Loading...

Loading...

Corona dan warga negara yang sedang bercanda

Ditulis oleh rahmat Pada 06 April, 2020

Bagikan :


Corona dan warga negara yang sedang bercanda


Daftar Isi

Pada penghujung tahun 2019, dunia digemparkan dengan berita penyebaran virus jenis baru yang di beri nama covid 19, akan tetapi lebih di kenal sebagai virus corona oleh beberapa orang. Hal ini pertama kali terdeteksi muncul di kota Wuhan, Tiongkok. Virus ini pertama kali muncul di pasar hewan dan makanan laut di kota Wuhan. Di laporkan bahwa beberapa pasien yang pertama kali terserang virus ini adalah orang-orang yang terkait dengan pasar hewan dan makanan laut tersebut.

Virus yang mulanya berasal dari kota Wuhan ini menyebar hingga hampir ke seluruh penjuru dunia. Mulai dari benua Asia, Eropa, dan beberapa benua lain terjangkit virus yang tak kasat mata ini, sehingga membuat aktivitas dunia menjadi pincang.

Berbeda dengan negara lain yang sudah terkena Virus Corona, warga negara Indonesia malah menjadikan wabah Virus Corona sebagai bahan candaan, bahkan saking tidak menganggap bahwa virus corona merupakan sebuah ancaman, warga negara +62 membuat meme yang sangat tidak patut untuk virus yang sangat berbahaya ini. Ini terjadi sebelum virus masuk ke wilayah Indonesia.

Beberapa minggu terakhir dikabarkan bahwa virus Corona ini telah memasuki wilayah Indonesia. Mula-mula hanya beberapa orang saja yang terkena, namun karena penyebaran yang sangat cepat dan sulit untuk di kontrol sehingga korban yang terkena virus Corona terus meningkat.

Mendengarkan Imbauan Pemerintah

Setelah virus ini masuk ke Indonesia, pemerintah memberikan imbauan kepada warga negaranya untuk mengurangi aktivitas yang berlebihan di luar rumah, apalagi jika aktivitas itu tidak terlalu penting.

Imbauan ini menjadi bukti bahwa pemerintah tidak ingin jika warga negaranya yang terkena virus Corona semakin bertambah dan dengan imbauan ini pula pemerintah menaruh harap agar penyebaran virus ini dapat terhenti.

Pemerintah mengimbau agar menghindari tempat keramaian dan mengadakan kegiatan yang mengumpulkan banyak orang.

Pemerintah memberikan imbauan yang seperti itu tidak bermaksud untuk membuat warga negaranya terkekang, malahan pemerintah merasa takut jika korban virus Corona di Indonesia semakin bertambah, akibat tidak adanya perhatian terhadap virus yang sangat berbahaya ini.

Diketahui bahwa Virus ini mampu menyerang siapa saja, tak kenal jenis kelamin, muda sampai tua juga akan terkena jika tidak berhati-hati. Cara penyebaran dan penularan nya juga sangat mudah, dengan berada di dekat orang yang terinfeksi virus Corona saja sudah memunculkan resiko terkena juga, karena bisa jadi orang yang terinfeksi itu bersin, batuk atau menyentuh benda yang ada di sekitarnya yang membuat orang di sekitarnya memiliki resiko terkena infeksi juga.

Bahaya Virus Corona

Virus Corona di identifikasi bahwa ia menyerang saluran pernapasan. Virus ini selalu mencari korban, siapa pun itu. Virus ini menular melalui cairan yang keluar dari mulut, hidung, keringat, yang berasal dari penderita virus ini. Tak tanggung-tanggung, akibat bahayanya, virus ini sudah memakan banyak korban dan jumlah korban yang meninggal dunia terus meningkat setiap hari.

Ada hal yang memperburuk situasi mengenai penyebaran Virus Corona ini, yaitu dalam beberapa kasus ada orang yang tidak menunjukkan gejala bahwa dia telah terinfeksi virus ini, namun sebenarnya dia telah terinfeksi. Jadi sengaja maupun tidak, dia tetap akan menular kan virus yang mengenai dirinya kepada orang-orang yang ada di sekitarnya, minimal keluarganya, dan orang-orang yang dia tulari virus ini, tanpa disadari juga akan menyebarkan virus Corona.

Apabila seseorang terkena virus ini, maka dia akan di isolasi dan tidak akan dibiarkan untuk berhubungan dengan orang lain. Kerabat yang memiliki hubungan darah, istri atau suami, siapa pun itu tetap tidak boleh bertemu dengan si penderita.

Bahkan lebih buruknya lagi, jika sudah positif terinfeksi virus tersebut dan akhirnya meninggal dunia, maka keluarga orang yang meninggal dunia ini tak akan dibiarkan untuk menyentuh bahkan bisa jadi di larang untuk melihat orang yang meninggal tadi.

Virus Corona Bukan Bahan Bercanda

Di negara kita Indonesia, pandemi Virus Corona dianggap sebagai lelucon oleh sebagian orang. Orang-orang menganggap bahwa Virus Corona sama sekali tidak berbahaya, meski pun telah ada penjelasan mengenai bahaya Virus ini dari beberapa media dan pemerintah secara langsung.

Bukti ketidakpedulian dan penganggapan bahwa Virus Ini tidak berbahaya adalah, setelah adanya imbauan untuk mengurangi aktivitas yang dilakukan di luar rumah dan imbauan itu diikuti dengan peliburan dan penutupan sementara, kantor, sekolah, universitas dan beberapa tempat yang mengundang keramaian lainnya. Dan bodohnya warga negara kita, kebanyakan dari mereka malah menjadikan kejadian ini sebagai ajang untuk liburan bersama keluarga, membuat acara yang mengundang banyak orang serta berkumpul dan nongkrong bersama teman.

Seandainya saja jika kamu terkena virus ini, kamu tidak akan menularkan kepada orang lain, maka boleh-boleh saja, keluar saja kemanapun kamu mau, kumpul saja bersama teman sesuka hatimu, silakan. Tapi ini virus yang sangat berbahaya, penyebarannya sangat cepat, bahkan penularan nya tidak terduga. Jadi mendengarkan kata pemerintah untuk tetap tinggal dan berdiam diri sementara di rumah akan membantu untuk menghentikan penyebaran virus ini. Pemerintah memberikan imbauan demi kepentingan kita bersama. Pemerintah tidak bermaksud untuk memenjarakan kita, tapi pemerintah peduli kepada kita. Mendengarkan kata pemerintah dengan berdiam diri di rumah akan membantu mengurangi resiko terkena virus ini.





Loading...




Loading...