Loading...

Loading...

Pentingnya Membaca

Ditulis oleh zidan Pada 27 February, 2020

Bagikan :


Pentingnya Membaca


bisa juga Anda tonton penjelasannya disini :

youtube:5EWIgJujB4s

Ada banyak hal yang membuat membaca sangat penting. Beberapa diantaranya adalah melatih otak, membuat kita berkomunikasi lebih baik karena kosa kata kita bertambah, membuat kita menjadi lebih keren dimata orang-orang karena pengetahuan kita luas, membuat kita lebih terbuka dalam menghadapi persoalan hidup. Membaca bahkan dapat membuat kita menjadi lebih sehat, terutama secara mental. Pada dasarnya kegiatan membaca, sangat membantu kita menjadi manusia yang lebih baik.

Berikut adalah daftar isi sekaligus beberapa hal yang membuat membaca itu penting :

  1. Melatih otak
  2. Melatih fokus dan konsentrasi
  3. Menambah kosakata
  4. Membuat kita pandai berbicara
  5. Membuat tulisan kita menjadi lebih baik
  6. Mengurangi tekanan (stres)
  7. Membuat tidur lebih nyaman
  8. Memperluas imaginasi
  9. Menambah motivasi dalam menjalani kehidupan
  10. Membuat kita menjadi lebih rendah diri (tidak sombong)
  11. Membaca itu menyenangkan
  12. Membuat diri Anda lebih kritis dan analisis terhadap sesuatu
  13. Menambah memori otak
  14. Membuat Anda sehat secara kejiwaan
  15. Anda akan mendapatkan pengalaman yang telah terkumpul dari puluhan atau bahkan ratusan tahun pelajaran.
  16. Anda akan lebih mengenal diri Anda sendiri
  17. Anda akan lebih empati kepada orang lain.
  18. Anda akan menjadi pribadi yang lebih baik.

“Kita tidak akan melakukan hal yang tidak kita suka.”

Mungkin saja hal ini adalah salah satu alasan terbesar kita tidak membaca. Anda sebenarnya tidak perlu merasa sedih atau merasa rendah karena sebenarnya hal ini sudah mendarah daging di manusia.

Kenapa saya mengatakan hal tersebut ? hal ini terjadi karena kita tidak dilahirkan dengan kemampuan membaca yang secara natural ada. Sebuah contoh kasus, coba berikan bayi sebuah buku. Palingan buku itu akan disobek olehnya. Akan tetapi coba bawa bayi itu ke tempat orang-orang berbicara atau ajak bicara bayi itu, mungkin yang terjadi adalah bayi itu akan tertawa atau setidaknya akan terjadi respon oleh bayi itu, dan dengan seiringnya waktu bayi itu akan tumbuh dan berkembang sampai ia dapat membalas interaksi kita.

Hal ini terjadi karena kita memang secara natural menerima informasi secara verbal sejak kita lahir. Sedangkan membaca, kita perlu mempelajarinya terlebih dahulu. Tentu saja ketika kita mempelajari sesuatu, tidak akan mungkin kita bisa secara cepat menjadi “ahli”. Hal ini tak jauh berbeda dengan membaca. Kita memang perlu memberikan waktu agar kemampuan membaca dapat tumbuh di dalam diri kita. Hal ini penting karena percayalah kita akan bisa menerima informasi lebih cepat secara membaca jika dibandingkan ketika secara mendengar.

Ketika kita membaca kita bisa melakukan yang pemikiran dan pemikiran ulang yang hampir bersamaan atau dalam waktu yang singkat. Hal ini membuat membaca sangat menarik karena hampir tidak ada medium yang bisa mengalahkan buku dalam hal ini. Terutama buku-buku yang “susah” bagi kita. Hal ini terjadi karena buku di ciptakan dengan waktu yang cukup lama. Disertai dengan adanya pengeditan atau penyempurnaan yang jumlahnya sangat banyak.

Berikut adalah beberapa alasan yang mungkin bisa membantu kita lebih sadar terhadap pentingnya membaca.

