Loading...

Loading...

Tips WFH (Work From Home) agar tetap produktif

Ditulis oleh zidan Pada 29 April, 2020

Bagikan :


Tips WFH (Work From Home) agar tetap produktif


Sedikit penjelasan terhadap WFH (Work From Home). Pengertian secara gamblang-nya adalah “ bekerja dari rumah ”. istilah ini biasa di gunakan untuk memberitahukan teman kerja kita secara digital bahwa kita sedang bekerja dari tempat yang bukanlah kantor kita dalam waktu yang terbatas, sudah termasuk pula dari rumah.

Sebenarnya WFH ini bukanlah sesuatu yang baru, karena telah ada beberapa perusahaan yang telah menggunakan sistem ini. Ada beberapa penyebab digunakannya sistem seperti ini, beberapa diantaranya adalah tempat kerjanya memiliki sebuah proyek terbuka yang mana siapapun dapat berkontribusi terhadap proyek ini, atau perusahaannya memang telah di bentuk dengan karyawan dari beberapa negara.

Dengan adanya COVID-19 ( corona ) yang memaksa kita semua “terjebak” dalam rumah, maka kita semua terpaksa harus bekerja dari rumah. Walaupun hal ini baik bagi beberapa orang, akan tetapi tidak berlaku bagi semua orang. Adapun, bagi orang-orang yang beruntung untuk dapat bekerja dari rumah. Tidak dapat di pastikan semua orang sudah terbiasa bekerja dari rumah, saya yakin perlu ada penyesuaian agar pekerjaan dapat tetap produktif.

beberapa Tips-nya adalah.

1. Pastikan peralatan sudah siap

Hal yang saya maksud dengan “peralatan” di sini adalah hal-hal yang secara teknis memperbolehkan Anda bekerja dari rumah. Hal-hal yang masuk dalam hal permasalahan teknis ini adalah jaringan, perangkat lunak, dan perangkat keras.

Jaringan

Jaringan sangatlah penting dalam memperlancar melakukan pekerjaan dari rumah. Hal ini terjadi karena tidak bisa di pungkiri bahwa sebagian besar pekerjaan yang bisa di lakukan dari rumah akan membutuhkan interaksi secara daring baik itu untuk orang lain, atau mungkin dengan bos kita yang bisa saja hanya ingin memeriksa pekerjaan kita. Walaupun pekerjaan Anda sedang atau memang tak memerlukan adanya jaringan untuk tersedia, akan tetapi pasti Anda tetap akan diuntungkan jika tersedianya jaringan. Karena hal ini membuat Anda dapat mengakses informasi yang lebih leluasa dan lebih luas.

Perangkat Lunak

Tentu saja ada banyak perangkat lunak yang telah di sediakan untuk melakukan pekerjaan dari rumah. Hal ini karena seperti yang saya bilang tadi bahwa sudah ada beberapa perusahaan yang dari dulu melakukan pekerjaan dari rumah. Beberapa di antaranya adalah Zoom, Meet, Webex, Skype, dan masih banyak lagi

Perangkat Keras

Pastikan perangkat keras Anda bersih, kalau perlu lakukan pembersihan terhadap perangkat keras Anda, karena hal ini sangat berdampak terhadap ketahanan komputer, kalau komputer Anda berdebu, maka performanya pun dapat turun. Jadi bersihkan komputer Anda.

Anda bisa melakukan pembersihan sendiri atau pun menyewa jasa karena telah ada beberapa orang yang menawarkan hal ini.

Tagihan

Pastikan untuk membayar tagihan-tagihan Anda, jangan sampai listrik atau jaringan yang mati malah menghambat produktifitas Anda.

Jika sampai listrik Anda padam ketika Anda sedang mengerjakan proyek, perangkat keras Anda seperti komputer Anda dapat menerima kerusakan, beberapa berkas Anda bisa saja hilang, kalau pun Anda tak menggunakan komputer, seperti laptop misalnya, cas laptop Anda tetap memiliki kemungkinan untuk menerima kerusakan.

Kehilangan berkas bisa saja Anda hindari jika Anda secara rutin menyimpan pekerjaan Anda ke internet. Anda bisa memanfaatkan penyimpanan Google, Dropbox, MegaSync, dan lain-lain.

Tagihan lain yang tak kalah penting tentunya biaya internet Anda sendiri, pastikan Anda tak putus jaringan ketika sedang berkomunikasi dengan bos atau karyawan Anda, hal ini tentu saja akan sangat berpengaruh terhadap bagaimana Anda mengatur waktu Anda dan tentu saja performa Anda.

2. Kesehatan

Kesehatan secara fisik maupun mental sangatlah berpengaruh terhadap seberapa produktif seseorang dapat bekerja.

Kalau kesehatan terganggu maka tentu saja produktifitas kita menurun oleh karenanya tetap lah menjaga kesehatan Anda.

Bagi mereka orang-orang yang biasa nya tidak pernah berolahraga sebaiknya melakukan olahraga.

Saya mengatakan ini karena Anda masih bekerja di kantor tak rajin olahraga, akan tetapi ada perjalanan yang bisa saja membuat Anda berkeringat dan mana akan lebih sehat. Adapun kondisi sekarang di mana orang di himbau untuk tak keluar, maka Anda benar-benar tidak mendapatkan keringat dari perjalanan ke tempat kerja Anda.

