Loading...

Loading...

Promosi Desain Grafis ? disini tempatnya

Ditulis oleh zidan Pada 27 January, 2020

Bagikan :


Promosi Desain Grafis ? disini tempatnya


Daftar Isi

Ada banyak desainer yang menurut saya memilki kemampuan desain yang cukup memumpuni tapi karyanya tidak terlalu terbagikan ke internet dan walaupun terbagikan, terkadang karyanya hanya berada dalam beberapa platform saja. Menurut beberapa orang sukses didunia, produknya boleh biasa-biasa saja selama hal ini memiliki marketing (pemasaran) yang baik maka produk ini akan selamat atau dalam hal ini terjual. Apalagi kalau produknya memang luar biasa tentu hal ini lebih membutuhkan marketing yang lebih luar biasa lagi.

Ditambah lagi sekarang ini kita bisa mempromosikan karya kita kepada banyak orang hanya dengan beberapa klik saja. Dan menurut pengamatan saya, tidak semua desainer tahu dimana mereka harusnya mempromosikan karya mereka.

Tempat desainer mempromosikan karya mereka ada bermacam-macam tempat tergantung desain apa yang mereka kerjakan walaupun ada beberapa platform atau tempat mempromosikannya bisa untuk beberapa jenis desain.

Dalam membagikan desain Anda, janganlah takut untuk membagikan desain Anda secara cuma-cuma karena sekarang banyak sekali pendesain dan yang membuat para desain sekarang bisa bersaing dengan desainer lain adalah begitu banyak desain yang dia bagikan sehingga membuat klien lebih percaya dengan kemampuan Anda. Sampai-sampai ada yang membagikan desainnya setiap hari. Hal ini selain akan menarik banyak perhatian, hal ini juga bisa membuat Anda latihan dalam meningkatkan kualitas dan kecepatan desain Anda.

1. Pinterest

Mungkin bagi para desainer professional sudah tidak asing lagi dengan platform yang satu ini. Tempat ini sangatlah bagus karena ada banyak foto yang terbagikan disini ada juga beberapa video singkat yang dibagikan di platform ini. Jadi menurut saya platform ini cocok untuk semua desainer karena yang dibagikan adalah foto atau thumbnail atau video singkat yang kemudian tetap akan atau jika di klik maka kita akan di tujukan kepada link aslinya jadi bagi para blogger atau orang yang memiliki website tempat ini sangat cocok karena kita bisa mendapatkan pengunjung website disini. Pinterest juga bisa memberikan fitur pin yang jika di install extensionnya di browser kita, kita bisa mempin gambar apa saja yang ada di internet. Lalu hasil pin itu bisa dilihat di halaman profil pinterest kita. Hal ini tentu saja menguntungkan semua pihak karena desain kita bisa saja di pin oleh orang dan kita mendapatkan pengunjung karenanya. Pin ini juga berguna untuk kita mengumpulkan inspirasi desain yang kita akan gunakan untuk sebuah proyek misalnya.

Kelemahan :

susah untuk dimunculkan kepada halaman utama pinterest tidak bisa untuk mencari akun pinterest orang

2. Instagram

Hal ini bagi beberapa orang sudah tidak asing lagi dengan platform ini. Bagi para desainer maupun bukan bisa mempromosikan gambar ataupun video singkat yang sekarang sudah bisa video panjang dengan fitur igtv. Ada lebih banyak pengguna yang ada di instagram, mulai dari desainer, comedian, artis, sampai orang biasa. Telah banyak cerita bahwa brand mendekati desainer melalui instagram, jadi untuk mendapatkan proyek/pekerjaan desainer, bukanlah hal mustahil di instagram. Ada banyak pelajaran dan inspirasi desain yang membantu dan keren di platform ini. Dikarenakan ada fitur hashtag ( # ), yang tentu saja bisa kita kopi, maka Anda bisa menggunakan hashtag orang lain agar orang-orang bisa menemukan desain Anda melalui hashtag tersebut. Dan usahakan dalam mengkopi hashtag gunakan yang mirip dengan desain Anda atau setidaknya satu kategori.