Melatih otak

Otak kita akan terlatih ketika membaca. Hal ini mungkin sudah sering Anda dengar, tetapi apakah Anda tahu bagaimana penjelasannya ?

penjelasannya cukup sederhana. Ketika membaca otak kita akan membentuk neuron kita lebih aktif serta akan memakai lebih banyak neuron ketika membaca buku daripada ketika kita menerima informasi dari medium lain.

Sedikit informasi, Neuron adalah saraf yang ada di otak. Hal ini mengantarkan listrik yang berupa informasi. Ketika kita memakai lebih banyak neuron maka hubungan neuron kita akan menjadi lebih tebal dan berdekatan. Ketika kita memiliki neuron yang tebal atau kuat tadi maka informasinya atau kerja otak kita akan menjadi lebih cepat.

Hal ini akan menjadi lebih hebat lagi atau lebih terstimulus lagi ketika kita dengan sengaja membaca buku yang baru atau buku yang lebih susah dari kemampuan atau pengetahuan kita. Berikut adalah penelitian yang di lakukan oleh peneliti neurosaintis (orang yang mempelajari ilmu saraf) di Universitas Emory yang berjudul “Short- and Long-Term Effects of a Novel on Connectivity in the Brain” :

https://www.liebertpub.com/doi/full/10.1089/brain.2013.0166

Melatih fokus dan konsentrasi

Anda tidak bisa menerima informasi secara pasif (tidak sadar). Hal ini benar dalam bentuk apapun. Akan tetapi, karena buku lebih tersusun, lebih terstruktur, serta lebih tinggi diksinya. Maka terkadang kita akan membutuhkan fokus dan konsentrasi yang lebih ketika kita membaca jika dibandingkan medium lainnya.

Telah di buktikan bahwa manusia akan membagi waktu nya dengan pindah dari kegiatan yang satu ke yang lainnya dalam jangka waktu setiap 5 menit. Hal ini tidak akan terjadi ketika kita membaca buku, karena ketika kita membaca buku, kita akan terhisap oleh kegiatan membaca ini. Hal ini memungkinkan pikiran kita menjadi lebih tenang dan dengan sendirinya membuat kita menjadi lebih fokus ketika berpindah kegiatan.

Cobalah membaca ketika Anda merasa bosan atau lelah. Seiring waktu, tanpa Anda sadari Anda akan lebih fokus dan lebih berkonsentrasi dalam menghadapi kegiatan selanjutnya.

Menambah kosakata

Penambahan kosa kata kita secara tidak sengaja akan sangat terpengaruh dengan hal-hal yang kita masukkan kedalam otak kita. hal ini tentu saja terjadi, bukan pada membaca saja. Akan tetapi dalam bentuk penerimaan informasi lain, seperti berdiskusi misalnya, kita akan lebih susah dalam menghasilkan kata yang lebih susah, kompleks, bahkan terkadang kita salah ucap. Hal ini terjadi karena waktu yang kita gunakan untuk membentuk kata dalam mengujarkan sesuatu tidak lah sama ketika kita menulis.

Tentu saja kita bisa melihat bahwa tulisan sangat jauh berbeda dengan ujaran. Tulisan tentu saja lebih tersusun, lebih kompleks, dan tentu saja lebih rapi dalam penyampaian informasi. Hal ini menjadi semakin benar lagi ketika kita melihat tulisan di buku.

Membuat kita pandai berbicara

Mungkin Anda heran, kenapa membaca dapat membuat kita pandai dalam berbicara ?. bukankah berbicara seharusnya berhubungan erat dengan mendengarkan ?. Membaca membuat kita terbiasa dengan susunan kata serta kalimat yang baik dan benar (kalau bukunya bagus). Dengan sendirinya ketika kita berbicara, kita akan mengujarkan kata serta kalimat yang benar pula.

Seperti yang saya jelaskan sebelumnya kalau neuron otak kita ketika semakin sering dipakai, semakin cepat pula otak kita melakukan hal yang sama.

