Rekomendasi kegiatan bermanfaat yang bisa dilakukan di rumah pada saat ramadan (versi covid-19)

Ditulis oleh rahmat Pada 05 May, 2020

Bagikan :




Bulan yang di tunggu-tunggu seluruh umat muslim akhirnya tiba, bulan yang di dalamnya berisi banyak ampunan dan pahala yang dilipat gandakan, bulan apalagi kalau bukan bulan ramadan.

Di bulan ramadan, setiap orang yang mengaku dirinya seorang muslim yang taat pasti melakukan ibadah puasa, karena itu merupakan sebuah kewajiban yang dikhususkan kepada setiap umat muslim yang mengaku beriman. Sebagaimana firman Allah swt di dalam Al-Qur'an surah Al-Baqarah ayat 183 yang Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa."

Namun berbeda dengan bulan ramadan sebelumnya, ramadan kali ini kebanyakan aktivitasnya dilakukan di dalam rumah. Mengingat imbauan dari pemerintah agar tetap berdiam diri di rumah untuk sementara waktu. Hal ini bertujuan agar penyebaran dari Covid-19 dapat di putus.

Meski demikian, tidak menjadikan ramadan kali ini membosankan. Kita bisa melakukan kegiatan-kegiatan bermanfaat yang tentunya dapat di lakukan di rumah. Diantara beberapa kegiatan tersebut, antara lain:

1. Membaca Al-Qur'an

Tentu teman-teman sering mendengar bahwa membaca Al-Qur'an akan mendatangkan pahala. Satu huruf yang diucapkan ketika membaca Al-Qur'an akan bernilai 10 pahala. Semisal jika membaca alif lam mim, 3 huruf di kali 10 maka hasilnya sama dengan 30 pahala. Bagaimana jadinya jika membaca satu ayat, satu lembar atau bahkan satu juz perhari, di tambah saat ini bulan suci ramadan yang di dalamnya pahala di lipat gandakan.

2. Membaca buku

Jika teman-teman merasa bosan di rumah, mungkin membaca buku bisa dijadikan sebagai penghilang kebosanan. Banyak sekali jenis buku yang dapat di baca, mulai yang berbentuk non fiksi hingga berbentuk fiksi. Bila memiliki buku di rumah yang belum selesai di baca, mungkin teman-teman bisa menyelesaikannya. Tentu membaca buku sangat bermanfaat, karena mampu membuat wawasan si pembaca bertambah.

Klik di bawah untuk membeli buku di GRAMEDIA.

3.Menulis

Kegiatan menulis seringkali dianggap sepele, padahal menulis merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat, bagi penulis juga bagi pembaca. Menulis juga sangat cocok dilakukan pada saat ramadan seperti ini. Mulai dari menulis karangan yang disimpan di buku harian, jika minder untuk menampilkan nya di media, membuat tulisan untuk blog, bahkan sampai menulis buku. Selain menyenangkan kegiatan menulis ini bisa menjadi pengisi waktu kosong yang tentunya sangat bermanfaat.

4. Mendengarkan murottal

Siapa yang tidak suka mendengarkan murottal, apalagi dibawakan oleh syaick atau ust. Favorit yang memiliki suara merdu. Pasti tambah adem ketika mendengarnya. Tidak hanya bila membaca Al-Qur'an saja yang mampu mendatangkan pahala, mendengarkan murottal pun juga bisa, apabila di dengarkan dengan seksama. Mendengar murottal sambil baring membuat hati menjadi sangat tenang, mendengarnya berkali-kali juga tidak akan terasa membosankan, coba deh pasti bakalan suka.

5. Belajar lewat sosial media

Tak lengkap rasanya bila, berdiam diri di rumah tanpa membuka social media meski sekali. Mungkin hal itu yang terlintas di pikiran teman-teman.

Nah menggunakan social media sebagai alat yang digunakan untuk mendapat ilmu tambahan adalah cara bijak menggunakannya.

Banyak sekali ilmu yang bisa di dapat dari social media, mulai dari hal-hal sederhana seperti memasak, bahkan sampai hal rumit juga ada. Dalam memahami pelajaran juga bisa lebih mudah, karena kita bisa mengulang kembali materinya dari awal, semisal melihat video tutorial memasak, jika merasa ada yang kurang dari masakan yang kita buat berdasarkan video tutorial, kita bisa mengulang videonya kembali dari awal atau bagian yang di perlukan. Ilmu bisa di dapatkan di social media hanya jika teman-teman mau saja menggunakan social media secara bijak.

Yang tertera di atas hanyalah beberapa rekomendasi kegiatan bermanfaat yang bisa di lakukan di rumah pada bulan ramadan, mungkin dari teman-teman memiliki hal menarik tersendiri dan menurut teman-teman itu sangat bagus untuk dilakukan.

Apa pun hal itu asalkan baik maka lakukanlah, karena waktu kosong sangatlah membosankan jika di dalamnya tidak di isi dengan kegiatan. Sekecil dan seremeh apa pun kegiatan yang kita lakukan, jika kita merasa puas dan memiliki banyak manfaat maka teruslah melakukannya.