Loading...


Fungsi PDF

Ditulis oleh zidan Pada 04 December, 2020

Bagikan :


Fungsi PDF


PDF adalah singkatan dari Portable Document Format yang jika di artikan sebagai medium dokumen yang bisa di bawa ke mana-mana.

Berikut adalah beberapa Fungsi PDF :

1. Independen atau tidak bergantung dari hardware, software, dan lain-lain.

Hal yang menjadi ciri utama dari PDF adalah tidak ada ketergantungan dirinya kepada hardware, software dan lain-lain, atau dengan kata lain dapat masuk ke dalam hardware dan software apa saja.

Maksud dari dapat di masuk di mana saja dapat di mengerti kalau Anda mengerti sedikit tentang komputer, bahwasannya terkadang file atau dokumen itu terkadang berubah jika di pindahkan kepada sistem operasi atau jenis perangkat yang berbeda.

Seperti contohnya kalau word 2013 ke atas (docx) jika di buka dengan word 2007 terkadang filenya rusak atau ada yang tidak sama dengan file aslinya.

Contoh lainnya dapat kita temukan ketika kita memindahkan file dari sistem operasi berbasis UNIX kepada sistem operasi windows.

2. Bisa mencakup berbagai macam hal

Tak seperti format dokumen yang lain, PDF dapat mengandung grafik vektor, grafik bitmap, tabel, Javascript, hyperlink, dan Font.

Berikut penjelasan apa-apa saja hal di atas agar dapat memahami lebih baik hal-hal yang dapat di tampung oleh PDF :

Jika Anda mengerti tentang desain, maka Anda seharusnya familiar dengan istilah vektor, atau bagi Anda yang tidak mengerti, vektor dalam desain adalah format yang mempermudah kita dalam mengubah ukuran gambar atau desain menjadi lebih besar dan juga dalam segi grafis hal ini lebih sistematis.

Adapun grafik bitmap atau grafik raster itu di biasanya di gunakan untuk foto, dan ukurannya lebih kecil jika di bandingkan dengan vektor.

Javascript itu adalah bahasa pemrograman yang sering di pakai dalam website.

Hyperlink atau Pranala adalah sebuah acuan dalam dokumen hiperteks ke dokumen yang lain atau sumber lain. Seperti halnya sebuah kutipan di dalam literatur, akan tetapi perbedaanya hyperlink itu di klik dan kita akan di bawa langsung kepada hal yang di maksud atau yang di kutip.

Anda bisa mencobanya dengan menekan salah satu link di bawah referensi, akan tetapi beda dari hyperlink dengan link adalah hyperlink itu biasanya tetap berada di dalam dokumen itu sendiri.

Font yang saya maksud di sini adalah typeface, contohnya seperti Times New Roman, arial, dan lain-lain.

Atau untuk lebih jelasnya bisa Anda baca di bawah sini :

https://muhzulzidan.com/apa-itu-font

3. Memberikan Keamanan yang fleksibel

PDF memiliki fitur untuk melarang orang lain menyalin atau mengedit. Membuat orang lain benar-benar terkunci dari akses informasi yang sensitif atau bahkan menghapus informasi sensitif itu.

Anda bisa mengatur keamanan yang ingin Anda berikan, seperti hanya memperbolehkan seseorang untuk menyetak dokumen dengan resolusi yang lebih rendah, dan lain-lain.

4. Bisa di buka di browser

Dengan perkembangan internet, bisa di katakan kalau semua komputer sekarang memiliki browser terbaru karena ketergantungan kita dalam menggunakan internet.

PDF sendiri dapat di buka menggunakan browser pada umumnya, jadi hal ini dapat lebih mempermudah kita, karena tidak butuh aplikasi tambahan jika tidak di perlukan.

5. Tanda Tangan

Dahulu mungkin kita perlu untuk menyetak sebuah dokumen jika kita ingin menandatangani atau memberikan pengesahan menggunakan tanda tangan. Dengan adanya PDF hal ini sudah tidak di butuhkan lagi karena kita bisa melakukan pengesahan melalui PDF itu sendiri tanpa menyetaknya lagi.

6. Standar untuk melakukan scan

Dengan teknologi OCR (Optical Character Recognition) yang di tawarkan oleh PDF, memperbolehkan kita untuk mengambil atau mengubah sebuah dokumen yang di scan menjadi sebuah dokumen yang dapat kita edit, salin, dan tentu saja membuka kemungkinan untuk mencari teks tertentu padanya.

Referensi :

https://acrobat.adobe.com/us/en/acrobat/about-adobe-pdf.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Portable_Document_Format

https://id.wikipedia.org/wiki/Gambar_bitmap





Loading...




Loading...