3 Aktivitas Bermanfaat Pengisi waktu luang

Ditulis oleh rahmat Pada 24 March, 2020

Bagikan :




Terkadang seseorang memiliki waktu yang lebih, apalagi ketika waktu libur telah tiba, yang di lakukan cuma baring bahkan sampai tidur seharian, nonton, main game, dan itu-itu aja bahkan sampai berulang-ulang.

Ketika waktu mu luang namun tak tau mau berbuat apa, mungkin mengisi nya dengan kegiatan yang akan memberikan keuntungan akan sangat mengesankan apalagi jikalau yang dilakukan itu adalah kegiatan yang menyenangkan.

Beberapa aktivitas di bawah bisa kamu lakukan sembari mengisi waktu mu dari pada terbuang percuma, diantaranya:

1. Membaca buku atau bahkan menulis buku.

Membaca adalah sebuah aktivitas menambah wawasan. Membaca adalah kegiatan bermanfaat yang akan menambah kapasitas keilmuan seseorang, apalagi jika buku yang dibaca memenuhi kriteria keilmuan, bukan cuma cerita fiksi yang isinya cuma dongeng belaka. Kalo nggak salah fiersa besari pernah berkata seperti ini nih, ketika seseorang banyak makan maka yang dikeluarkan akan banyak juga dan hubungan nya dengan membaca adalah ketika seseorang banyak membaca maka apa yang akan disampaikan nya tentang ilmu yang bermanfaat juga akan banyak. Mungkin teman-teman semua tau tentang bagaimana posisi dan derajat orang berilmu daripada orang yang tidak berilmu. Orang yang tidak atau kurang dalam hal keilmuan Itu bagaikan seseorang yang berada dalam kegelapan dan hanya memiliki senter kecil yang cahaya nya sangat kecil, sedangkan orang yang berilmu itu bagaikan seseorang yang berada dalam kegelapan yang memiliki peralatan canggih yang mampu membuat banyak cahaya disekeliling nya sehingga dia bisa menatap dan melangkah ke arah mana saja yang dia inginkan.

Tidak sampai di sini saja, sembari membaca seseorang juga bisa kok menulis. Yang di tulis nya itu juga bisa bermacam-macam bentuk, bisa puisi, cerpen, novel, atau bahkan juga bisa menulis buku-buku keilmuan, misalnya buku tentang politik, usaha, dan semacam nya.

Menulis juga akan membantu seseorang dalam mengikat ilmu yang telah dimiliki nya, mengikat nya bukan dengan tali pada sebuah kertas, namun dengan menggunakan tinta lalu menuliskan nya pada lembaran demi lembaran kertas.

Klik di bawah untuk membeli buku di GRAMEDIA.

2. Berolahraga

Semua orang juga tau bahwa dengan berolahraga akan menyehatkan seseorang, membuat tubuh akan menjadi lebih dan lebih ketimbang tidak berolahraga. Beberapa orang menjadikan olahraga sebagai sebuah bentuk kegiatan yang menyenangkan, ketika bermain dan melakukan kegiatan olahraga ia akan merasa senang. Berolahraga bisa dilakukan di mana saja lho, meski tergantung dari jenis olahraga nya sih. Misalnya, push up dapat di lakukan di rumah, di sekolah, di kampus, dimana saja asal ada waktu dan keinginan untuk melakukan nya. Bukan cuma satu jenis olahraga itu yang bisa di lakukan di rumah, masih banyak kok jenis olahraga lain yang bisa dilakukan seperti, sit up, angkat beban (jika punya alat), bermain catur, dan masih banyak lagi jenis olahraga yang bisa dilaksanakan di rumah.

3. Belajar memasak.

Nah pilihan yang ke tiga ini sangat cocok bagi kalian-kalian yang sangat suka makan, hehhee. Memasak dapat membantu menciptakan mood kalian menjadi lebih baik, apalagi ketika sampai pada moment icip-icip, ya mencoba masakan sendiri. Pahit, asin, asam, gosong jangan dulu pikirkan itu, apapun hasilnya bagaimanapun rasanya, yang penting kalian senang dan tentunya sangat berharga ilmu nya. Ketika masakan terasa asin maka, kalian juga yang akan mencobanya, jadi tak usah khawatir terhadap komentar orang lain. Apalagi ketika masakan yang di masak ternyata gosong, paling kalian Akan menertawakan diri sendiri. Dan satu hal yang paling istimewa, apabila masakan yang kalian buat mendekati kata sempurna dan itu dimakan oleh orang yang dianggap sebagai penyempurnaan, orang terkasih, misal suami atau istri.

Daripada waktu terbuang percuma dengan cuma baring dan tidur di atas kasur, mendingan kalian melakukan kegiatan seperti yang tertera di atas. Barangkali mampu mengisi waktu luang serta kegiatan yang mampu menghilangkan kebosanan dan yang paling penting, pasti akan bermanfaat bagi diri pribadi. Semoga bermanfaat dan membantu untuk mengisi aktivitas kalian (bagi yang tidak tau mau melakukan apa dan bagaimana).