Membuat tulisan kita menjadi lebih baik

Mungkin kita tidak heran lagi, kalau membaca dapat membuat tulisan yang kita hasilkan menjadi lebih baik. Karenanya tulisan kita menjadi sangat terpengaruh dengan bacaan yang kita baca. Mulai dari gaya penulisan, penentuan diksi, serta cara kita mengorganisasikan ide kita kedalam sebuah tulisan. Semuanya itu dipengaruhi oleh semua bacaan yang telah kita konsumsi.

Jadi jika Anda ingin menjadi penulis novel bacalah novel-novel yang sudah di akui oleh banyak orang, begitu pula ketika Anda ingin menjadi penulis karya ilmiah, biasakan diri Anda untuk membaca buku ilmiah, jurnal, esai, serta tesis.

Mengurangi tekanan (stres)

Hal ini telah di benarkan oleh banyak sekali penelitian.

Terutama ketika kita membaca buku cerita, yang terkadang akan membuat kita seolah-olah masuk kedalam cerita yang sedang kita baca. Kita seakan-akan dapat merasakan perjuangan yang di hadapi oleh karakter utama yang ada di cerita yang kita baca.

Hal ini membuat kita keluar dari dunia yang kacau ini serta melupakan semua masalah yang sedang kita hadapi di dunia ini.

Buku yang bisa membuat kita merasakan sensasi semacam ini adalah ketika kita membaca buku-buku yang memang kita suka.

Bagaimana caranya agar kita tahu bahwa sebuah buku kita suka atau tidak ? caranya adalah tidak lain dari pada mencoba untuk membacanya.

Membuat tidur lebih nyaman

Dengan membaca buku stres kita berkurang. Oleh karena itu, kita akan lebih mudah untuk memasuki mode tidur. mode tidur yang saya maksud bukanlah mode tidur biasa, melainkan mode tidur yang benar-benar membuat kita bugar ketika kita bangun.

Hal ini didukung pula dengan kita membaca buku sebelum tidur, maka kita akan menghindari layar yang dipercaya dapat membuat kita susah untuk memasuki mode tidur yang membuat kita bugar ketika bangun.

Telah ada penelitian yang mengatakan bahwa melakukan kebiasaan membaca buku (bukan elektronik) 20 menit sebelum tidur dapat membuat kualitas tidur kita menjadi lebih baik.

Berikut adalah alamat (link) dari penelitiannya :

https://pediatrics.aappublications.org/content/early/2015/01/01/peds.2014-2306

Memperluas imaginasi

Imagination is more important than knowledge. For while knowledge defines all we currently know and understand, imagination points to all we might yet discover and create. - Albert Einstein

Tidak bisa kita pungkiri bahwa membaca dapat membuat otak kanan kita (yang mengatur imaginasi kita) menjadi lebih liar ketimbang hal apapun yang ada di dunia ini bisa tawarkan.

Mungkin Anda berkata bagaimana dengan game ? bukankah kita akan lebih mudah untuk membayangkan bagaimana gerakan dan karakter yang ada dicerita? Hal ini mungkin benar, akan tetapi dengan memberikan gambaran kepada otak kita, otak kita tidak akan berusaha untuk membentuk imaginasi nya sendiri. Sedangkan kalau sudah disediakan maka kita akan malah susah untuk membayangkan hal lain selain apa yang telah di ilustrasikan kepada kita.

Menambah motivasi dalam menjalani kehidupan

Kita terkadang hanya melihat hasil dari apa yang telah dicapai oleh orang-orang hebat di sekitar atau orang-orang hebat yang terdahulu. Tanpa mengetahui hal-hal yang telah mereka lalui. Hal ini dapat membuat kita merasa lemah atau lebih rendah karena kita membandingkan diri kita yang berproses dengan orang yang telah mendapatkan hasil (dari proses yang mungkin saja lebih panjang dari pada kita).

Dengan membaca, kita akan sadar akan perjalanan yang ditempuh oleh orang-orang yang kita anggap hebat. Dimana mereka semua memiliki cerita yang tidak jarang cukup mirip dengan apa yang sedang kita lalui atau bahkan mungkin lebih parah daripada keadaan kita.

