Apa itu cashback ?

Ditulis oleh zidan Pada 19 February, 2021

Bagikan :


Apa itu cashback ?

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Daftar Isi

Anda setidaknya pasti pernah melihat atau mendengar kata “cashback”. bisa saja dari iklan, poster, secara langsung atau hanya di handphone saja.

Saya sendiri sering mendapatkan istilah cashback ini dari iklan-iklan e-commerce seperti tokopedia, shopee, dan lain-lainnya.

Mungkin ada beberapa orang yang tidak tahu apa itu cashback, bagaimana cara kerjanya, dan mungkin termasuk kenapa cashback di pakai.

Hal-hal di atas semoga saja dapat terjawab di dalam postingan kali ini.

Mulai dari yang paling mendasar dahulu yaitu apa itu cashback ?

Pengertian Cashback

Dalam dekade terakhir, cashback merupakan salah satu bentuk promosi yang paling berhasil dan paling banyak di gunakan oleh bisnis besar. Terutama dalam bisnis kartu kredit.

Seperti namanya cashback dapat di artikan sebagai “mendapatkan uang kembali”. artinya pun tidak jauh dari pengertian kata perkata itu, yang mana ketika kita sudah melakukan transaksi atau membeli sesuatu maka Anda akan mendapatkan “hadiah” berupa uang. Uang yang di terima merupakan persenan dari apa transaksi atau pembelian yang telah di lakukan tadi.

Persenan tadi tentu saja semakin tinggi maka akan semakin baik untuk para pembeli, akan tetapi ada beberapa hal yang harus kita penuhi sebelum mendapatkan cashback.

Tentu saja ada jumlah minimal untuk mendapatkan cashback yang di tentukan oleh penyedia cashback itu sendiri, selain itu terkadang juga cashbacknya hanya di berikan kepada beberapa produk saja, atau terkadang berbeda cashback yang di tawarkan antara jenis produk atau bahkan produk-produk itu sendiri.

Mendapatkan cashback setelah melakukan transaksi sesuai dengan prosedur yang ada, Anda akan di berikan waktu yang terbatas untuk mengambil cashback yang ada. Jadi Anda tidak bisa menyimpan cashback Anda terlalu lama pada bisnis yang menggunakan mekanisme cashback ini, karena jika tidak cepat di ambil bisa saja cashback Anda itu hangus.

Sebelum saya masuk kepada cara kerjanya, saya ingin menjelaskan tentang kenapa cashback bisa membantu bisnis Anda.

Alasan bisnis menggunakan cashback

Salah satu alasan kita sebagai pemilik bisnis untuk menggunakan cashback adalah untuk memberikan semangat kepada pembeli untuk melakukan transaksi lebih banyak sehingga merasa bahwa ia malah menghemat karena akan mendapatkan kembali uang dari transaksi yang telah ia lakukan.

Alasan lainnya menggunakan cashback sebagai pemilik bisnis karena kita ingin menghindari penggunaan diskon, yang terkadang dapat berdampak buruk kepada bisnis kita, dampak buruknya adalah penurunan “value” atau nilai kepada barang yang kita diskonkan, pemikiran bahwa barang yang kita diskonkan itu dapat di anggap sebagai barang yang sebenarnya tidak terlalu bagus, atau ada alasan negatif lain sehingga kita ingin menjual dengan lebih cepat barang tersebut.

Pemikiran di atas di harapkan dapat di hindari ketika kita menggunakan cashback.

Cara kerja Cashback

Hal selanjutnya yang perlu kita pahami adalah cara kerja cashback, atau kalau dari mata seseorang pemilik bisnis, bagaimana cara kita menggunakan cashback untuk membantu bisnis kita lebih berkembang.

  1. Pertama yang perlu ada adalah pembelian dari konsumer terhadap produk yang di jual atau di promosikan.
  2. Kedua, pembeli perlu untuk mengisi sebuah formulir untuk mendapatkan cashback.
  3. Ketiga, mengirimkan bukti pembeliannya
  4. Lalu setelah pembelian tersebut kita sudah validasi maka barulah pembeli dapat mendapatkan cashback mereka.

Mekanisme cashback sendiri dapat di lakukan oleh pemilik bisnis sendiri, akan tetapi bisa juga menggunakan jasa cashback.

Ada beberapa situs yang menawarkan jasa pengurus cashback, seperti :

https://www.rewardpay.com/id/

Referensi :

https://gotoclient.com/blog/what-cashback-means-and-how-cashback-works/

https://en.wikipedia.org/wiki/Cashback

https://www.investopedia.com/terms/c/cash-back.asp





Loading...




Loading...