Loading...

Loading...

Cara mendapatkan minat yang tinggi dalam membaca buku

Ditulis oleh zidan Pada 16 February, 2020

Bagikan :


Cara mendapatkan minat yang tinggi dalam membaca buku


bisa juga Anda tonton penjelasannya disini :

youtube:j2QYDgVBbSk

Daftar Isi

Awalnya saya juga adalah orang yang tidak suka untuk membaca buku. Akan tetapi semua itu berubah sejak tahun lalu dimana saya sedang berada di fase hidup yang sudah seharusnya memikirkan dan membangun diri untuk persiapan fase hidup mandiri. Akan tetapi yang terjadi adalah saya hanya mengikuti alur kehidupan seperti, hanya meperhatikan pelajaran kampus yang saya sukai saja, dan tidak semangat ketika mendapatkan pelajaran yang tidak saya suka, bahkan terkadang hal yang saya pikirkan dalam perkuliahan adalah Game. Disini saya menjadi “Gamer” yang sangat keras padahal tidak jago-jago banget. Keras disini ditandakan dengan waktu ngegameku bisa sampai 8 jam per hari. Dengan bijaknya, ayahku menyadarkan diriku untuk berhenti atau mengurangi game. Pada awalnya saya melakukan suruhannya ketika dia ada di dekatku saja. Namun, ketika ia tidak berada dekat maka saya akan main game. Akan tetapi karena ada buku yang sudah lama saya ingin baca karena menurut teman saya buku ini sangat bagus. Aku pun mencoba membacanya karena dilarang main game, inilah awal mula saya lebih rajin membuku. Dan berikut adalah cara–cara yang saya lakukan agar lebih termotivasi dalam membaca buku.

Perbaiki atau tetapkan tujuan Anda sebelum membaca

Sebelum Anda melangkah lebih jauh dalam membaca satu buku. Anda sangat perlu untuk menentukan tujuan Anda atau hal-hal apa saja yang Anda inginkan dari buku yang Anda ingin baca.

Ada banyak tujuan dalam membaca buku, entah itu untuk mengembangkan pengetahuan, untuk mencari hiburan, untuk keluar dari dunia nyata, untuk mengerjakan tugas, dan lain-lain.

Ketika Anda sudah menentukan tujuan Anda dalam membaca, Anda akan lebih terarah dan tahu cara membaca yang di sesuaikan dengan tujuan Anda. Maksud saya adalah ketika Anda membaca untuk tugas tentunya Anda akan membaca secepat mungkin agar bisa menyelesaikan tugas ini karena terkadang tugas itu tidak relevan dengan tujuan besar ( mimpi ) Anda. Hal ini tidak akan terjadi jika kita memang tertarik dengan buku ini dan ada ide besar yang kita ingin mengerti dari buku ini maka kita akan membacanya dengan penuh hati-hati dan terkadang sampai diulangi beberapa kali.

Tujuan Anda haruslah realistis atau bisa dianggap mudah oleh Anda sendiri. Seperti, saya akan membaca 1 halaman setiap hari.

Kenali buku yang Anda baca juga menentukan.

Anda harusnya benar-benar mengenali buku yang Anda ingin baca. Seperti, kategori apa buku ini berada, siapa penulisnya, apakah buku ini pernah dapat penghargaan, seberapa banyak buku ini dibaca, dan lain-lain.

Dengan mengenali buku yang Anda ingin baca maka hal ini akan meningkatkan keinginan Anda untuk membaca buku ini.

Saya sendiri ada beberapa cara yang saya lakukan, awalnya pengetahuan yang sedikit membuat saya tidak tahu juga buku apa yang ingin saya baca, jadi terkadang saya akan pergi ke Google untuk mencari buku yang bisa mendekatkan diri saya dengan tujuan besar (mimpi) saya. Contohnya adalah saya sadar dengan kemampuan bersosialisasi saya yang rendah. Saya pun mencari buku-buku apa saja yang menjadi buku “terbaik” dalam meningkatkan kemampuan saya berbicara. Ketemulah sebuah buku yang berjudul “How To Win Friends and Influence Others” oleh Dale Carnige.

Terkadang pula saya melihat sebuah konsep atau sebuah ide di Youtube seperti contohnya dari pidato Nadiem Makarim yang sering sekali menyinggung Growth Mindset sehingga saya pun mencari artikel tentang itu dan ternyata ada video penjelasan yang panjangnya kurang lebih satu jam oleh Carol Dweck. Setelah mendengarkan penjelasan yang cukup panjang itu, saya pun tertarik dengan apa yang perempuan ini jelaskan. Ternyata ada bukunya. Maka saya pun mencari bukunya lalu membacanya.

Mulai saja dulu membaca walaupun cuma satu kalimat.

Jika Anda pernah mengikuti seminar tentang membaca buku atau bahkan hampir seminar apapun maka Anda akan mendapatkan kata-kata bahwa terkadang hal yang paling sulit adalah memulainya. Jika Anda sudah berhasil untuk memulai terkadang hal-hal lainnya secara tidak sadar akan berjalan dan jika Anda beruntung Anda akan memasuki keadaan dimana Anda merasa lupa waktu yang namanya adalah Keadaan FLOW.

Ada banyak penelitian yang mengatakan bahwa kondisi FLOW ini lebih enak dari semua obat-obatan yang bisa kita gunakan di dunia ini. Karena otak disini sedang bekerja dengan sangat fokus kepada apa yang kita pikirkan maka ada yang mengatakan kalau kondisi FLOW ini akan meningkatkan pembelajaran atau pelatihan kita.