Apalagi jika yang menuliskannya adalah orangnya sendiri untuk kita baca.

Membuat kita menjadi lebih rendah diri (tidak sombong)

Ketika kita membaca biografi orang-orang hebat, kita akan sadar akan perjuangan yang dilewati untuk sampai kepada titik tertentu dalam hidup mereka yang bagi kita mustahil dan dengan sendirinya kita akan merasa sangat rendah dari pada orang-orang hebat yang telah ada di dunia ini. Hal ini terjadi karena kita sadar akan seberapa kurang usaha kita dalam menjalani kehidupan ini.

Selain itu ketika kita membaca, kita akan mendapatkan informasi atau bahkan ilmu yang membuat atau membuka mata kita terhadap hal lain yang belum ditemukan. Terkadang pula telah ditemukan, akan tetapi kita tidak atau belum mempelajarinya. Hal ini tentu saja membuat kita masuk kedalam mode “berlari” untuk ilmu yang mana tidak akan ada habisnya.

Membaca itu menyenangkan

“Reading one book is like eating one potato chip.” – Diane Duane

Di otak kita, ada zat yang dinamakan Dopamine.

Dopamine di hasilkan ketika kita merasakan kebahagiaan. Ketika kita mendapatkannya dengan proses yang terlalu cepat atau terlalu mudah, akan merusak keseimbangan otak kita. contohnya adalah seperti memainkan game, atau melakukan obat-obatan yang tidak diperbolehkan. Hal ini terjadi karena kita akan membutuhkan dosis yang lebih tinggi untuk mendapatkan perasaan yang sama. Yang pada akhirnya akan membuat kita overdosis.

Sedangkan kegiatan membaca, kita perlu usaha untuk melakukannya yang kemudian membuat membaca menjadi salah satu kegiatan mendapatkan Dopamine secara sehat.

Membaca bagi sebagian orang akan menjadi aktifitas yang menyenangkan. Saya mengakui hal ini ketika saya sudah mulai untuk membaca. Akan tetapi, hal yang susah untuk di lakukan adalah memulianya. Walaupun saya tahu membaca itu menyenangkan, akan tetapi memulai aktifitas membaca tetap akan terasa susah.

Membuat diri Anda lebih kritis dan analisis terhadap sesuatu

Tentu saja dengan banyaknya bacaan yang kita baca. Hal ini dengan sendirinya membuat Anda menjadi semakin terbiasa mengkonsumsi bacaan-bacaan yang mungkin bagi sebahagian orang susah. Hal ini akan terjadi tanpa Anda sadari apalagi Anda membaca hal-hal yang terfokus pada bidang studi tertentu. Hal ini terjadi karena kita menjadi lebih terpapar terhadap kebenaran ilmiah atau setidaknya kita sadar akan cara mendapatkan kebenaran yang ilmiah dari membaca buku.

Maka hal ini dengan sendirinya akan membuat kita menjadi lebih susah untuk di bodohi dan di manipulasi oleh orang-orang yang jahil. Anda pun menjadi lebih kritis dan analisis dalam menghadapi fenomena-fenomena yang ada di sekitar Anda, apalagi ketika fenomena itu telah disinggung atau bahkan telah dijelaskan di buku yang Anda sudah baca.

Menambah memori otak

Memori otak akan tertambah karena dengan membaca kita melatih otak kita untuk menciptakan neuron baru. Hal ini terjadi karena kita menggunakan fungsi otak yang tidak dijamah ketika kita melakukan hal lain selain kegiatan membaca. Contohnya saja ketika kita membaca, kita pastinya akan menemukan kosa kata baru beserta contoh penggunaannya yang sesuai dengan konteks bacaan yang kita baca. Kita pun bisa mengerti kata baru ini tanpa kita harus membuka kamus.

