Apa itu moderator facebook

Ditulis oleh rahmat Pada 27 December, 2021

Bagikan :


Apa itu moderator facebook


Akan sangat menyenangkan apabila pekerjaan yang kita jalani sesuai dengan passion yang kita miliki. Hal demikian terjadi karena setiap orang pasti ingin bekerja dengan sepenuh hati, tanpa ada sedikit pun keterpaksaan dalam melaksanakan tugas.

Di balik itu, manusia adalah makluk yang sangat menginginkan pekerjaan yang mudah, duduk di depan komputer tanpa bersusah payah mengangkut dan memindahkan barang ke sini dan ke sana adalah keinginan setiap manusia, anda juga begitu bukan.

Ada pekerjaan yang aktivitasnya hanya melihat dan memeriksa konten-konten yang di unggah oleh pengguna aplikasi terkait, aplikasi facebook misalnya. Pekerjaan ini di sebut dengan moderator facebook. Untuk mengetahui lebih banyak, yuk lanjut membaca tulisan ini.

Apa itu moderator facebook

Moderator facebook adalah sebuah pekerjaan yang di tawarkan oleh pihak facebook untuk melihat dan mengawasi setiap aktivitas pengguna facebook yang mengupload konten yang bersifat negatif, seperti video pembunuhan, meme, rasis, seks, narkoba dan sejenisnya untuk kemudian menghapus konten-konten buruk tersebut agar tidak mampu di akses oleh orang lain.

Secara sederhana, Ketika si moderator facebook menemukan konten yang bersifat negatif, maka si moderator bertugas untuk menghapus konten tersebut agar pengguna facebook lainnya tidak melihat dan tidak memiliki akses untuk menemukan konten buruk tersebut.

Itu artinya, ada banyak pengguna facebook yang mengupload konten ekstrem setiap jamnya dan tugas dari moderator facebook tersebut adalah merecoki seluruh konten ekstrem tersebut agar tidak lagi berada di platform tersebut.

Sebuah kutipan di sampaikan oleh Shawn Speagle (pernah bekerja atau masih bekerja sebagai moderator facebook) pada tahun 2019 silam, speangel mengatakan bahwa pada awal kerjanya, ia melihat dua anak remaja yang memegang ekor iguana lalu mereka membanting iguana itu berkali-kali ke trotoar, sementara satu dari kedua anak itu bertugas merekam kejadian tersebut. Iguana tersebut menjerit, namun remaja tersebut tidak menghentikan aksinya, hingga iguana tersebut mati.

Bagi pekerja moderator facebook, unggahan-unggahan semacam itu adalah hal yang biasa, bahkan tergolong pada jenis konten yang belum terlalu ekstrem. Para pekerja moderator facebook bahkan sering melihat konten seorang perawat yang mencekik seorang anak yang di rawatnya hingga mati, free sex, seseorang yang di tusuk benda tajam berkali-kali, di pukul benda tumpul berkali-kali, bahkan mereka juga pernah melihat konten seorang manusia yang menyerubuhi binatang.

Kurang apa lagi coba?

Mungkin dapat di katakan bahwa pekerja moderator facebook ini telah menjadikan aksi-aksi ekstrem yang di upload di facebook sebagai sesuatu yang lumrah bagi mereka, toh mereka bekerja sebagai pengawas konten dan memilah konten yang di anggap tidak memenuhi kriteria persyaratan facebook kemudian meniadakan konten yang dianggap tidak sesuai peraturan facebook.

Bimbingan sebelum resmi bekerja sebagai moderator facebook

Sebelum resmi bekerja, para pekerja moderator facebook mendapat buku panduan yang kira-kira berjumlah ratusan lembar. Isi dari bukunya tidak jauh dari "menjadi moderator yang baik" sehingga si calon moderator facebook ini memiliki pengetahuan minimal terkait pekerjaan yang dia geluti dan hal-hal terkait dengan pekerjaannya tersebut. Selain itu, mereka juga diberikan pelatihan khusus untuk bisa menentukan konten mana yang harus mereka hapus dan konten mana yang mereka setujui untuk tetap berada di facebook.

“Misalnya siapa yang memutuskan apa definisi dari teroris. Mereka punya daftar, mereka harus mempelajari daftar yang mengacu dari departemen keamanan dalam negeri AS," ujar Riesewieck yang merupakan sutradara film the cleaner, yang merupakan film dokumenter tentang cerita sisi muram kehidupan moderator konten.

Jadi intinya para pekerja moderator facebook ini bertugas ketika menemukan konten yang berpotensi ekstrem dan melanggar ketentuan facebook, mereka akan sigap untuk segera melarang konten tersebut berada di facebook.

Hal yang kerap terjadi jika bekerja sebagai moderator facebook.

Ada beberapa hal yang kerap terjadi ketika bekerja sebagai moderator facebook, diantaranya adalah

1. Para moderator kerap mengalami gangguan mental

Pekerjaan moderator facebook yang memantau konten-konten ekstrem tentu mengakibatkan gangguan mental bagi para karyawan-karyawannya. Bukan tanpa alasan, setiap menitnya mereka di sodorkan konten-konten ekstrem seperti pembunuhan, penusukan, pemanggangan dan konten ekstrem lainnya. Ya dengan di hadapkan dengan konten seperti itu, mental seseorang pasti akan terserang.

2. Munculnya humor gelap

Kadang sesama pekerja moderator facebook mengeluarkan humor gelap seperti (aku ingin bunuh diri saja.

3. Merokok menggunakan ganja dan Seks di ruangan laktasi

Kegiatan ini kerap di lakukan oleh para pekerja moderator facebook, di sela waktu luangnya mereka kerap merokok ganja untuk mengilangkan stress yang di alaminya setelah berjam-jam melihat konten ekstrem. Bahkan beberapa dari mereka melakukan seks singkat sesama karyawan di ruang laktasi.

Karena pekerjaan moderator facebook bukanlah pekerjaan yang ringan, banyak dari pekerja yang memutuskan untuk berhenti sebagai pekerja moderator facebook. Di antara para pekerja yang memilih keluar tersebut, ada yang berani melaporkan facebook ke pihak yang berwenang dengan berbagai macam gugatan. Tanggapan facebook atas tuduhan dan laporan tersebut tentu meminta kepada para pelapor untuk menghentikan gugatannya.

Pihak facebook menyadari akan kesulitan bekerja sebagai moderator di platform tersebut, sehingga facebook menyediakan fasilitas dan akses kepada seluruh pegawai berkaitan dengan kesehatan mental pekerja. Para pekerja juga di berikan keringanan berupa akses yang mudah untuk melakukan konsultasi terkait tingkat stress yang mereka derita.

Sumber:

https://www.google.com/amp/s/amp.tirto.id/kerja-horor-moderator-konten-facebook-egTe





Loading...




Loading...