Apa itu self awareness

Ditulis oleh rahmat Pada 27 February, 2022

Bagikan :


Apa itu self awareness


Manusia adalah makhluk individu yang berkelompok yang dibuktikan oleh beberapa temuan terkait keindividuannya dan keberkelompokannya. Seperti tumbuh dan berkembang sendiri yang di lihat dari berubahnya aspek biologis dan mendapatkan bantuan dari sesamanya sebagai aspek sosiologis.

Karena keunikan itu, terdapat pembahasan yang sangat menarik terkait manusia dan manusia menjadi sesuatu yang berkapasitas jika mampu menguasai hal ini dengan baik.

Apa itu?

Jawabannya adalah self awareness

Penasaran? Yuk kita bahas bersama-sama.

Apa Itu Self Awareness

Self awareness adalah kesadaran yang dimiliki individu untuk berusaha lebih dalam memperhatikan pikiran, perilaku, perkataan, serta perasaan diri sendiri. Dengan kata lain, self awareness merupakan olah otak matang yang di tunjukkan dalam bentuk sikap untuk kenal dan paham pada diri sendiri.

Jadi bisa di katakan bahwa, jika self awareness kamu baik, maka kamu akan paham dan punya kontrol besar pada diri kamu sendiri, seperti kamu bisa mengontrol bagaimana perilakumu, mengontrol perkataanmu, mengontrol perasaanmu bahkan mampu mengontrol pola pikir yang kamu miliki. Kamu dapat mengarahkan tubuhmu atas dasar pengontrolan yang baik dan kamu dapat mengarahkan dirimu ke arah dominan positif. Sehingga dapat terjamin bahwa kamu akan memiliki hidup yang dominan positif, jika cara kontrol kamu terhadap dirimu juga positif.

Waw keren bukan!

Bisa paham dan mengontrol diri sendiri.

2 Jenis self awareness

Ada beberapa jenis dari self awareness, diantaranya yaitu:

1. Internal, melihat diri sendiri

Self awareness jenis ini adalah jenis self awareness yang fokus pada pengembangan diri sendiri. Maksudnya adalah pada self awareness jenis internal, seseorang akan menyadari aspek-aspek penting dalam dirinya sendiri.

Misalnya, ketika bertemu dengan seseorang yang kita sukai atau hal-hal lain yang sifatnya internal adalah jenis kesadaran atau self awareness internal.

2. Eksternal, melihat bagaimana orang lain memandangmu

Self awareness jenis ini adalah self awareness yang terjadi saat kita menyadari bahwa kita berada di tengah-tengah orang lain. Biasanya kesadaran ini muncul apabila anda sadar bahwa anda adalah pusat perhatian, atau orang yang di perhatikan. Biasanya orang yang memiliki self awareness baik, akan mampu mengontrol dirinya, bagaimana berperilaku di tengah orang lain agar perilaku yang dia tunjukkan merupakan perilaku yang mampu di terima baik oleh orang lain.

Keunggulan dan manfaat self awareness

Berikut keunggulan dan manfaat memiliki self awareness yang baik:

  1. Mampu mengontrol emosi dengan mudah
  2. Mampu mengerti orang lain (ekspektasi dan harapan)
  3. Menyiapkan diri seseorang atas segala kemungkinan
  4. Mampu mempercayai diri sendiri
  5. Tau bagaimana kelebihan dan kekurangan yang di miliki
  6. Mampu bersikap dewasa dan mandiri
  7. Mampu membuat keputusan yang tepat
  8. Bekerja dengan efektif dan efisien
  9. Mampu membuat seseorang menemukan makanan hidup yang sebenarnya
  10. Membangun hubungan yang baik
  11. Lebih percaya diri

Cara membangun self awareness

Ketika berada dalam situasi yang rumit, manusia kadang mengedepankan ego pribadi tanpa memandang sebab munculnya masalah, sehingga manusia tidak akan menerima dengan lapang dada masalah yang sedang terjadi dan tidak mencoba mencari solusi untuk memecahkan masalah tersebut. Hal ini kadang membuat seseorang menyalahkan orang lain. Padahal jika seseorang berusaha paham atas dirinya sendiri, maka besar potensi dia akan menjadi sadar atas dirinya sendiri.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membentuk self awareness yang baik.

1. Berpola pikir positif

Apa pun yang kamu temui dalam kehidupanmu, berusahalah untuk tidak melupakan pola pikir positif di situ. Ke taman, ke jalan raya, ke mana saja kamu pergi, jangan pernah berhenti berpola pikir positif. Karena dengan pola pikir positif, akan lebih berpotensi besar untuk membuat hidupmu tidak terusik oleh hal-hal buruk yang terjadi, sebab cara pandangmu yang berbeda.

2. Bermeditasi

Jika menurut anda sedang terjadi sesuatu yang rumit, maka cobalah untuk membuat pikiran anda fokus pada sesuatu yang terjadi. Jangan meninggalkan pikiran positif anda, sebaliknya tinggalkan pikiran negatif agar anda mampu melihat kondisi yang terjadi dengan tenang. Jika sudah demikian, maka anda akan paham dan sadar terhadap apa yang terjadi dan cara mengatasinya.

3. Refleksi diri

Setiap hal yang pernah anda lalui, Ambil itu sebagai pelajaran berharga. Dengan pelajaran itu, akan membantu anda memahami kelebihan dan kekurangan diri anda sendiri, sehingga akan membuatmu lebih bijak dalam mengambil tindakan.

4. Percaya kelebihan dan kekurangan diri sendiri

Setiap orang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, anda juga termasuk dalam hal itu. Jika anda sudah memahami kekurangan dan kelebihan anda, jangan sekali-kali spontan menentangnya. Jika anda paham bahwa anda lemah pada satu hal maka berhati-hatilah pada kelemahan itu dan jika anda memiliki kelebihan pada satu hal, maka janganlah sombong atas hal itu. Dengan demikian anda akan merasa nyaman atas apa yang anda miliki.

5. Positif self talk

Lakukanlah interaksi pada diri anda sendiri, hal ini akan membantu anda lebih sadar dan paham terhadap diri sendiri. Cara yang bisa anda lakukan cukup sederhana, anda duduk atau berdiri di dekat cermin, lihat diri anda, lalu coba berbicara hal-hal positif seperti, "yah tadi gagal, yaudah besok coba lagi, aku pasti bisa". Berikan asupan positif pada diri anda, jika terpuruk dan jangan melakukan yang sebaliknya karena itu akan menimbulkan buruk bagi diri anda.

6. Quality time dengan diri sendiri

Untuk memahami diri sendiri, anda perlu melakukan pengintiman dengan diri sendiri. Carilah waktu agar anda dan diri anda mampu saling berkomunikasi dan saling mengerti. Jika sudah tercapai, maka anda akan mengetahui dan mengenali diri anda lebih dari siapa pun manusia di dunia ini.

Sumber:

https://glints.com/id/lowongan/self-awareness-adalah/#.YgyQyBj7MVE

https://www.qubisa.com/article/self-awareness-bagi-pengembangan-diri#showContent

https://www.google.com/amp/s/www.gramedia.com/best-seller/self-awareness-kesadaran-diri/amp/





Loading...




Loading...