Loading...

Loading...

Pengertian Opportunity Cost

Ditulis oleh zidan Pada 14 November, 2020

Bagikan :


Pengertian Opportunity Cost

Photo by Markus Spiske on Unsplash

Oppotunity Cost adalah hal yang sangat krusial dalam dunia bisnis maupun dunia keuangan.

Penting di pahami karena hal ini dapat memberikan alasan rasional terhadap keputusan yang telah kita ambil.

Hal ini jika di mengerti juga dapat membantu kita mengambil keputusan dalam kehidupan sehari-hari

Pengertian Opportunity Cost

Kalau Anda mengerti bahasa inggris maka seharusnya Anda sudah sadar kalau “Cost” itu memiliki arti yang berkonotasi negatif dan bisa di artikan sebagai “biaya” atau “harga”.

Sedangkan ketika kedua hal ini bertemu antara Opportunity yang berarti peluang dan Cost yang berarti biaya.

Maka mungkin Anda sudah bisa meraba arti dari kedua kata ini, yaitu “biaya peluang”.

Akan tetapi, mungkin tidak benar jika kita hanya mengartikannya seperti itu, jadi untuk lebih jelasnya maka kita bisa melihat kamus. Berikut secara gamblang dari kamus cambridge

the value of the action that you do not choose, when choosing between two possible options:

Hal ini jika di artikan menjadi

Nilai dari sebuah aksi yang tidak dipilih, ketika memilih dua opsi yang ada.

https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/opportunity-cost

Memaksimalkan daya yang di miliki

Daya yang kita miliki seperti uang, tenaga, keahlian dan waktu itu sifatnya terbatas dan kita pada dasarnya harus memilih ke mana arah terbaik dalam menggunakan daya yang terbatas ini.

Menghitung kerugian

Selain menghitung sebuah keuntungan, kita perlu menghitung kerugian yang kita dapatkan ketika mengambil sebuah keputusan.

Berikut adalah sebuah contoh untuk dapat lebih mengerti apa yang penulis maksud.

Ada seseorang yang memiliki dana untuk membuat sebuah usaha dan pilihan yang di berikan kepadanya adalah restoran dan usaha mencuci mobil.

Lalu muncullah sebuah perkiraan seperti berikut. Contoh pertama

Sebuah restoran dapat menghasilkan 40jt perbulan, lalu Sebuah usaha cuci mobil dapat menghasilkan 50jt perbulan, maka opportunity cost yang kita dapatkan adalah 10 juta jika kita memutuskan untuk membuat restoran di bandingkan membuat sebuah usaha cuci mobil.

Akan tetapi perkiraan di atas tidak semudah yang ada di dunia nyata dan untuk memutuskan nya terkadang butuh perhitungan dan perencanaan yang matang.

Hubungannya dengan spesialisasi

Hal ini juga bisa di hubungkan dengan sebuah konsep spesialisasi.

Spesialisasi adalah ketika kita fokus melakukan satu hal yang merupakan keahlian kita.

Ketika kita melakukan spesialis atau ketika kita fokus dalam satu hal maka tidak bisa di pungkiri kita tidak akan mendapatkan atau melakukan hal lain.

ilustrasinya seperti ini, jika ada orang bisa menghasilkan 1 gambar yang sangat bagus dalam satu jam, akan tetapi terkadang 1 jam itu tidak bisa ia dapatkan jika ia harus membuat makanan yang baik sebelum ia menggambar.

Opportunity cost masuk di sini karena jika seseorang tidak melakukan keahliannya maka kita sebagai masyarakat atau sebagai komunitas akan tidak efektif dalam menghasilkan sesuatu alias rugi.

Kedua hal ini kemudian terhubung dengan sebuah konsep yang namanya trading/ jual beli.

Spesialisasi dalam ekonomi biasanya mendorong kita untuk melakukan hal yang paling

Perbedaannya dari resiko

Mungkin Anda bertanya atau berpikir kalau hal ini mirip dengan sebuah konsep yang juga sering sekali muncul dalam ekonomi yaitu resiko.

Resiko menggambarkan peluang dari performa nyata sebuah usaha atau sebuah investasi berbeda dengan performa yang di kira-kirakan alias prediksi dan bisa membuat seseorang mendapatkan kerugian.

Sedangkan kalau opportunity cost itu membandingkan performa nyata sebuah usaha dengan performa nyata dari usaha lainnya.

Akan tetapi terkadang resiko bisa menjadi pembantu kita dalam memutuskan sesuatu alias dalam menghitung opportunity costnya.

Contoh nya seperti ini :

Ada dua pilihan yang satu adalah sebuah usaha yang menghasilkan 50 juta perbulan, dengan resiko gagal 25% sedangkan pilihan kedua adalah sebuah usaha yang menghasilkan 30 juta perbulan akan tetapi dengan resiko gagal 5%.

Maka orang terkadang lebih memilih hal yang lebih tidak beresiko.

Kesimpulan

Opportunity cost layak untuk di pelajari karena saya rasa hal ini dapat membuat kita dapat berfikir dengan lebih rasional.

Akan tetapi tidak semua hal perlu kita lihat dalam hal untung dalam bentuk uang, hal ini saya katakan karena saya paham terkadang ada faktor lain dalam mengambil keputusan dan di atas hanya sebuah contoh untuk mempermudah pemahaman terhadap opportunity cost.

Kita juga bisa melihatnya dalam hal yang lebih besar, hal-hal sederhana seperti apa opportunity cost dari 5 jam bersantai ? jawabannya adalah 5 jam mencari atau melakukan hal yang produktif, seperti mempelajari keahlian baru.

Referensi

https://www.investopedia.com/terms/o/opportunitycost.asp

https://www.shopify.com/encyclopedia/opportunity-cost

https://en.wikipedia.org/wiki/Opportunity_cost

https://www.youtube.com/watch?v=oLDm81GYv4A

https://www.youtube.com/watch?v=sU1C72i-2JE

https://www.youtube.com/watch?v=x-hYzRncxTc

https://www.youtube.com/watch?v=NwOYLV-L7pc





Loading...




Loading...