Apa Itu Good Girl Syndrome

Ditulis oleh rahmat Pada 10 January, 2022

Bagikan :


Apa Itu Good Girl Syndrome


Ketika anda masih kecil, apakah anda pernah mendengar ucapan,

"jangan nakal yah! selalu berbuat kebaikan yah! Jangan begitu yah!"

dan beberapa ungkapan lain yang maknanya sama. Pernah kan?

Sepintas tidak ada yang salah dari ungkapan-ungkapan tersebut, malah terdengar manis, lembut dan ya ala-ala menenangkan. Iya nggak? Hanya saja, jika ungkapan tersebut membuat anda risih, tidak nyaman karena beberapa sebab dan anda tetap melakukan sesuatu yang membuat anda tidak nyaman dengan alasan tidak mau mengecewakan orang lain, ingin terlihat baik dan perfeksionis, maka bisa jadi anda adalah pengidap good girl syndrome.

Apa itu good girl syndrome, yuk kita bahas bersama-sama

Pengertian Good Girl Syndrome

Good girl syndrome dapat diartikan sebagai sebuah sikap yang di miliki oleh seorang wanita di mana dia selalu memaksakan dirinya untuk berbaik hati dan menyenangkan orang lain, tanpa memikirkan perasaannya bahkan haknya sendiri. Perilaku ini membuat pelaku cenderung menghindari hal-hal yang berbau kritik, konflik, penolakan, dan kesalahan.

Sehingga dapat diartikan bahwa pengidap good girl syndrome adalah para perempuan yang dalam kesehariannya selalu berada dalam lingkaran kebohongan terhadap dirinya sendiri sebab dia merasa seolah bahagia karena membuat orang lain senang, padahal nyatanya dirinya merasa tersiksa karena tidak nyaman melakukan apa yang dia perbuat untuk membuat orang lain senang.

Beberapa fakta tentang good girl syndrome

1. Hal yang di anggap wajar

Bagi seorang wanita, menjadi perfeksionis di nilai sebagai tuntutan masyarakat, sehingga para perempuan merasa bahwa menjadi wanita yang sebagaimana masyarakat umum inginkan adalah kewajiban, meski pun bayarannya adalah ketenangan dan kebahagiaan. Hal ini yang menyebabkan good girl syndrome tertanam pada diri seorang wanita.

2. Good girl syndrome membuat sulit berkembang

Wanita yang selalu ingin tampil maksimal, takut mengecewakan orang lain dan tampil bukan atas kehendak orang lain bukan atas kehendak dirinya sendiri akan mengalami kesulitan berkembang. Karena penderita good girl syndrome akan menyibukkan diri pada membuat orang lain bahagia, sehingga ia lupa dan tidak punya waktu untuk mengembangkan dirinya dan seluruh potensi-potensinya.

Ciri-ciri good girl syndrome

Ada banyak ciri-ciri yang nampak bagi penderita good girl syndrome, beberapa diantaranya sebagai berikut:

1. Takut mengganggu orang lain

Penderita Good girl syndrome akan selalu merasa bahwa dirinya merupakan pembuat onar, tidak di butuhkan bahkan kehadirannya dia anggap sebagai pengganggu di kehidupan orang lain, sehingga penderita akan lebih pasif dan takut untuk melakukan apa yang tidak di perintahkan atau lumrah di lingkungannya.

2. Selalu ingin terlihat sempurna

Selalu terlihat ingin sempurna sama saja dengan bunuh diri, namun penderita good girl syndrome akan selalu melakukan itu, ia seolah lupa bahwa dia adalah manusia yang juga punya kekurangan. Dengan adanya perasaan selalu ingin terlihat sempurna, maka penderita good girl syndrome akan melakukan apa saja untuk terlihat sempurna, bahkan jika apa yang dia lakukan itu merenggut kebahagiaannya.

3. Sulit berkata jujur dan tidak berani berkata tidak

Penderita good girl syndrome sulit mengungkapkan perasaannya dan tidak memiliki keberanian untuk mengatakan tidak.

Jika penderita mendapat perintah yang menurutnya kurang menguntungkan maka dia akan tetap menuruti perintah itu, dia tidak akan menolak, karena baginya penolakan adalah sesuatu yang selalu buruk. Sehingga dengan itu, penderita good girl syndrome akan melakukan apa saja yang orang lain katakan.

4. Terpaksa melakukan hal baik untuk membuat orang lain senang dan berpura-pura bahagia.

Pengidap good girl syndrome akan dengan sukarela melakukan hal yang orang lain minta, suka tidak suka ia akan memaksa dirinya melakukan itu semua, bahkan ia rela meninggalkan pekerjaan prioritas yang menyangkut dirinya demi menyenangkan orang lain.

Setelah mengetahui ciri-ciri good girl syndrome, maka kita akan melanjutkan pembahasan mengenai cara agar terhindar dari good girl syndrome.

