Alasan kenapa menggunakan Ubuntu lebih baik untuk programming

Ditulis oleh zidan Pada 12 June, 2021

Bagikan :


Alasan kenapa menggunakan Ubuntu lebih baik untuk programming


Seperti judulnya, tulisan ini dibuat lebih kepada orang orang yang lagi bingung tentang sistem operasi (os) apa yang ingin di gunakan terutama kepada orang orang yang baru atau sedang ingin terjun ke dunia programming.

Sedikit disklaimer dari penulis kalau hal yang di tuliskan disini lebih kepada pendapat pribadi.

Sebenarnya ada banyak alasan seorang programmer lebih memilih Ubuntu di bandingkan sistem operasi lainnya, akan tetapi berikut adalah beberapa hal yang sudah penulis kumpulkan dan juga rasakan sebagai programmer.

1. Kompatibel

Kompatibilitas sangatlah penting dalam hal programming, bayangkan saja jika Anda telah menulis sebuah program, akan tetapi program itu tidak bisa dijalankan atau bermasalah ketika di pindahkan ke mesin atau sistem operasi klien Anda.

Meme it works on my machine.

Meme di atas lucu karena ini adalah sesuatu yang sering di jadikan alasan ketika sudah terjadi hal seperti ini.

2. Dukungan dari berbagai pihak

ada beberapa fitur yang sudah bisa di gunakan oleh Ubuntu user yang tidak bisa di rasakan oleh windows user.

Salah satu contoh yang penulis dapatkan adalah kita bisa berpindah tab di chrome hanya dengan menggunakan scroll. padahal hal ini tidak bisa kita gunakan di windows versi manapun.

Padahal tidak jarang seorang programmer membuka tab chrome lebih dari satu, jadi untuk efisiensi pekerjaan daripada kita harus mengklik satu persatu tab yang ingin kita buka lebih efisien jika kita menggunakan scroll saja.

Hal ini bisa terjadi karena pengguna Unix bisa di pastikan adalah orang orang yang mengerti teknologi jadi beberapa pihak menggunakan pengguna Unix dalam mengetes fitur-fitur sebelum di lempar ke pasar yang lebih umum.

3. Ubuntu itu gratis

Mungkin ada yang menganggap kalau hal ini yang seharusnya menjadi hal pertama dalam memilih Unix atau dalam hal ini Ubuntu adalah fakta bahwa sistem operasi ini gratis, akan tetapi penulis tidak terlalu setuju jika hal ini menjadi hal utama bagi programmers.

Alasannya simpel, pada akhirnya ketika kita secara professional mengerjakan sesuatu seperti programming misalnya, lalu ada alat lain yang bisa lebih baik daripada Ubuntu, tentu saja semua akan beralih kepada pilihan yang bagus, walaupun berbayar, atau bahkan mahal.

bagi programmers sendiri, gratis disini merupakan pilihan kata yang salah karena yang lebih tepat adalah open source.

Open source menandakan kalau kode di balik sebuah aplikasi atau dalam hal ini adalah Ubuntu itu bisa kita lihat dan akses kodenya.

Komunitas pun bisa memberikan banyak masukan untuk meningkatkan Ubuntu yang notabene nya di pakai bersama.

4. Lebih aman

Saya yakin kalau komunitas dari sistem operasi yang lain itu juga tidak kalah besar jika di bandingkan dengan Unix atau Ubuntu, akan tetapi perlu di perhatikan pekerjaan atau ranah dari para anggota komunitas masing-masing. Di dalam komunitas Unix atau Ubuntu, tentu saja orang-orang nya lebih paham tentang komputer daripada pengguna windows misalnya.

Nah, keamanan sesuatu sangat tergantung dengan komunitas itu sendiri.

Akibatnya dari komunitas yang rata rata programmer, mana lagi open source, membuat komunitasnya bisa berkontribusi dalam membuat Unix atau Ubuntu menjadi lebih aman di banding kompetitornya.

Alasan memilih ubuntu dibanding UNIX

Setelah semua hal di atas, mungkin ada yang bertanya kenapa saya mengatakan Ubuntu lebih baik untuk persoalan programming dibandingkan sistem operasi yang lain, padahal ada banyak Unix yang lainnya.

Bagi yang tidak tahu apa itu Unix, Unix singkatnya adalah sistem operasi yang open source Unix memang banyak, akan tetapi yang banyak digunakan baik untuk server maupun kebutuhan sehari-hari seperti programming lebih di dominasi oleh Ubuntu.

Hal ini terjadi karena kestabilan dan kenyamanan memakai Ubuntu masih susah untuk di kalahkan oleh Unix yang lain, atau biasa juga di sebut distro yang lain.

Salah satu contoh keunggulan Ubuntu adalah, driver tidak perlu repot-repot untuk mencari yang tepat, hal ini karena tim Ubuntu sudah memastikan ketika kita menggunakan Ubuntu, maka otomatis semua driver sudah terinstall.

Bagi yang tidak tahu, driver adalah program yang perlu di install untuk menggunakan perangkat keras, seperti mouse, dan lain-lain.





Loading...




Loading...