Loading...

Loading...

Website Dalam Bisnis

Ditulis oleh zidan Pada 21 August, 2020

Bagikan :


Website Dalam Bisnis

Photo by fauxels from Pexels

Saya tersadar kalau ternyata tidak semua orang paham akan kegunaan atau pentingnya memiliki website untuk bisnis yang ia miliki, akan tetapi agar Anda bisa paham pentingnya website dalam bisnis maka, Anda perlu mengetahui dahulu apa pengertiannya.

Pengertian website

Website adalah sebuah situs seperti yang Anda kunjungi sekarang yang setidaknya memiliki halaman seperti yang Anda lihat sekarang yang setidaknya tersimpan pada perangkat keras yang di sebut server, dan secara bersamaan menyala dan terhubung dengan internet agar Anda dapat mengakses-nya menggunakan nama domain tertentu, contohnya seperti : muhzulzidan.com atau Google.com.

Website biasa di sebut oleh beberapa orang sebagai situs, padahal hal ini sebenarnya tidak terlalu benar karena situs sendiri dapat mengacu kepada hal-hal lain seperti lokasi kejadian, atau terkadang juga kadang di tujukan kepada daerah temuan benda-benda purbakala (menurut KKBI).

Hal yang benar adalah situs web.

Analogi

Saya suka menggunakan analogi untuk menjelaskan website karena hal ini setidaknya lebih mudah untuk di pahami.

Kita semua tahu terhadap konsep rumah yang harus memiliki tanah, dan jalan agar mudah untuk mengakses-nya.

Anggap saja website itu rumah, lalu tempat website itu adalah hosting, dan nama jalan tadi adalah URL(Uniform Resource Locators)-nya atau bisa di sebut sebagai domain-nya.

Sedikit sejarah

Website pada awal penciptaan-nya yang tepatnya 1990, oleh Tim Benners Lee ini adalah untuk membuat informasi antara peneliti bisa lebih lancar.

Jadi tidak heran kalau tujuan utama dari kebanyakan sampai sekarang itu pada intinya adalah memberikan informasi kepada khalayak yang lebih luas.

Akan tetapi, seiring waktu website ini berubah dan berkembang dari yang hanya memberikan informasi atau setidaknya informasi yang di sebarkan menjadi lebih beragam, bukan lagi hanya dalam rana sains.

Manfaat untuk website

Ada banyak manfaat yang bisa di dapatkan dengan memiliki website, terutama bagi Anda yang memiliki usaha atau bisnis.

Mungkin ada yang belum tahu apa itu konten ? , pada dasarnya konten adalah informasi dalam media elektronik.

Berikut adalah beberapa diantaranya :

Menambah kredibilitas

Menurut survey 2015 yang telah di lakukan oleh Verisign yang merupakan penyedia domain beserta penyedia infrastruktur internet, mengatakan kalau 84% pembeli percaya kalau memiliki website dapat membuat bisnis menjadi lebih kredibel.

Kepercayaan adalah hal yang penting untuk dimiliki sebuah bisnis dan website sudah terbukti dapat membuatnya seperti itu.

Email khusus

Email sangat penting untuk bisnis, akan tetapi tidak semua orang paham terhadap ini. Beberapa hal yang membuat email itu penting adalah dengan menggunakan email Anda dengan sendiri terlihat lebih professional, email sudah menjadi standar dunia, dan masih ada banyak lagi yang membuat email itu penting dalam bisnis.

Ketika kita ingin membuat sebuah website, maka kita akan memilki domain dan hosting.

Domain tadi bisa kita gunakan untuk email kita. Contohnya seperti bisnisAnda.com bisa kita gunakan menjadi admin@bisnisAnda.com.

Hal ini tentu saja dengan sendirinya dapat membuat bisnis terlihat lebih professional ketika mengirim email.

Dengan hostingan, Anda bisa menerima email dengan lebih aman kalau di bandingkan Gmail yang mana merupakan kepunyaan Google yang dengan sendiri memberikan akses kepada Google.

Akan tetapi kalau Anda suka menggunakan Gmail karena lebih familiar dan tetap menggunakan email khusus, hal ini tentu saja tetap bisa di lakukan.

Informasi Resmi

Dengan website sendiri Anda bisa menuliskan informasi yang resmi terhadap bisnis Anda, jadi orang-orang bisa mengonfirmasi hal-hal dengan mengunjungi website Anda.

Hal ini sama hal nya dengan verified dalam Instagram, akan tetapi Anda menggunakan website untuk memberikan informasi “asli” brand Anda.

Anda juga bisa memberikan pertanyaan yang sudah sering di jawab beserta jawabannya atau kalau pertanyaan-nya tidak ada, maka Anda bisa menawarkan fitur tanya jawab di dalam website Anda.

Sebagai Penambah Pelanggan

Orang-orang sekarang suka sekali mencari sesuatu di internet, misalnya seseorang mau membeli sepatu, akan tetapi ia bingung sepatu apa yang bagus untuk di beli dan apakah harganya pas di kantongnya.

Hal ini bisa menjadi kesempatan bagi Anda yang merupakan penjual sepatu untuk memberikan informasi yang lengkap terhadap hal-hal ini dan sekaligus mempromosikan jualan Anda.