Sebagaimana di ketahui bahwa good girl syndrome adalah sikap seorang wanita untuk selalu berbuat baik demi menyenangkan hati orang lain meski pun kebahagiaannya sendiri adalah taruhan. Hal ini di akibatkan oleh sifat seorang wanita yang secara emosional akan lebih cepat menerima nasihat orang tua untuk menjadi anak baik.

Pembiasaan nilai dari orang tua yang sejak kecil yang di salah pahami oleh anak perempuan, sehingga ia merasa harus sempurna dan harus menjadi wanita yang tidak mendapatkan tanggapan negatif dari orang lain.

Cara melepaskan Good Girl Syndrome

Meskipun telah berakar, anda masih bisa membebaskan diri dari good girl syndrome. Berikut beberapa hal yang harus anda terapkan:

1. Tegas dan jujur

Setiap permintaan yang di arahkan kepada anda, jika anda tidak menyukainya dan membuat anda tidak nyaman, maka anda harus tegas dan jujur dalam menyampaikan ketidaksukaan anda itu. Ungkapkan saja apa yang anda rasakan terkait permintaan orang lain kepada anda, jika anda tidak senang ya jangan turuti permintaan itu, utamanya apabila ini berkaitan dengan keburukan.

2. Hindari merasa bersalah pada hal yang tidak perlu

Perasaan bersalah yang berlebihan adalah salah satu kebiasaan dari pengidap good girl syndrome. Pengidap good girl syndrome akan merasa bersalah pada hal apa saja yang dianggapnya tidak sesuai dengan kewajaran sosial. contohnya, ketika orang-orang di lingkungannya mengatakan bahwa begadang itu wajar bagi orang-orang di sekitarnya, namun meskipun itu tidak baik baginya, pengidap good girl syndrome juga akan mengatakan itu baik, padahal dia sendiri tau kalau itu tidak baik, dan akan merasa bersalah ketika anggapan baik dari lingkungannya yang padahal nyatanya itu tidak baik, dia katakan tidak baik.

Nah merasa bersalah secara berlebihan ini sama sekali tidak menguntungkan, malah sangat merugikan. Sebab kita tidak boleh memaksa untuk merasa bersalah pada sesuatu yang sebenarnya tidak salah, meskipun itu lumrah di masyarakat. Kita harus konsisten, hitam ya hitam, putih ya putih. Jika orang lain mengatakan itu benar, padahal salah, kita harus mengatakan itu salah. Dan jangan pernah merasa bersalah pada sesuatu yang sebenarnya tidak masuk dalam makna salah.

3. Harus percaya diri

Kamu harus percaya pada diri sendiri. Bukankah setiap manusia punya kelebihan dan kekurangan masing-masing? Iya kan. Nah ketika berbicara tentang kelebihan, maka apa pun jenis kelebihan yang kamu miliki, asalah kemampuan itu. Jangan pedulikan tanggapan buruk orang lain jika itu baik bagimu. Jika dengan percaya dirimu kamu takut untuk di tinggalkan oleh orang-orang di sekitarmu, jangan pedulikan itu, asalkan kamu tidak tersiksa dengan harus mengikuti kewajaran yang salah pada orang-orang di sekitarmu.

Dengan percaya diri, dan terus mengasah kemampuanmu, orang-orang akan berdatangan untuk menjadi sahabatmu, dan mereka adalah orang-orang yang akan menerima apa pun kekurangan mu.

4. Berani berkata tidak

Hal yang juga penting untuk kamu lakukan adalah menolak dan berani berkata tidak untuk hal-hal yang tidak bermanfaat dan tidak menguntungkan.

Kamu harus menjadi seseorang yang berani mempertahankan eksistensi, bahwa dirimu juga butuh bahagia dan punya hak. Jika kamu merasa bahwa melakukan apa yang orang lain minta mengganggu hak dan merusak suasana bahagiamu, apalagi jika mengganggu prioritas yang menjadi kebutuhan mu maka kamu harus berani mengatakan tidak.

Penutup:

Kita hidup di dunia sebagai makhluk sosial, sudah kodratnya untuk butuh kepada sesama manusia. Namun, jangan sampai melewati batas kewajaran yang menyandra kebahagiaan.

Penulis tidak bermaksud untuk melarang anda berbuat kebaikan, hanya saja jika kebaikan yang anda lakukan keluar dari batas kewajaran, maka anda akan di rugikan dengan merasa tidak bahagia ketika melakukan kebaikan, malah anda akan merasa tersiksa.

Intinya tetaplah melakukan kebaikan pada taraf wajar kebaikan, jangan tersugesti oleh paradigma lingkungan bahwa anda harus menjadi orang penurut yang menuruti apa saja permintaan orang lain. Tetaplah jadi diri sendiri.

Sumber :

https://www.alodokter.com/good-girl-syndrome-ketika-bersikap-baik-justru-membuat-tidak-bahagia https://youtu.be/HpgTQ-1u1Z8 https://youtu.be/652qQy038U4





Loading...




Loading...