Apa Itu Bipolar Disorder (Film Kukira Kau Rumah)

Ditulis oleh rahmat Pada 12 February, 2022

Bagikan :


Apa Itu Bipolar Disorder (Film Kukira Kau Rumah)


Beberapa hari yang lalu rilis film yang berjudul "kukira kau rumah", ya apa hubungannya coba? Mau bahas film? Atau mau promosi film?

Ya engak lah!

Yuk lanjut!

Ya beberapa hari yang lalu sebuah film berjudul "Kukira kau rumah" Di garap dan tayang di Indonesia. Ada banyak adegan yang ditampilkan dalam film itu, seperti kisah cinta (romance), kehidupan dalam rumah (keluarga) dan tentunya gangguan mental (bipolar disorder). Hanya saja kita tidak akan mereview film, atau membahas semua adegan-adegan dalam film "kukira kau rumah" tapi kita akan fokus pada bagian gangguan mental, yaitu Bipolar disorder.

Penasaran? Yuk lanjut membaca.

Apa itu Bipolar disorder?

Bipolar disorder atau gangguan bipolar adalah gangguan mental yang menyebabkan pengidapnya mengalami perubahan suasana hati, energi, serta cara melaksanakan aktivitasnya setiap hari. Pengidap bipolar disorder memperlihatkan kondisi di mulai dari sangat bahagia/gembira atau bersemangat menjadi sangat sedih atau sangat tidak bersemangat.

Perubahan perilaku yang terjadi pada pengidap bipolar disorder ini bisa terjadi secara tiba-tiba, bisa pula terjadi secara berangsur-angsur. Ya semuanya tergantung dari seberapa berat gangguan mental seseorang dan pemicu terjadinya bipolar disorder ini.

Selain bipolar disorder, gangguan mental ini juga kadang dinamai dengan Manik depresif.

Penyebab Bipolar Disorder

Tidak ada yang mengetahui secara pasti penyebab dari bipolar disorder ini, hanya saja besar dugaan bahwa kondisi ini diakibatkan oleh lingkungan, faktor bawaan dari orang tua, penderita memiliki pengalaman yang membuatnya merasakan trauma, kecanduan alkohol dan obat-obat terlarang.

Gejala Bipolar Disorder

Pengidap bipolar disorder sebagian besar adalah orang-orang yang berusia dewasa awal, atau sekitaran 25 tahun. Namun tidak cukup sampai di situ, kita juga harus tetap waspada sebab bipolar disorder tidak dapat dipastikan tidak menyerang anak-anak dan orang tua.

Sehingga dengan begitu, semua orang dipastikan memiliki potensi yang sama untuk menderita gangguan ini, hanya saja besaran potensi yang di miliki setiap orang berbeda-beda. Ada yang tinggi dan ada yang rendah.

Gejala penderita gangguan bipolar ini dapat kita lihat dari perubahan suasana hati yang penderita perlihatkan dalam berinteraksi sehari-hari. Penderita bipolar disorder akan menunjukkan perubahan mood yang sangat signifikan. Yaitu hanya dalam hitungan hari, seseorang yang mengidap bipolar disorder akan mengalami perubahan sikap yang diakibatkan oleh perubahan suasana hati. Bahkan ada juga penderita yang mampu berubah hanya dalam hitungan jam.

Selain gejala di atas, ada pula gejala lainnya seperti.

  1. Tiba-tiba pengidap merasa sangat bahagia dan memiliki semangat yang sangat menggebu.
  2. Minat pengidap turun pada satu atau beberapa kegiatan tertentu.
  3. Sulit tidur.
  4. Pengidap akan merasa sangat bersalah pada beberapa hal.

Menangani Bipolar

Sejauh ini, tidak ada cara khusus yang mampu di gunakan untuk secara aktiv menghentikan bipolar disorder. Namun untuk menghentikan beberapa gejala dan mengurangi frekuensi resiko munculnya gangguan sehingga pengidap mampu menjalani kehidupan sehari-hari dengan normal, penderita mampu menguranginya dengan menerapkan perilaku hidup sehat dengan meminimalkan potensi munculnya gangguan, seperti menjauhi pemicu-pemicu munculnya gangguan, mengonsumsi obat-obatan khusus, melakukan konsultasi kepada psikiater dan dapat pula melakukannya dengan dokter.

Sumber

https://www.halodoc.com/kesehatan/gangguan-bipolar

https://katadata.co.id/amp/intan/berita/61dfe456e2190/bipolar-adalah-gangguan-mental-berikut-penjelasannya





Loading...




Loading...