Cukuplah Anda melakukan olahraga ringan seperti lompat tali dan sebagainya

Adapun orang yang biasanya olahraga akan tetapi di tempat tertentu seperti gym, Anda sebaiknya tetap olahraga, dengan menyesuaikan susunan latihan Anda dengan bentuk kalistenik (olahraga tanpa beban/ hanya menggunakan berat tubuh). ada banyak tutorial di internet masalah bagaimana Anda bisa menyesuaikan sesi latihan Anda dengan kalistenik.

Hal lain yang perlu Anda latih adalah mental Anda, sepertinya saya sudah sangat sering mengatakannya akan tetapi saya akan mengulangi lagi tentang seberapa penting kita bermeditasi untuk membuat pikiran kita tetap tenang.

hal ini sangat berguna untuk me “reset” atau mengembalikan lagi diri Anda keadaan yang hampir seimbang.

Kalau Anda orang yang religius, Anda sebenarnya cukup melakukan perintah (ibadah) dari agama Anda dengan serius, hal itu sebenarnya sudah lebih dari cukup.

Kalau Anda tak percaya dengan meditasi yang di tawarkan beberapa agama, Anda tetap bisa melakukan meditasi. Ada banyak penjelasan tentang bagaimana caranya melaksanakan meditasi.

Anda juga bisa menyewa orang untuk menuntun Anda bermeditasi.

3. Simulasikan tempat kerja Anda

Seperti yang kita ketahui bahwa ada banyak sekali faktor emosional yang dapat mempengaruhi tingkat produktifitas seseorang. Hal ini bisa saja kita manfaatkan untuk hal-hal baik seperti untuk WFH ini,

Beberapa cara agar kita dapat menyimulasikan hal ini adalah dengan cara memakai baju bagus atau baju kerja kita, menyediakan tempat khusus untuk Anda bekerja, sesuaikan dengan waktu Anda (berikan waktu khusus), dan memperbaiki postur Anda ketika bekerja.

Berikut adalah penjelasan beberapa hal yang dapat menyimulasikan tempat kerja Anda.

Mulai hari dengan benar

Ketika kita memulai hari dengan benar, maka kita dengan sendirinya akan melaksanakan sisa hari itu dengan baik pula, ada pidato dari seseorang jendral yang mengatakan bahwa kita harusnya memulai hari dari jam 5 pagi, dan mengawalinya dengan merapikan ranjang kita.

Hal kecil itu membantunya mencapai kesuksesan yang ia dapatkan sekarang ini. Bukunya pun terjual laris.

Hal ini pun di akui oleh banyak orang seperti Mel Robbins, Tim Cook, dan masih banyak lagi.

Memakai baju bagus atau baju kerja

Dengan kita memakai bagus kita atau baju kerja kita, kita dengan sendiri nya membuat diri kita merasa berbeda. Hal ini dengan sendirinya membuat kita merasa siap untuk bekerja. Hal ini juga tentu saja membuat kita merasa lebih baik jika di bandingkan dengan menggunakan baju yang rapi.

Bukan cuma baju Anda yang harus rapi, akan tetapi secara keseluruhan Anda harus tetap berpenampilan sebaik mungkin agar dapat membuat Anda lebih ter-sugesti untuk fokus dalam bekerja. mulai dari rambut sampai sepatu kalau perlu.

Menyediakan tempat khusus untuk Anda bekerja

Tempat yang Anda sediakan setidaknya membuat Anda merasa telah “keluar” atau pindah dari tempat Anda bersantai atau dari tempat tidur Anda.

Saya tak mengatakan kalau Anda tak boleh bekerja dari kasur Anda, akan tetapi yang saya katakan adalah sebaiknya Anda membedakan di mana tempat Anda bekerja dan di mana tempat Anda bersantai.

Sesuaikan dengan waktu Anda (berikan waktu khusus)

Dengan Anda memberikan waktu tertentu untuk bekerja, Anda dengan sendirinya akan lebih teratur dalam bekerja, hal ini memungkinkan Anda untuk memiliki sebuah jadwal yang harus Anda ikuti, dan dengan sendirinya akan lahir kebiasaan.

Hal ini juga berguna kepada orang-orang lain yang ada di rumah Anda. Hal ini memungkinkan mereka untuk tahu kapan waktu kerja Anda. Sehingga mereka tahu kapan untuk tak mengganggu Anda saat bekerja.

Memperbaiki postur Anda ketika bekerja

Ketika Anda bekerja di kantor, pasti Anda berusaha untuk memperbaiki postur Anda sebaik mungkin.

Mungkin saja Anda “merasa” lebih nyaman ketika Anda bekerja dalam posisi tengkurap, akan tetapi hal ini tidaklah sehat jika di lakukan secara lama dan secara rutin. Sebaiknya Anda memperbaiki postur Anda ketika bekerja, karena hal ini akan lebih bermanfaat secara panjang.

mencoba Pomodoro

Anda juga bisa mencoba sebuah teknik yang namanya Pomodoro untuk membuat Anda tetap termotivasi dan terdorong untuk menyelesaikan pekerjaan Anda

https://muhzulzidan.com/penjelasan-teknik-pomodoro-pomodoro-technique

Kesimpulan

Pada dasarnya hal-hal ini hanya-lah alat bantu, dan alat bantu ini tak akan berguna kalau Anda sendiri tak bisa mengatur kehidupan Anda. Secara sadar mengambil keputusan dan berani bertanggung jawab terhadap konsekuensinya.





Loading...




Loading...