Loading...

Loading...

6 hobi penghasil uang di rumah (versi COVID-19)

Ditulis oleh rahmat Pada 24 April, 2020

Bagikan :


6 hobi penghasil uang di rumah (versi COVID-19)


Hobi adalah segala sesuatu yang dilakukan atas dasar ketertarikan yang dilakukan untuk mendapatkan kesenangan. Akan tetapi bagaimana jika kita bisa memanfaatkan hobi kita sebagai penopang hidup.

Terutama di saat sekarang ini, di mana kita di anjurkan untuk tetap berada di dalam rumah. Di satu sisi kita sadar pentingnya kita untuk tak keluar rumah, akan tetapi di sisi lain kita sadar bahwa kita juga butuh penghasilan untuk menopang kehidupan kita.

Berikut adalah beberapa hobi dari rumah yang berpotensi menghasilkan uang.

1. Menulis

Ketika masih duduk di bangku sekolah, teman-teman pasti pernah diperintahkan untuk menulis sebuah karangan oleh bapak/ibu guru. Karangan tersebut bisa berupa pengalaman selama waktu libur, selama sekolah, bersama keluarga dan berbagai hal lainnya yang kadang diperintahkan oleh guru di sekolah.

Semua orang sebenarnya bisa menulis, hanya saja kualitas tulisan setiap orang berbeda-beda. Hal ini tentu sangat berkaitan dengan pengolahan kata dan pemahaman terhadap diksi yang di gunakan. Tentu jika hal tersebut di pahami, maka akan lebih meningkatkan kualitas tulisan.

Menulis merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat. Selain bermanfaat bagi penulis, tulisan juga bermanfaat bagi para pembaca.

Seseorang yang memiliki hobi menulis akan lebih membantunya dalam membuat tulisan karena menulis baginya merupakan sesuatu yang menyenangkan.

Menulis mungkin sudah kita ketahui bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang berpotensi sangat menguntungkan dan bisa membantu dalam menghasilkan pundi-pundi rupiah. Caranya, bisa dengan membuat dan menerbitkan sebuah buku, namun tidak hanya terbatas pada persoalan itu, seseorang juga bisa menghasilkan uang dengan menjadi blogger, membuat tulisan untuk berita, membuat tulisan untuk perusahaan tertentu, atau pun membuat tulisan untuk blog seseorang.

2. Desain grafis

Desain grafis adalah kegiatan yang cukup menjanjikan untuk mendapatkan tambahan penghasilan, bahkan tidak jarang banyak orang yang menjadikan desain grafis sebagai pekerjaan utamanya, karena dianggap sebagai penghasil pundi-pundi uang yang cukup menjanjikan.

Kebutuhan orang-orang terhadap seseorang yang pandai mendesain adalah peluang yang tentunya bisa untuk dimanfaatkan atau dengan kata lain menjual jasa kepada orang lain atau perusahaan yang membutuhkan kemampuannya untuk mendapatkan penghasilan.

Lalu bagaimana jika mendesain adalah sebuah hobi? Ya tentu akan sangat bagus, karena hobi adalah sesuatu yang disenangi maka dalam pengerjaannya tidak akan mudah membuat seseorang menjadi bosan karena adanya pikiran bahwa kegiatan ini (desain grafis) adalah sesuatu yang menyenangkan. Jadi dalam mengerjakannya akan terasa menyenangkan.

Jika seseorang memiliki hobi desain grafis dan hasil dari desain nya cukup dan membuat banyak orang tertarik terhadap hasil karyanya, maka orang-orang tidak akan sungkan menggunakan jasanya untuk membuat mendesain, tentu itu akan menguntungkan dan akan mampu menjadi sumber penghasilan.

3. Mengedit (Video, Foto)

Seseorang yang gemar membuat video atau foto, tentu membutuhkan proses lanjutan berupa pengeditan. Seorang yang memiliki hobi mengedit, bisa mengunggah hasil editan nya ke sosial media. Tentu hal tersebut berpeluang menguntungkan.

