Loading...

Loading...

Perbedaan statistik dengan matematika

Ditulis oleh zidan Pada 26 March, 2020

Bagikan :


Perbedaan statistik dengan matematika


Daftar Isi

bagi kita yang tidak terlalu paham akan statistik dengan matematika secara mendalam. Mungkin, kedua hal ini bisa saja membuat kita bingung karena seperti yang kita semua tahu kalau keduanya berhubungan dengan perhitungan.

Kenapa hal ini penting ? Karena hal ini tentu saja akan membuat kita lebih paham antara keduanya dan tentu saja Anda akan menjadi lebih hebat ketika memiliki pengetahuan yang “lebih” terhadap pertanyaan-pertanyaan yang mungkin saja akan muncul ketika Anda berkumpul dengan teman-teman Anda.

Pengertian secara kamus

Pertama pengertiannya secara kamus. Jika Anda mengoogle atau menelusuri “statistics” atau secara bahasa Indonesia “statistik” maka mungkin Anda akan mendapatkan banyak sekali pengertian yang biasanya di tulis oleh blog seperti yang Anda lihat sekarang ini. Hal ini tentu saja lumrah karena algoritma yang di miliki google tidaklah sempurna akan tetapi, yang masalah adalah apakah Anda bisa mempercayai tulisan blog ini. Dan kalaupun waktu penulisannya hal yang di tulis benar faktanya.. apakah masih relevan... jadi Anda benar-benar butuh penelitian kecil-kecilan hanya untuk mengetahui pengertiannya.

Akan tetapi, entah Anda ingin percaya atau tidak, website yang mendefinisikan statistik sebagai turunan dari matematika adalah kesalahan yang besar.

Hal yang benar adalah matematika dan statistik adalah sains. (ini saya dapatkan dari melihat situs-situs yang menurut saya cukup kredibel yang ini untuk statistik dan yang ini untuk matematika )

Kalau matematika itu sains yang berhubungan dengan nomor, bentuk, jumlah, dan hubungan di antara yang satu dan yang lainnya.

Sedangkan kalau statistik adalah sains yang berhubungan dengan pembelajaran dari jumlah data, pengukuran data, pengontrolan data, dan bagaimana cara kita mengkomunikasikannya yang terkadang tidak terlalu pasti.

Statistik bukanlah turunan dari matematika

mungkin banyak dari antara kita yang menganggap bahwa statistik itu adalah bawahan dari matematika yang mungkin saja ada benar nya. Akan tetapi, hal ini tidak seutuhnya demikian.

Bahkan terkadang statistik dan matematika di jadikan satu mata kuliah yaitu statistik dan matematika. Biasanya orang-orang yang menganggap statistik itu adalah bagian dari matematika akan berpikiran bahwa statistik adalah sebuah pengaplikasian teori matematika di dunia nyata.

Sedangkan yang berpikiran bahwa matematika dan statistik itu berbeda akan menganggap bahwa statistik itu kurang akurat dalam perhitungannya.

Kedua pendapat ini, sebenarnya saling berhubungan. Di mana statistik yang merupakan sains yang sangat bergantung terhadap matematika dalam pengolahan data nya akan dipenuhi dengan ketidakpastian yang ada di dunia nyata. Ketidakpastian yang di temukan statistik ini yang membuat dasar pemikiran matematikawan dan statistikawan berbeda.

Penggunaannya di dunia nyata.

Baik statistik maupun matematika adalah alat yang sangat baik dalam hal kita memahami dunia yang kita hadapi sekarang ini. Akan tetapi cara mereka mencari pemahaman tersebut sangatlah berbeda, matematika akan sangat teoritis dengan mengharap bahwa dunia terjadi mengikuti sebuah struktur dan sebuah pola tertentu. Sedangkan kalau statistik itu melihat dan mengambil semua data yang ada dunia secara acak, lalu berusaha untuk memahaminya.

Ketika kita berhubungan dengan sesuatu yang pada dasarnya akan selalu sama atau mungkin bisa katakan adalah sebuah sistem tertentu maka matematika adalah cara terbaik untuk mempelajari hal tersebut, seperti bagaimana gravitasi bekerja yang mana gravitasi akan sama di setiap penjuru dunia kalaupun ada yang berbeda maka ada hal lain yang mempengaruhinya dan hal ini semua absolut dan bisa dihitung.

Akan tetapi ketika kita berhubungan dengan sesuatu yang lebih irasional dan tidak menentu seperti manusia, maka statistik adalah salah satu cara terbaik untuk melihat dan memahaminya. Karena statistik mengambil semua ketidakpastian ini dan berusaha untuk memahaminya melalui matematika. Karena pada dasarnya statistik tidak akan pernah memiliki kesimpulan yang benar-benar pasti dan ada banyak pengambilan keputusan yang mungkin sangat sesuai dengan konteks yang ada dan siapa penelitinya.

Pada dasarnya matematika adalah ilmu teori dan statistik adalah ilmu terapan

Referensi :

https://luckytoilet.wordpress.com/2017/09/06/whats-the-difference-between-mathematics-and-statistics/

https://www.stat.auckland.ac.nz/~wild/preprints/What%20is%20Stats_16-10-14.pdf

https://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/mathematics

https://www.quora.com/What-is-the-difference-between-mathematics-and-statistics





Loading...




Loading...