Urgensi Bersyukur bagi Muslim

Bersyukur dalam Islam memiliki urgensi yang besar, yang tercermin dalam Quran Surah Ibrahim ayat 7: "Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu…

Ditulis Oleh riswan Pada Jan 2024

Cover for Urgensi Bersyukur bagi Muslim

Bersyukur dalam Islam memiliki urgensi yang besar, yang tercermin dalam Quran Surah Ibrahim ayat 7:

"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; 'Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), Maka Sesungguhnya azab-Ku sangat pedih." (Quran Surah Ibrahim ayat 7)

Allah memerintahkan umat Muslim untuk selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan-Nya. Ini karena apa yang diberikan oleh Allah adalah yang terbaik bagi umat-Nya. Seperti dijelaskan dalam surah Al-Baqarah ayat 216, bahwa terkadang sesuatu yang tidak kita sukai bisa menjadi baik bagi kita, dan sebaliknya.

Allah memberikan nikmat yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari kesehatan, kesempatan, hingga nikmat iman. Bayangkan jika kita harus membayar atas semua nikmat ini, kita pasti tidak akan mampu. Seperti yang diungkapkan dalam surah An-Nahl ayat 18:

"Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (Quran Surah An-Nahl ayat 18)

Allah tidak menghendaki pembayaran atas nikmat-Nya; Dia hanya memerintahkan umat-Nya untuk senantiasa beribadah, sesuai dengan firman-Nya dalam surah Adz-Dzariyat ayat 56:

"Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku." (Quran Surah Adz-Dzariyat ayat 56)

Segala nikmat datangnya dari Allah, dan itulah mengapa seorang Muslim harus senantiasa bersyukur. Cara-cara untuk tetap bersyukur antara lain:

  1. Jangan Selalu Melihat Ke Atas: Rasulullah Saw bersabda agar melihat orang-orang yang berada di bawah kita, mengingat masih banyak yang kurang beruntung.

  2. Bersedekah: Mengingat sebagian harta kita adalah milik orang lain, bersedekah adalah wujud syukur kepada Allah.

  3. Mengingat Balasan Jika Berpaling dari Allah: Surah Ibrahim ayat 7 menjelaskan bahwa tidak bersyukur dapat berujung pada azab yang pedih.

  4. Menghindari Penyakit Hati: Hati yang baik menghasilkan amal yang baik. Menghindari penyakit hati membantu menjaga ibadah dan amal.

Dampak dari rasa syukur dalam hidup seorang Muslim:

  • Hidup Berkah dan Bahagia: Seseorang yang bersyukur merasa cukup dan bahagia atas apa yang dimilikinya. Kebaikan selalu menghampirinya, membuat hidupnya lebih positif dan produktif.

Bersyukur adalah kunci kebahagiaan dalam Islam, dan dengan bersyukur, hidup seorang Muslim akan menjadi lebih bermakna dan penuh berkah.


Artikel Terkait