ini, semuanya ingin menjadi orang sehat dan berumur panjang. Jadi, tidak heran jika ada banyak sekali penelitian yang berhubungan dalam membuat kita menjadi berumur panjang dan tetap sehat. Statistik tidak bisa lari dari hal ini. Seperti yang saya katakan tadi kesehatan sangat berhubungan dengan statistik karena adanya pengumpulan data beserta pengambilan keputusan terhadap data itu.

    Terutama dalam sisi olahraga yang lebih kompetitif. Dalam dunia yang berbeda ini, sudah sangat jauh berkembang jika di bandingkan orang-orang dahulu. Hal ini terjadi karena peran statistik dalam dunia olahraga itu sudah sangat kompleks. Hal ini terjadi karena banyaknya teknologi untuk menghitung hal-hal yang dapat berguna bagi para pelatih, peneliti, maupun atlet itu sendiri untuk meningkatkan performa atlet. Hal-hal ini seperti berapa berat badan, berapa jumlah lemak maupun otot nya, bahkan sekarang ada alat untuk melihat persebaran otot atlet, DNA nya, jenis tubuh yang dimiliki mirip dengan olahragawan siapa. Data-data ini akan di kumpulkan dan para pelatih atau orang yang mirip dengannya akan memutuskan jenis latihan yang cocok bagi atletnya.

10. Asuransi

    Asuransi adalah ketika kita diberi tanggungan berdasarkan perjanjian yang telah di berikan oleh pihak pemberi asuransi. Asuransi yang Anda bayar itu sebenarnya sudah berdasarkan data yang sudah di kumpulkan yang dengan kata lain merupakan statistik. Setelah data yang banyak ini di kumpulkan barulah Anda mendapatkan seberapa banyak yang perlu Anda bayar. Asuransi sendiri ada banyak macam nya, mulai dari kendaraan, tempat tinggal, kesehatan. Contohnya di indonesia adalah BPJS. Jadi bisa Anda bayangkan seberapa banyak data yang mereka kumpulkan sebelum sampai kepada Anda.

    Hal ini tentu saja membuat pengambilan keputusan perusahaan atau badan yang mengurus asuransi itu sangatlah susah, rumit, dan lama. Jadi ketika ada perubahan keputusan berarti ada sesuatu yang berubah dalam variabel nya.

11. pendidikan.

    Di dalam pendidikan, penghitungan atau dengan kata lain pengevaluasian, sangatlah berperan penting dalam menjalankan proses pengajaran. Ketika sudah ada data yang berbentuk hasil tes siswa. Guru, beserta jajarannya kemudian berusaha untuk menginterpretasikannya agar mendapatkan kesimpulan yang kemudian membuat keputusan. Dengan statistik inilah, orang-orang ini mampu menyimpulkannya dengan lebih objektif sehingga akan lebih efisien dan lebih terpercaya.

Referensi :

http://www.yourarticlelibrary.com/education/statistics/statistics-definition-function-role-in-education-and-its-concepts/64805

https://www.investopedia.com/terms/d/descriptive_statistics.asp#axzz2DxCoTnMM

https://en.wikipedia.org/wiki/Statistical_inference\

https://en.wikipedia.org/wiki/Descriptive_statistics

http://www.mathworksheetscenter.com/mathtips/statsareimportant.html

https://statanalytica.com/blog/uses-of-statistics/