Kelemahan dari instagram adalah

kita tidak bisa dengan leluasa mempromosikan link (laman website) kita.

Kita akan lebih susah menarik pemirsa untuk akun kita.

Pencarian keywordnya/hastagnya kadang menunjukkan hal yang salah.

3. Behance

Behance sendiri adalah tempat para desainer yang di khususkan untuk pengguna adobe. Hasil desain Anda akan di tampilkan sesuai dengan aplikasi adobe yang Anda gunakan. Di tempat ini Anda bisa mencari pekerjaan desain ataupun memposting pekerjaan bagi desainer. Desain yang bisa dibagikan di behance sendiri sangatlah bermacam-macam, semua aplikasi adobe tentunya.Anda juga bisa melakukan live stream desain untuk menarik para calon client atau Cuma hanya untuk mempromosikan pekerjaan Anda.

Kelemahan :

Hanya untuk pengguna adobe.

Fitur yang ditawarkan lebih terfokuskan kepada pengguna barat.

4. Dribble

Platform selanjutnya yang cukup tenar untuk para desainer adalah dribble. Dribble seperti para temannya diatas adalah platform yang membolehkan para desainer mempromosikan karyanya. Hal yang menarik dari dribble adalah platform ini tidak memiliki gedung. Melainkan semua terjadi secara “remote” atau “jauh”. Karena dribble tidak dibatasi untuk pengguna adobe saja, maka tentu saja ini nilai plus. Ada banyak kategori desain grafis yang ada di dribble, mulai dari illustration, branding, typoghraphy, animasi, dan lain-lain. Ada banyak desain yang ada di pinterest berasal dari dribble sendiri. Di sini Anda bisa mencari pendesain, ataupun mencari pekerjaan desain dan tentu saja mempromosikan desain Anda.

Kelemahan :

Kita tidak bisa mengakses semua fitur yang ditawarkan dribble kecuali Anda membayar $5 perbulan untuk pronya dan Pro Business $15 perbulan. Tapi, walaupun berbayar Dribble sangat disarankan untuk mempromosikan desain Anda dan tentu saja fitur-fitur dasarnya sudah lebih dari cukup.

5. Facebook

Platform ini pasti sudah tidak asing lagi para orang Indonesia dan tentu saja Anda bisa mempromosikan jasa atau karya Anda ke dalam platform ini berbentuk foto ataupun video. Untuk menggunakan facebook dengan tujuan mencari pekerjaan adalah dengan memasuki grup desain, berteman dengan banyak orang. Dan usahakan untuk aktif bersosisal di desainer-desainer yang mirip dengan gaya Anda ataupun yang Anda sukai.

Kelemahan :

Platform ini tidak dibuat untuk para desainer jadi ada fitur-fitur yang tentu saja tidak ada di platform ini. Contoh fitur yang tidak ada :

Tidak ada yang namanya desain terbaik dalam kategori tertentu.

Desain tidak di tampilkan di halaman orang yang tidak mencari kita atau berteman dengan kita.

6. Twitter

Twitter dengan perkembangannya sudah memberikan kesempatan para penggunanya untuk menambahkan “media” yang mana adalah foto dan video. Kita bisa memberikan link ke website kita di media yang kita bagikan beserta penjelasannya dan tentu saja hashtag.

Kelemahan :

Hanya bisa memberikan penjelasan singkat terhadap desain/karya kita.

Dan sama seperti facebook yang mana platform ini tidak dibuat untuk mempromosikan desain secara khusus.