Tempat berjualan

Bisnis yang berbentuk produk bisa melakukan transaksi di website Anda sendiri.

Hal ini membuat Anda menjual dengan lebih leluasa berbeda dengan ketika Anda menjual di tempat seperti marketplace seperti bukalapak, dll.

Lebih leluasa karena di marketplace seperti itu, pasti ada biaya dan aturan yang mau tidak mau harus di patuhi oleh orang-orang yang berjualan di dalamnya.

Dengan membuat pelanggan tak keluar dari website Anda, maka akan lebih banyak kemungkinan untuk pelanggan melihat hal-hal yang Anda tawarkan tanpa saingan lain seperti di marketplace.

Penghubung semuanya

Website menghubungkan semua hal yang bisnis Anda tawarkan menjadi satu.

Tidak semua konsumer Anda melihat Instagram Anda, mungkin ia hanya melihat Anda di Facebook, atau mungkin di sosial media lain.. padahal tidak semua sosial media “cocok” untuk konten tertentu, walaupun setiap sosial media terkadang berusaha untuk membuat penggunanya lebih bebas dalam mengupload konten.

Hal ini beda lagi kalau Anda memiliki website sendiri, karena dengannya, Anda bisa memberikan update terbaru terhadap setiap sosial media Anda, serta memberikan konten yang tidak akan cocok di sosial media tertentu, karena di website Anda lebih bebas.

Iklan di Google

Dalam dunia marketing ada yang namanya SEO ( Search engine optimization ) yang pada intinya cara seseorang atau sebuah pemilik website membuat tulisan atau kontennya muncul di pencarian teratas, entah itu di Google, Youtube, dll.

Khusus untuk Google, akan lebih susah untuk Anda kontrol apa yang masuk ke pencarian teratas jika Anda tidak memiliki website sendiri.

Susah di kontrol karena bisa saja ada konten sosial media Anda yang muncul, atau maps Anda yang muncul atau bisa saja situs lain yang memiliki SEO yang lebih baik terhadap kata kunci yang sebenarnya bisa Anda miliki. Seperti nama bisnis Anda, hal yang bisnis Anda tawarkan.

Mungkin Anda sudah tahu ini atau tidak sama sekali, bahwa Google memberikan kita untuk beriklan di pencariannya, dengan membayar kepada Google, Anda bisa membuat website Anda menjadi yang teratas dalam kata kunci tertentu.

Hal ini baru bisa Anda lakukan jika Anda punya website terlebih dahulu.

Kekurangan memiliki website

Hal utama yang membuat memiliki website itu tidak baik adalah ketika Anda, tidak punya budget (biaya) untuk itu, mungkin terdengar biasa saja, akan tetapi ada banyak orang yang saya temukan tidak paham dulu apa itu website, untuk apa itu website, dan kenapa perlu ada website padahal sudah memiliki website.

Sebenarnya hal ini tidak masalah akan tetapi, pengalaman saya lebih baik di pikirkan dahulu matang-matang sebelum mengeluarkan uang, terutama dalam bisnis.

Biaya apa saja sih yang saya maksud :

  1. Biaya pembuatan

    Tentu website tidak bisa Anda dapatkan secara gratis, karena minimal sekali ada biaya membeli domain, dan membeli hostingan, di tambah lagi tentu saja ada upah untuk menyewa orang untuk membuat website.

    Sebenarnya tidak perlu menyewa orang untuk membuat website karena telah banyak alat untuk membuat website, akan tetapi tentu saja website Anda mungkin saja akan terlihat tidak terlalu professional, jadul, dan mirip dengan website yang lain.

  2. Biaya perawatan

    Walaupun Anda tidak memakai jasa orang untuk membuat website, akan tetapi pada waktunya Anda akan di hadapkan dengan masalah teknikal yang hanya bisa di selesaikan oleh orang-orang yang pintar juga.

  3. Biaya pengolahan

    Biaya pengolahan yang saya maksud di sini adalah biaya untuk menjalankan website Anda. Tentu saja Anda sebagai pemilik bisnis, tidak bisa menjalankan website Anda sementara ada keperluan bisnis yang lain. Untuk hal-hal seperti ini sebenarnya tidak butuh orang yang ahli sekali, akan tetapi dengan catatan “tidak baik”.

    Ada beberapa hal yang perlu diolah dalam bisnis :

    1. Memberikan “konten” ke dalam website Anda.
    2. Mengecek apakah ada pesan masuk dari website Anda.
    3. Menjawab pertanyaan kostumer di website Anda.
    4. Memastikan website Anda dengan brand Anda sejajar.

Referensi :

https://blog.verisign.com/getting-online/verisign-2015-online-survey-97-percent-of-smbs-would-recommend-having-a-website-to-other-smbs/ . https://en.wikipedia.org/wiki/Web_page

https://en.wikipedia.org/wiki/Website

https://en.wikipedia.org/wiki/Web_server

https://id.wikipedia.org/wiki/Laman

https://www.forbes.com/sites/theyec/2020/02/03/why-every-business-needs-a-website/#5d0144b6e75c

https://www.xendit.co/id/blog/pengertian-website-dan-manfaatnya-untuk-bisnis-anda/





Loading...




Loading...