Tidak sampai di situ saja, seseorang yang memiliki kapasitas pengeditan yang baik, orang-orang akan tertarik dengan hasil editan nya dan tidak akan segan-segan menggunakan jasanya. Nah, di sinilah peluang bagi seseorang yang memiliki hobi mengedit, antara membuat video sendiri kemudian mengeditnya lalu mengunggah di sosial media yang tentunya berpeluang memunculkan penghasilan atau, menjual jasanya kepada orang-orang yang membutuhkan.

4. Teknologi (coding)

Bagi kalian yang sudah mengasah kemampuan “coding” kalian, saya rasa hal ini adalah kesempatan emas di mana makin banyak orang yang tinggal di rumah saja, membuat makin banyaknya penggunaan teknologi.

Ada beberapa hal yang Anda bisa berikan tergantung dari kemampuan coding Anda.

bagi kalian yang fokus pada web, Anda bisa saja membuat website ( situs ) untuk orang-orang atau perusahaan - perusahaan yang memindahkan atau mengembangkan usaha mereka.

Bagi kalian yang fokus pada game, Anda bisa membuat permainan yang paling cocok untuk mengisi kekosongan waktu orang-orang yang tinggal di rumah.

Anda bisa saja membantu permasalahan-permasalahan teknis yang terjadi pada saat konferensi online misalnya.

5. Memasak

Bagi kalian yang hobi memasak, Anda bisa saja memasak masakan di rumah lalu menyebarkannya lewat internet, kemudian mengantar Anda pesanan nya.

Terutama pada saat sekarang yang bertepatan masa ramadan yang mana makin banyak jenis makanan yang ingin di makan oleh orang-orang. Hal ini selalu terjadi setiap ramadan, di mana masakan malah semakin laris dan semakin beragam. Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menjual masakan yang sesuai dengan perut orang indonesia yang lagi berpuasa ini.

6. Musik

Ada banyak orang yang suka dengan musik, akan tetapi tidak semua orang mau dan rela untuk menghabiskan waktu mereka untuk mengembangkan kemampuan bermusik yang ingin di miliki.

Kalau pun Anda tak jago dalam bermusik sekarang, sekarang adalah kesempatan yang sangat baik untuk mempelajari hal yang mungkin saja dari dulu Anda tak punya waktu untuk mempelajarinya.

Hal ini karena kita semua terjebak dari rumah, dan Anda pastinya akan memiliki waktu yang lebih lowong dari pada biasanya.

Adapun bagi Anda yang sudah mahir, atau setelah Anda mahir bermusik, saatnya Anda membuat musik sendiri, karena dalam dunia musik, mau tidak mau Anda harus menghasilkan setidaknya satu lagu Anda sendiri yang bebas dari hak cipta, sehingga permasalahan hukum dan pajaknya jelas.

Kesimpulan

Mungkin saja hobi Anda tidak ada di sini, karena saya sadar kalau tidak semua hobi bisa di lakukan di rumah. Akan tetapi, ada juga beberapa hobi yang sebenarnya tidak langsung menghasilkan uang dari pekerjaan itu, akan tetapi dari tempat lain. Hal yang saya maksud adalah menjadi seseorang yang mendokumentasikan dirinya melakukan hobinya. Lalu hal ini kemudian di unggah ke internet. Contohnya, kalau Anda suka berolahraga misalnya, Anda bisa saja merekam sesi olahraga Anda lalu menguploadnya ke internet seperti di YouTube misalnya.

Saya rasa platform seperti Youtube, TikTok, dan lain-lainnya itu benar-benar membuka kesempatan kepada kita untuk mencari uang. Hal ini saya katakan karena kita bisa saja belajar sambil mendapatkan uang. Melakukan hobi kita sambil mencari penghasilan.

Hal lain yang bisa kita manfaatkan dari hobi-hobi kita itu adalah dengan mengajarkan hal-hal yang Anda dapat selama melakukan hobi itu sendiri, misalkan Anda suka menulis, maka Anda bisa membagikan kesusahan Anda menulis, cara menulis yang benar bagaimana, dan lain-lain. Dengan demikian Anda bisa menjual kursus Anda lewat beberapa platform seperti skillshare, udemy, dan lain-lain.





Loading...




Loading...