Hal ini tentu saja telah dibuktikan oleh banyak penelitian. Seperti :

https://psycnet.apa.org/journals/xlm/11/1/12/ https://www.tandfonline.com/doi/abs/10.1080/09658211.2013.798417

Membuat Anda sehat secara kejiwaan (mental fleksibilitas)

Kesehatan sangalah penting bagi semua orang. semoga Anda tidak salah kaprah terhadap judulnya, karena maksud saya bukanlah membuat Anda terjauh dengan kegilaan, melainkan membuat Anda menjadi fleksibel dalam menerima informasi atau situasi karena telah ada penelitian yang mengatakan bahwa mental kita akan menjadi lebih fleksibel ketika kita membaca puisi yang membuat kita mempertanyakan arti dari sebuah frasa atau kata yang sulit dan membingungkan.

Anda akan mendapatkan pengalaman yang telah terkumpul dari puluhan atau bahkan ratusan tahun pelajaran.

“A reader lives a thousand lives before he dies . . . The man who never reads lives only one.” – George R.R. Martin

Ada buku yang merupakan kumpulan dari beberapa penelitian, ada pula yang merupakan kumpulan satu kehidupan orang hebat waktu ia hidup, serta buku kadang kala memiliki kumpulan yang relevan dengan ide yang ingin disampaikan oleh penulis.

Anda akan lebih mengenal diri Anda sendiri.

Dengan membaca kita akan lebih mengenal manusia secara umum yang tentu saja akan menggambarkan diri kita sendiri sebagai bagian dari manusia itu sendiri.

Dengan membaca Anda mungkin saja akan mendapatkan cerita yang mungkin mirip atau bahkan sama dengan cerita hidup Anda yang dengan sendirinya akan mengungkap kebenaran diri Anda.

Menurut saya membaca untuk mengenal diri sendiri adalah salah satu pendorong terbesar bagi saya untuk secara terus menerus membaca. Dengan menyelesaikan satu buku, atau mengerti sebuah konsep apa saja dapat membentuk cara saya melihat dunia.

Anda akan lebih empati kepada orang lain.

Telah ada penelitian yang mengatakan bahwa ketika kita membaca cerita, otak kita akan merealisasikan perasaan itu yang ketika di uji antara perasaan dari membaca dan perasaan yang nyata ternyata cukup mirip. Jadi dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa dengan membaca kita akan dengan sendiri nya melatih diri kita untuk merasakan apa yang orang lain rasakan.

Anda akan menjadi pribadi yang lebih baik.

Saya sangat merasakan dampak dari membaca buku dalam hal membuat diri saya menjadi pribadi yang lebih baik. Saya pun menyadari bahwa sesungguhnya hal-hal yang diajarkan oleh orang-orang hebat terdahulu maupun sekarang sebenarnya tidak pernah berubah yaitu menjadikan kita manusia yang lebih baik.

Dengan kita membaca buku, kita akan dengan sendirinya lebih memahami bagaimana caranya agar kita menjadi manusia yang lebih baik bagi diri, serta orang lain.

Seperti itulah yang mungkin bisa saya berikan terhadap manfaat-manfaat yang bisa kita ambil ketika kita rajin membaca. Semoga dengan saya menulikan beberapa manfaat dari membaca ini kita semua dapat menjadikan diri kita sebagai pembaca yang tekun.

Referensi :

  1. https://www.selfdevelopmentsecrets.com/benefits-importance-reading-books/
  2. https://gladreaders.com/importance-of-reading-books/
  3. https://www.inspirationboost.com/8-reasons-why-reading-is-so-important/
  4. https://www.lifehack.org/articles/lifestyle/10-benefits-reading-why-you-should-read-everyday.html
  5. https://youngreadersfoundation.org/importance-of-reading/
  6. https://www.ted.com/talks/lisa_bu_how_books_can_open_your_mind
  7. https://www.ted.com/talks/michelle_kuo_the_healing_power_of_reading
  8. https://www.ted.com/talks/jordan_harry_how_to_read_a_book_a_day
  9. https://www.youtube.com/watch?v=7bB_fVDlvhc
  10. https://www.youtube.com/watch?v=muuWRKYi09s




Loading...




Loading...