Mencapai Tujuan Dengan Implementation Intention

Ditulis oleh zidan Pada 29 January, 2021

Bagikan :


Mencapai Tujuan Dengan Implementation Intention


Kita semua memiliki tujuan yang ingin kita capai, entah itu mungkin membangun bisnis, menjadi lebih bahagia, dan lain-lainnya.

Memiliki tujuan adalah hal yang baik untuk di miliki karena tanpa tujuan, sebagai manusia akan menjadi seperti kayu yang mengambang di sungai, tidak menjadi pengatur ke mana arah perginya, hanya mengikuti alur yang sudah ada.

Sayangnya, ada berbagai alasan kenapa beberapa dari kita lebih banyak yang gagal dalam mencapai tujuan yang kita miliki, terkadang karena hilang motivasi, atau lupa tentang hal yang harus kita kerjakan agar dapat mencapai tujuan kita.

Mungkin Anda kadang kala bingung harus berbuat apa agar tetap membangun kebiasaan-kebiasaan yang dapat mendekatkan diri Anda dengan tujuan Anda atau mimpi Anda.

Kabar gembira bagi kita semua karena telah ada beberapa penelitian pada masa 1990an yang meneliti tentang bagaimana sebenarnya seseorang dapat mencapai tujuan yang mereka miliki.

Nama teorinya adalah Implementation Intention

Pengertian Implementation Intention

Mengambil dari namanya yaitu intention dan implementation, Intention atau yang di ubah menjadi intensi merupakan bahasa serapan di Indonesia, lalu di sandingkan dengan implementation atau dalam bahasa serapan indonesia implementasi, jika di ulangi menjadi implementasi intensi.

Mungkin Anda masih tidak paham dengan penjabaran di atas, berikut pengertian per-kata menurut KBBI.

Implementasi artinya pelaksanaan; penerapan: pertemuan kedua ini bermaksud mencari bentuk -- tentang hal yang disepakati dulu;

Sedangkan intensi artinya perangkat atribut atau ciri yang menjelaskan sesuatu yang dapat diacu dengan kata tertentu (di-bedakan dengan ekstensi); 2 Kat keinginan atau permohonan khusus yang diajukan umat dalam upacara misa; 3 maksud; tujuan: terdapat hubungan antara gaya hidup, konsep diri, citra produk, dan sistem nilai dengan -- konsumen wanita mau membeli kosmetika lokal.

Simpelnya Implementasi intensi bisa diartikan sebagai perencanaan sebelum melakukan sesuatu.

Menurut penelitian yang ada perencanaan yang paling efektif dalam membuat seseorang benar-benar melakukan hal yang perlu mereka lakukan adalah waktu dan tempat.

Dengan menentukan waktu dan tempat, seseorang dua kali lipat lebih berkemungkinan untuk melakukan apa yang ingin mereka lakukan untuk mencapai tujuan mereka.

Cara melakukan Implementation Intention

Pada dasarnya Anda hanya perlu mengikuti format berikut :

Saya akan X pada jam Y di Z

Ket:

X = hal yang ingin di lakukan yang berdampak positif dengan tujuan Anda

Y = waktu Anda melakukannya, bisa spesifik jam atau hanya meletakkan “di pagi hari”

Z = tempat Anda ingin melakukannya.

Jadi ketika situasinya (waktu atau tempatnya) sudah terpenuhi Anda harus melakukan hal yang ingin Anda lakukan tanpa alasan yang Anda buat-buat sendiri.

Hal di atas tidak akan berguna jika Anda sendiri tidak mau atau tidak memaksa diri Anda sendiri untuk melakukan hal yang positif bagi diri Anda sendiri, Anda mungkin saja memberikan alasan seperti : “saya tidak berada dalam tempat yang tepat” atau “waktunya sudah lewat”.

Anda perlu tahu kalau hal di atas lebih menjadi pengingat pada diri kita sendiri, hal ini karena waktu dan tempat itu adalah pemicu untuk mengingat yang paling efektif, akan tetapi keputusan terakhir tetap berada di tangan Anda.

Alasan implementation intention berhasil

Mungkin Anda bertanya apa di balik dari teori ini, jawabannya sebenarnya simpel.

Anda tidak perlu tergantung kepada tingkat motivasi Anda untuk melakukan sesuatu.

Ketika sudah waktunya untuk melakukan hal yang sudah Anda rencanakan Anda hanya perlu melakukannya, sama ketika kita di suruh oleh bos kita, atau seseorang yang sering menyuruh kita, Anda hanya perlu mengikutinya.

Atau kalau slogan Nike : “just do it” = “lakukan saja”

Perencanaanya lebih nyata

Terkadang ketika kita ingin menjadi lebih kurus, kita akan berpikir bahwa kita perlu mengurangi makanan yang ingin kita makan, dan berolahraga lebih banyak.

Hal di atas adalah hal yang kebanyakan di lakukan oleh orang biasa.

Sedangkan dengan implementation intention, Anda akan mempunyai rencana yang lebih nyata, karena ada waktu dan tempat.

Perbandingannya seperti ini :

Biasa : “saya akan berolahraga”

Implementation intention : “saya akan lari pada jam 5:30 di sekitar kompleks rumah saya.”

Sedikit catatan bahwa ada penelitian yang mengatakan kalau implementation malah berdampak buruk pada orang yang perfectionis.

Referensi :

https://jamesclear.com/implementation-intentions

Sarah Milne, Sheina Orbell, and Paschal Sheeran, “Combining Motivational and Volitional Interventions to Promote Exercise Participation: Protection Motivation Theory and Implementation Intentions,” British Journal of Health Psychology 7 (May 2002): 163–184.

https://www.njlifehacks.com/implementation-intentions/

https://en.wikipedia.org/wiki/Implementation_intention#:~:text=An%20implementation%20intention%20(II)%20is,portions%20of%20goal%2Ddirected%20behavior.

https://kbbi.web.id/intensi

https://kbbi.web.id/implementasi





Loading...




Loading...