Cara Agar Tidak Insecure

Ditulis oleh zidan Pada 11 December, 2020

Bagikan :


Cara Agar Tidak Insecure

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah fakta bahwa insecure setidaknya ada di setiap orang dan merupakan hal yang normal terjadi kepada seorang manusia.

Insecure adalah sebuah perasan yang bisa di gambarkan sebagai cemas, merasa tidak aman, gelisah, atau pun merasa tidak layak yang terkadang timbul dikarenakan orang-orang di sekitar kita terutama orang-orang dekat kita, atau pun sesuatu yang timbul dari dalam diri sendiri atau terlalu perfektionis.

Dari mana Insecure berasal

Menurut beberapa artikel yang saya baca, insecure berasal dari lingkungan yang tidak terlalu mendukung apa yang kita lakukan.

Kurangnya dukungan ini dapat terjadi di masa lalu maupun sekarang, maksud saya adalah insecure itu tercipta karena seiring bertumbuhnya Anda, dikelilingi oleh orang-orang yang tidak terlalu mendukung apa yang ingin Anda kerjakan.

Pengalaman masa lalu ini membuat kita menjadi lebih kritis dan menghasilkan sifat yang lebih perfektionis.

Akan timbul beberapa pikiran atau suara yang tidak mendukung, biasanya suara ini bukan milik Anda sepenuhnya.

Dampak yang di sebabkan oleh perasaan Insecure

Sebelum melangkah lebih jauh, saya ingin menjelaskan seberapa besar dampak yang insecure dapat sebabkan.

Dampak insecure setidaknya dapat di bagikan menjadi ke dua bagian, insecure pada ranah pekerjaan dengan insecure dalam persoalan percintaan.

1. Insecure dalam ranah pekerjaan

Maksud dari kata “pekerjaan” di sini belum tentu merupakan hal yang bisa membuat mu mendapatkan sebuah kekayaan, akan tetapi “pekerjaan” di sini lebih luas menjadi seperti pengembangan organisasi, pengembangan skill tertentu seperti melukis, dan tentunya juga termasuk kegiatan yang bisa menghasilkan uang.

Insecure dalam pekerjaan dapat membuat kita menjadi tidak bisa bekerja dengan optimal.

2. Insecure dalam ranah hubungan

Manusia sebagai makhluk sosial yang sangat butuh hubungan manusia tidak akan optimal jika ia tidak memiliki hubungan yang baik dengan seseorang.

Insecure dapat menjadi penghalang seseorang untuk menjalin hubungan. Hal ini karena hubungan yang tidak berhasil sebelumnya dapat membuat kita menjadi kurang percaya terhadap pasangan kita sekarang.

Hal ini kemudian dapat menyebabkan ketakutan terhadap untuk memiliki hubungan yang terlalu serius.

Seperti yang Anda lihat di atas seberapa besar insecure dapat menghalangi kita menjalani kehidupan yang seharusnya kita nikmati dan tidak terkekang terhadap hal seperti insecure ini.

Beberapa hal yang dapat di coba

Berikut adalah beberapa hal yang dapat dicoba untuk membantu melawan insecure.

  1. Menjauh dari situasi yang membuat mu insecure

    Ada beberapa situasi yang akan lebih mudah membuatmu insecure, akan tetapi hal ini butuh Anda pahami dan pelajari sendiri situasi seperti apa yang bisa membuatmu insecure.

    Anda bisa memperhatikan atau merenungkan kembali situasi-situasi yang membuat Anda insecure, dengan siapa Anda, apa pakaian Anda, di mana Anda, kapan itu terjadi, dan lain-lain.

    Setelah memerhatikannya, Anda bisa dengan lebih mudah menghindari situasi-situasi tersebut.

  2. Mengingat hal yang baik tentang dirimu.

    Tentu ada banyak hal baik yang sudah kamu lakukan jika saja kamu memerhatikannya dengan baik.

    Contoh seperti kejadian di mana kamu membantu seseorang tanpa mengharap apa pun, atau seperti ketika kamu mendapatkan 100 dalam ujian mu.

  3. Prioritaskan dirimu

    Ada beberapa orang yang terlalu mengedepankan orang lain ketimbang dirinya sendiri, walaupun hal ini merupakan hal yang mulia, akan tetapi hal ini menjadi tidak baik lagi jika sampai Anda menurunkan cara Anda melihat atau menilai diri Anda diri sendiri.

    Dengan melakukan hal-hal yang memang tujuannya untuk menyenangkan diri sendiri, ini dapat membuat kita merasa lebih penting.

  4. Habiskan waktu dengan orang yang mendukung kamu

    Anda perlu tahu dahulu apakah orang yang ada di sekitar kamu adalah orang yang baik dan percaya kepada apa pun yang kamu lakukan.

    Jika jawabannya iya, maka Anda perlu sekali-kali menghabiskan waktu dengan mereka sehingga insecure yang Anda alami dapat berkurang.

  5. Membaca buku

    Membaca buku terhadap kesehatan mental tentu akan sangat membantu mengerti masalah yang Anda hadapi, serta membuat Anda sadar bagaimana cara Anda bisa keluar dari keadaan mental yang tidak baik ini.

  6. Berbicara Kepada therapists

    Membaca buku memang cara yang baik, akan tetapi tidak semua dari kita punya waktu jadi terkadang kita memang perlu pergi ke therapists agar kesehatan mental kita dapat di pahami dan dengan sendirinya akan timbul cara-cara yang akan membuat kita dapat menghindari insecurity.

Kesimpulan

Insecure adalah hal yang bisa menjadi sebuah penghalang kita untuk menjadi versi terbaik dari diri kita, jadi kita perlu memikirkan bagaimana cara kita untuk menghilangkan atau mengurangi sifat jelek ini dari diri kita.

Dengan kita yang lebih paham atau lebih objektif dalam memberikan penilaian kepada diri sendiri, maka dengan sendirinya kita dapat menjadi lebih percaya atau tidak terlalu bergantung terhadap penilaian orang lain.

Referensi :

https://www.healthline.com/health/how-to-stop-being-insecure

https://www.psychalive.org/how-to-overcome-insecurity/

https://zenhabits.net/insecurities/

https://www.wellandgood.com/how-to-stress-less-solgar/

https://www.psychologytoday.com/us/blog/living-forward/201609/four-ways-stop-feeling-insecure-in-your-relationships





Loading...




Loading...