Cara memotivasi diri sendiri

Ditulis oleh rahmat Pada 04 June, 2022

Bagikan :


Cara memotivasi diri sendiri


Pernah ngak kamu berpikiran "aduh ada tugas, mana malas banget lagi ngerjainnya" Atau "Nanti dulu ah, scroll tik tok sekali lagi, sekali lagi, sekali lagi, ehh... Akhir berjam-jam scroll tik tok akibat kata sekali lagi. Biasanya nih, orang-orang kayak gitu suka banget bilang, " Enak banget yah jadi kamu, kerjaannya cepat selesai" dan kalimat-kalimat serupa lainnya.

Ya, gimana yak, bukannya mau berterus-terang bilang salah, tapi coba deh lihat perjuangan mereka, mereka tuh dapatin hal yang seperti itu tidak dengan duduk lalu scroll tik tok berjam-jam, tidak dengan sibuk rebahan sambil berpelukan dengan guling. Ya enggak, mereka tuh berusaha.

"Yaudah deh kak mereka memang berusaha, tapi kok aku males banget ya, padahal pengen banget seperti mereka_eh ternyata bawaannya pengen santai aja terus, rebahan sambil ngescroll tiktok, itu gimana cara ngobatinnya kak?" Eitss tenang-tenang, ada caranya buat mengembalikan semangat dan memotivasi diri sendiri. Yuk simak!

Sebelum lanjut ke tips memotivasi diri sendiri, ada baiknya jika kita tau apa itu memotivasi diri sendiri. Memotivasi diri sendiri adalah sebuah usaha memberikan dorongan pada diri sendiri untuk bergerak mengambil tindakan demi tercapainya suatu tujuan.

Jadi memotivasi diri sendiri itu asalnya dari dalam diri kita, tidak dari luar. Kak kenapa tidak dari luar? Karena jika dari luar maka akan membuat seseorang mengalami ketergantungan. Misalnya, apabila kamu mau mengerjakan tugasmu karena ucapan semangat dari gebetanmu, maka kamu akan merasakan semangat yang membara dalam diri kamu untuk mengerjakan tugas itu, tapi jika ucapan semangat itu tidak kamu dapatkan lagi, maka kamu akan kembali ke kebiasaan kamu yang buruk, yaitu malas-malasan, rebahan dan sebagainya.

Lalu bagaimana caranya kak untuk memotivasi diri sendiri? Tenang-tenang, terkait bagaimana cara untuk memotivasi diri sendiri, kami sudah merangkumnya menjadi beberapa bagian yaitu sebagai berikut.

  1. Buat alasan yang kuat ketika ingin meninggalkan pekerjaan

Misalnya ketika kamu punya pekerjaan nih dan itu lumayan penting. Ketika kamu tinggalkan tentu akan bermasalah dong. Nah biasanya ketika kita yang mempunyai pekerjaan, kemalasan sangat mudah muncul.

Sebelum kemalasan muncul dan membuatmu tidak mengerjakan pekerjaan itu, sebaiknya segera kerjakan. Apabila kamu ingin meninggalkan pekerjaan itu, buatlah alasan kuat yang mampu menyaingi pentingnya pekerjaan kamu. Misalnya kamu punya PR, jangan pernah tinggalkan PR itu pergi ke cafe untuk bersenang-senang sebelum PR itu selesai.

  1. Kurangi atau hilangkan pemicu kemalasan

Dewasa ini, hal yang paling besar potensinya untuk memicu kemalasan adalah ponsel. Kenapa? Karena pada ponsel banyak sekali fitur-fitur yang menggoda untuk membuat pekerjaan yang kita miliki di tinggalkan.

Jika menurut mu, ada satu aplikasi yang sangat sulit kamu hindari, agar aplikasi tersebut tidak terlalu memicu kemalasanmu, minimal letakkan aplikasi pada tempat yang paling sulit kamu akses di ponsel mu, atau buat pola yang membuat kamu malas untuk membuka aplikasi itu.

Cara di atas jika kamu enggan untuk menghapusnya. Tapi ya pasti jauh lebih efektif ketika kamu menghapus aplikasi tersebut.

  1. Beri penghargaan kepada diri kamu sendiri

Jika kamu telah selesai melakukan sesuatu, beri penghargaan pada dirimu.

Kak caranya bagaimana?

Cara paling sederhananya adalah dengan melakukan positif self talk, yaitu dengan berbicara positif kepada diri sendiri di depan cermin sambil tersenyum "kamu hebat/kamu luar biasa/terima kasih ya" Dan ungkapan-ungkapan penghargaan lainnya.

Kamu juga bisa kok keluar ruangan untuk menenangkan tubuh dan pikiran, seperti pergi ke pantai dan sebagainya. Tergantung bagaimana nyamanmu.

  1. Istirahat yang cukup

Istirahat yang cukup itu diperlukan loh.

Jika kamu ingin mendapatkan motivasi yang baik untuk dirimu sendiri, maka kamu tentu membutuhkan tubuh yang segar bugar. Nah salah satu cara untuk mendapatkan tubuh segar bugar itu adalah istirahat yang cukup.

Kamu bisa mengatur tidurmu sekitar 7-9 jam per hari, ya kalau bisa selingi dengan tidur siang.

Dengan beristirahat yang cukup, maka kamu akan merasakan kebugaran sehingga membuat mood mu untuk mengerjakan sesuatu dengan semangat yang lebih.

  1. Buat pekerjaanmu semenyenangkan mungkin

Jika pekerjaaan mu tidak menyenangkan, pasti kamu akan kesulitan/enggan untuk mengerjakannya. Nah kamu bisa membuat pekerjaan itu menyenangkan dengan banyak cara.

Cara paling sederhananya adalah, mendengarkan musik kesukaan kamu sambil bekerja, jika bisa coba pindah meja atau ke luar ruangan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Jika kamu melakukan itu, pasti perasaan mu terhadap tugas tersebut akan jauh berbeda, sehingga kamu lebih termotivasi untuk mengerjakannya.





Loading...




Loading...