Hal sederhana dalam meningkatkan kualitas tidur Anda

Ditulis oleh zidan Pada 03 July, 2020

Bagikan :




Jika kita berbicara tentang kualitas hidup maka ada kemungkinan besar kalau kita akan langsung berpikir terhadap hal-hal yang kita bisa lakukan saat kita terjaga.

Padahal kalau kita memikirkan dengan lebih lanjut, maka kita akan sadar kalau tidur itu mengambil waktu yang cukup besar dari hal yang kita anggap “hidup”.

Memperhatikan waktu tidur telah di lakukan oleh Peneliti serta orang-orang sukses.

Hal ini bukanlah kebetulan sama sekali, karena menjaga kualitas tidur telah menunjukkan banyak sekali manfaat terhadap tubuh manusia.

Hal ini menunjukkan bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas hidup maka kita harus memperbaiki kualitas tidur kita.

Lalu bagaimana cara meningkatkan tidur kita ?

Sebenarnya ada banyak cara dalam meningkatkan kualitas tidur kita, akan tetapi terkadang hal-hal itu masih susah untuk kita lakukan, setidaknya susah bagi saya.

Hal itu berubah ketika saya melihat sebuah tulisan yang berkata kalau kita bisa meningkatkan kualitas tidur kita hanya dengan satu hal.

Hal yang di maksud di sini adalah Pink Noise atau jika di Indonesia-kan maka artinya adalah suara Pink.

Tidak butuh waktu yang lama untuk membuat saya percaya terhadap tulisan itu.

Hal ini karena menurut pengalaman saya selama saya hidup. Suara menjadi salah satu hal yang dapat membuat mood / perasaan saya berubah yang kadang kala kesal menjadi lebih senang.

Jadi apa itu Pink Noise ?

Pink Noise pada dasarnya adalah suara-suara alam yang kemudian dapat membuat kita kualitas tidur kita menjadi lebih baik. Ada juga hal yang namanya white noise yang tujuannya sama dengan pink noise yaitu memblokir suara-suara yang kemudian dapat membuat kualitas tidur kita menurun, akan tetapi perbedaan dari kedua ini adalah perpindahan pink noise dari tinggi dan turun lebih natural atau lebih mirip dengan alam kita dari pada white noise.

Tahap-tahap tidur

Mungkin ada baiknya Anda tahu dulu beberapa tahap yang terjadi saat kita tidur agar dapat lebih paham terhadap bagaimana kita tidur. Pada dasarnya tahap-tahap tidur bisa di pahami sebagai berikut.

  1. Tahap pertama yang akan terjadi adalah light sleep. Di tahap inilah terjadi perpindahan dari keadaan sadar kita menjadi keadaan tidak sadar, otot-otot kita mulai melemah, mata terasa berat dan akhirnya kita pun tidak sadar.
  2. Tahap kedua pun terjadi yang merupakan persiapan kepada tahap ketiga yaitu deep sleep, di sini tubuh kita mempersiapkan dirinya dengan cara menurunkan suhu badan, memperlambat kerja otak serta jantung kita.
  3. Pada tahap ketiga, biasanya di nama-kan deep sleep yang banyak katakan sebagai tahap yang paling penting dalam tidur kita karena di sinilah terjadi perbaikan otot, saraf dan lain-lainnya.
  4. Tahap ke empat adalah di mana kita mulai keluar dari deep sleep dan secara perlahan bersiap menuju tahap ke lima.
  5. Pada tahap kelima terkadang juga di katakan REM sleep. Di sinilah kita mengalami hal yang namanya mimpi.

Penelitian yang mendukungnya

https://www.nm.org/healthbeat/medical-advances/science-and-research/the-promise-of-pink-noise

di penelitian tersebut di jelaskan bagaimana pink noise dapat meningkatkan ingatan kita. Penelitian tersebut di lakukan dengan mengetes pink noise kepada sembilan orang yang kemudian menghasilkan hasil yang positif dalam meningkatkan ingatan.

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22726808/

Di sini di jelaskan bagaimana pink noise dapat membuat tidur kita menjadi lebih stabil.

Pengalaman Pribadi

Sebagai pendahuluan, saya memiliki kebiasaan tidur yang menurut saya tidak buruk maupun tidak baik juga. Lebih kepada tengah-tengah, saya telah berusaha untuk tidur lebih cepat agar dapat tidur lebih lama sehingga saya tak perlu melakukan tidur siang, dan hal ini masih sering gagal saya lakukan.

Saya sendiri sudah beberapa kali mencoba Pink Noise dalam tidur saya. Karena saya mengetesnya tanpa tahu seperti apa pink noise itu, saya awalnya kaget karena ternyata Pink noise itu pada dasarnya suara alam. Dan kebetulan suara yang saya dapatkan pertama adalah suara guntur.

Setelah mencobanya saya pun merasa badan saya agak ringan, akan tetapi kebutuhan saya untuk tidur siang tetap tidak berubah. Jadi singkatnya saya beranggapan kalau menggunakan pink noise tidak akan terlalu membantu dalam tidur kita secara keseluruhan jika kita tidak membantunya dengan kebiasaan tidur yang baik. Seperti jangan melihat hp atau layar beberapa jam sebelum tidur, lakukan meditasi sebelum tidur dan lain-lainnya.

Disclaimer

Hal yang akan saya jelaskan dalam tulisan ini hanyalah sebuah teori yang mungkin saja salah, akan tetapi perlu di ketahui bahwa hal ini telah di dukung oleh penelitian.

Akan tetapi hal ini tetap baik untuk kita coba, karena tidak ada hal yang dapat membuat Anda terluka jika Anda melakukan eksperimen berikut.

Referensi :

https://medium.com/the-ascent/1-easy-trick-to-massively-improve-your-sleep-quality-916242d95498

https://www.frontiersin.org/articles/10.3389/fnhum.2017.00109/full

https://pubmed.ncbi.nlm.nih.gov/22726808/

https://www.realsimple.com/health/preventative-health/sleep/what-is-pink-noise-sleep