Apa itu Patreon

Ditulis oleh rahmat Pada 28 October, 2021

Bagikan :


Apa itu Patreon


Apakah kalian tau apa yang dimaksud dengan patreon?

Atau kalian pernah mendengar kata itu namun tidak mengerti? Atau kalian memang belum pernah mendengar kata patreon sebelumnya?

Diantara ke tiga pertanyaan di atas, manakah yang kalian jawab iya?

Kebanyakan mungkin akan menjawab "iya" pada pertanyaan yang ke dua dibandingkan pertanyaan pertama dan ke tiga. Kenapa? Alasannya sederhana, karena mungkin kebanyakan orang yang membaca tulisan ini adalah orang yang pernah mendengar kata patreon namun belum mengetahuinya secara menyeluruh. Logikanya, seseorang akan mencari/membuka tulisan yang membuatnya terarik. Iya kan, karena tidak mungkin seseorang mencari sesuatu tanpa ketertarikan sedikit pun.

Sebelum menulis tulisan ini, penulis terlebih dahulu bertanya kepada beberapa orang untuk mendapatkan informasi terkait patreon. Dari 10 orang yang penulis jadikan objek untuk bertanya, tidak ada satupun yang menjawab “tau”, malah dari 10 objek tersebut memperlihatkan raut wajah tidak mengerti tentang patreon.

Maka dari itu, penulis berinisiatif untuk membuat tulisan tentang patreon untuk membuat seseorang yang belum tau menjadi tau, atau membuat seseorang yang penasaran menjadi terpuaskan rasa penasarannya.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang apa itu patreon, dan segala hal yang berkaitan dengan patreon, yuk lanjutkan membaca.

Apa itu Patreon?

Patreon adalah platform crowdfunding yang memungkinkan penggemar/fans membayar dan mendukung konten kreator untuk pekerjaan mereka. Dapat pula sebaliknya, yaitu seorang penggemar/fans mampu mendapatkan keuntungan dari uang yang mereka keluarkan untuk mendukung konten kreator.

Sederhananya, patreon adalah sebuah platform yang membuat seorang konten kreator, mampu mendapatkan keuntungan secara langsung dari penggemar/fans, begitu pun sebaliknya, yaitu penggemar/pelanggan mampu meminta jenis konten apa yang diinginkan.

Misalkan jika penggemar/fans menginginkan sebuah tulisan bertema filsafat, maka penggemar/fans ini mampu meminta tulisan yang bertema filsafat di buatkan oleh pemilik akun patreon, dan konten kreator harus menyediakan jasanya untuk memenuhi keinginan dari penggemar/fans.

Patreon dapat diartikan sebagai tempat para penggemar/fans memberikan dukungan secara langsung kepada konten kreator dengan memberikan donasi/bayaran kepada konten kreator yang diikutinya sebagai bentuk penghargaan atas jasa/ pembuatan konten yang dilakukan oleh konten kreator.

Seseorang yang menjadi pembuat konten dan mendapatkan santunan dari pengikut/fans di sebut sebagai patron. Maksudnya kak? Maksudnya begini. Jika anda adalah seorang konten kreator maka kamu akan mendapatkan bayaran dari pengikut/fans anda, hal tersebut terjadi karena anda yang sebagai pembuat konten memberikan keleluasaan kepada pengikut/fans anda untuk mengajukan tema konten dan kemudian tema yang diajukan oleh pengikut/fans anda itu harus anda prioritaskan pembuatannya. Nah dari prioritasan ini, anda sebagai pembuat konten berhak mendapatkan bayaran dari pengikut/fans.

Bagaimana cara kerja patreon?

Cara kerja dari patreon agak kompleks, maksudnya adalah patreon membantu konten kreator untuk mengelola proyek mereka melalui situs web.

Pada patreon, ada beberapa bagian tertentu yang boleh di lihat oleh orang secara umum, dan ada juga setting yang di buat khusus untuk kepentingan pemilik atau sang kreator, hal ini berguna agar kreator mampu mendesain pengelolaan layanan.

Patreon juga di lengkapi dengan bagian khusus untuk mampu berkomunikasi antara patron dengan pelanggan dan beberapa hal lain yang memudahkan kreator dan pelanggan dalam menggunakan patreon.

Ada hal yang perlu kita ingat terkait patreon ini, yaitu pada patreon terdapat halaman untuk pembayaran berlangganan dari bakal pelanggan/calon pelanggan. Ketika telah selesai melakukan pembayaran, pelanggan dapat melakukan beberapa permintaan terhadap konten kreator untuk membuat konten berdasarkan keinginan pelanggan. Dalam pembuatan konten yang berasal dari permintaan pelanggan ini, konten kreator akan menentukan jenis konten berdasarkan pada survey konten terbanyak, atau permintaan terbanyak pada satu jenis konten.

Bagaimana, tertarik menjadi seorang patron atau sebagai sponsor penbuatan konten?

Oh iya, blog ini juga mempunyai akun patreon loh. Yuk buruan bergabung, dan anda akan mendapatkan insentif berupa jenis tema tulisan yang anda inginkan.

Become a Patron!

https://www.kreditpintar.com/education/hal-yang-perlu-diketahui-tentang-patreon





Loading...




Loading...