7. YouTube

Mungkin kita semua sudah tahu tentang platform ini. Terutama orang-orang Indonesia. Tidak banyak desainer yang menggunakan platform ini untuk mempromosikan desainnya. Walaupun platform ini dibatasi dengan konten yang berbentuk video saja. Ada banyak cara untuk mempromosikan desain kita atau jasa kita. Anda bisa memberi tahukan langkah-langkah yang Anda ambil dalam membuat desain Anda, dengan ini karya Anda tidak dibatasi dengan membuat desain saja, tetapi dengan merekam sekaligus proses desain Anda. Anda juga bisa memberikan penjelasan kenapa desain Anda terlihat dan alasan dari pengambilan keputusan desaIn Anda. Dan saya rasa masih banyak cara agar bisa mempromosikan desain Anda.

Kelemahan :

Hanya bisa upload video.

8. Linkedin

Platform ini cukup menarik karena dulunya situs ini ditujukan untuk orang-orang yang ingin mencari pekerjaan terutama di perusahaan. Sekarang sudah tidak lagi. Karena pekerjaan desain itu ada dan makin di cari di masa digital sekarang. Maka makin banyak pula orang yang mempromosikan dirinya atau karyanya di platform ini. Lalu menurut GaryVee yang merupakan orang yang cukup pintar dalam memperhatikan “perhatian” orang-orang, mengatakan bahwa Linkedin tidak cukup digunakan oleh para pembuat konten yang dalam hal ini adalah desain. Kelemahannya tentu saja sama dengan facebook dan twitter.

9. TikTok

Platform ini termasuk dalam platform yang menurut GaryVee kurang digunakan yang mana lebih banyak penggunanya atau penontonnnya daripada pembuat kontennya. Dan telah terbukti banyak sekali orang yang dengan kecepatan yang luarbiasa naikdari 100 ke 10000 yang padahal di platform lain mungkin ia biasa saja. Desain yang Anda bisa bagikan disini cumalah hal-hal yang berbentuk video. Tapi Anda jangan sedih hati bagi para desainer yang desainnya tentang gambar, Anda bisa memperihatkan proses pembuatan atau Anda bisa merekam hasilnya agar bisa diterima oleh TikTok. Dan tentu saja masih banyak cara lain agar desain Anda bisa di promosikan di platform ini.

Kelemahan :

hanya bisa mengupload video.

Video yang di unggah hanya bisa 60 detik.

10. Website

Salah satu hal yang bisa Anda ambil dalam mendirikan personal brand ataupun brand kelompok Anda adalah dengan membuat website. Dengan website, kita lebih bisa untuk mengendalikan konten yang ingin kita tampilkan dan bagaimana cara kita menampilkannya. Jadi, tidak heran ada banyak sekali website dalam berbagai bidang. Mungkin Anda memperhatikan semua sosial media diatas bisa di arahkan ke website kita. Selain untuk mempromosikan desain kita, kita juga bisa membuatnya untuk dijual. Entah itu websitenya secara keseluruhan atau cuma desain (template) website saja.

Kelemahan :

Menggunakan biaya seperti domain atau hostingan. Perlu belajar sedikit kodingan kalau mau lebih murah kalau tidak perlu menyewa orang.

Kesimpulan :

Jika Anda ingin mempromosikan diri Anda dalam platform yang terkhusus untuk desain seperti Dribble dan behance maka tentu saja Anda akan memiliki persaingan yang lebih ketat bersama dengan desainer-desainer lain, akan tetapi di situs-situs seperti ini orang-orang memang datang untuk melihat desain atau mencari desainer untuk dipekerjakan. Sedangkan jika Anda mempromosikan diri Anda di platform yang tidak dikhususkan untuk desain maka Anda akan menjadi salah satu konten diantara konten yang banyak sekali macamnya. Dan orang tidak dengan sengaja pergi mencari desain, tetapi hal ini bisa menjadi keunggulan karena bisa saja orang “tidak sengaja” melihat dan menyukai desain Anda.

Jadi saran saya promosikan diri Anda di hampir semua platform dan konsistenlah membuat desain sebanyak dan sebagus mungkin. Maka pada akhirnya Anda akan mendapatkan pekerjaan desain. Fans Anda pun akan terus meningkat, walaupun butuh waktu.





Loading...




Loading...