Cobalah untuk terus meningkatkan kelamaan atau panjangnya bacaan Anda membaca sampai Anda bisa memasuki kondisi ini karena ketika Anda sudah merasakan kondisi ini ketika itu juga membaca akan menjadi sesuatu yang susah untuk Anda tinggalkan dan bisa saja membaca bisa menggantikan kegiatan-kegiatan yang “tidak guna”.

Baca buku yang Anda suka.

Manusia adalah makhluk “bias”. Hal ini sudah dibuktikan oleh berbagai penelitian. Jadi sebagai manusia kita akan lebih mudah untuk membaca buku yang kita anggap “baik”. Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Seperti, penulisnya kita memang suka, bukunya di sarankan oleh sahabat kita yang sangat kita percaya, atau disarankan oleh iklan yang cukup menarik perhatian kita.

Dengan memanfaatkan dorongan “bias” ini kita seharusnya lebih mudah untuk memulai membaca buku.

Seperti yang saya katakan kalau ada beberapa buku yang sudah sering saya ingin baca karena teman saya menyarankannya.

Jadi, apakah Anda mempunyai buku yang memang Anda ingin baca ?.

Gabungkan dengan kebiasaan yang memang sudah Anda miliki.

Kita semua pastinya telah memiliki Kebiasaan atau habit. Cobalah untuk menggabungkannya dengan kebiasaan baru yang Anda ingin buat yang disini adalah membaca buku. Contohnya, Anda mungkin suka untuk meminum kopi, maka cobalah untuk menggabungkannya dengan kebiasaan membaca yang kita ingin bangun, dengan cara ketika Anda meminum kopi maka saya akan membaca buku sekian lembar. Hal ini telah sering juga di teliti dan dibenarkan oleh sains dan sangat berhubungan dengan otak. Menumpukkan kebiasaan lama dengan kebiasaan baru disebut dengan istilah habit stacking.

Jangan terbebani.

Terkadang saya menentukan berapa bacaan yang saya ingin baca di hari tertentu, tetapi terkadang ada hal lain yang membuat saya tidak bisa untuk membaca.

Terkadang juga saya benar-benar tidak termotivasi untuk membaca. Disini saya terkadang menggantinya dengan Audio. Seperti podcast-podcast yang kontennya memang bagus.

Intinya jangan bebankan pikiran Anda terhadap tujuan yang Anda buat sendiri. Memang bagus ketika kita menyelesaikan tujuan kita. Akan tetapi, daripada hal ini membuat Anda stress lebih baik Anda istirahat, dan bersiap untuk hari esok yang mungkin saja lebih baik dari pada hari ini.

Gunakanlah waktu “menunggu” Anda.

Waktu menunggu disini bisa bermacam-macam karena bisa saja ketika Anda menunggu Ikamah kalau Anda muslim atau menunggu pasangan Anda belanja dan lain-lain.

Terkadang saya bisa menyelesaikan beberapa halaman dengan menggunakan waktu menunggu ini. Hal ini membuatku cukup bahagia karena saya merasa lebih produktif daripada saya yang dulu karena waktu menunggu saya bisa dimanfaatkan dengan baik.

Cobalah untuk keluar ketika bosan membaca.

Intinya disini adalah menarik diri Anda dari pekerjaan yang sudah mulai monoton dan bisa saja membuat Anda bosan melakukannya.

Dengan keluar menghirup udara segar. Bisa membuat Anda tidak bosan dalam kegiatan yang membaca. Ingat bahwa orang-orang sendiri hanya bisa membaca secara fokus selama kurang lebih 3 jam. Anda bisa keluar lari misalnya.

Kalau saya sendiri ada beberapa yang saya lakukan untuk menarik diri saya dari kegiatan saya. Pertama terkadang saya keluar untuk berolahraga. Kedua saya terkadang sengaja untuk mencari tempat yang nyaman untuk saya membaca di luar dan di perjalanan saya gunakan musik untuk mengalihkan pikiran saya.

Usahakan selesaikan satu buku.

Ketika Anda sudah berada di fase mulai menyukai buku saya sarankan untuk menyelesaikan satu buku. Diawal saya mengatakan bahwa tujuan kita haruslah realistis. Hal ini ketika kita masih benar-benar memulai membaca. Akan tetapi, ketika kita sudah mulai terbiasa saya sarankan kita “paksa” sedikit untuk menyelesaikan membaca buku. Ada perasaan yang susah untuk dijelaskan ketika kita sudah menyelesaikan satu buku. Walaupun sebenarnya Anda tidak terlalu mengerti tentang apa yang Anda baca, tetapi ketika Anda telah menyelesaikan buku yang Anda baca. Perasaan bahagia, perasaan bangga terhadap diri Anda, dan Anda tentu nya akan lebih tercerahkan. Hidup Anda akan lebih “terasa”. Setidaknya seperti itulah yang saya rasakan waktu menyelesaikan buku pertama saya.

kesimpulan

• Perbaiki atau tetapkan tujuan Anda sebelum membaca.

• Kenali buku yang Anda baca juga menentukan.

• Mulai saja dulu membaca walaupun cuma satu kalimat.

• Baca buku yang Anda suka.

• jangan terbebani.

• Gunakanlah waktu “menunggu” Anda.

• Cobalah untuk keluar ketika bosan membaca.

• Usahakan selesaikan satu buku.





Loading...




Loading...