Apa Itu syndrome Nice Guy

Ditulis oleh rahmat Pada 18 December, 2021

Bagikan :


Apa Itu syndrome Nice Guy


Setiap orang pasti menyukai kebaikan, dari siapa pun itu. Apalagi jika orang yang melakukan kebaikan kepada kita adalah orang yang sudah lama kita kenal, rasanya "beeeuuhh, mantap" kata anak muda. Kamu suka juga kan?

Jika pelaku dari si pemberi jasa yang rela di mintai apa pun adalah seorang laki-laki, kepada anda seorang perempuan, maka teman anda (laki-laki) yang melakukan kebaikan itu adalah orang yang terkena/mengidap syndrome nice guy.

Apa itu syndrome Nice Guy dan hal-hal terkait dengan syndrome Nice Guy, yuk kita bahas bersama.

Notes: Pengidap syndrome nice guy kita namai mr. Nice Guy.

Sifat terlalu baik dari si mr. Nice guy ini tidak hanya dia tujukan kepada perempuan saja, namun mereka juga melakukannya kepada orang lain selain perempuan, hanya saja, persentase bergaul dan memberikan bantuan kepada perempuan jauh lebih besar ketimbang laki-laki.

Mr. nice guy atau pengidap syndrome nice guy adalah seorang laki-laki yang selalu mengikuti permintaan orang lain, menyetujui kemauan orang lain, menerima apa pun yang orang lain minta kepadanya tanpa sedikit pun memperhatikan dan memperdulikan dirinya sendiri. Sehingga mr. Nice guy ini dapat juga di katakan sebagai seseorang yang tidak punya pendirian. Biasanya pengidap syndrome nice guy ini akan lebih terbuka dan lebih dekat dengan perempuan.

Kak maksudnya perempuan, bagaimana?

Maksudnya adalah, si Mr. nice guy selalu dan rela dimintai apa pun oleh perempuan, rela melakukan apa saja yang di perintahkan oleh perempuan, jika temannya yang perempuan mengatakan A maka ia akan melakukan A, jika temannya yang perempuan mengatakan B maka ia akan melakukan B, tanpa pikir panjang terlebih dahulu.

Nah, yang menjadi masalah adalah, si mr. nice guy ini melakukan hal tersebut ke semua perempuan. Maksudnya adalah, jika teman perempuan yang pertama memintanya untuk sesuatu hal maka ia akan melakukan hal tersebut, begitu pula jika teman perempuannya yang lain memintanya sesuatu hal, maka ia akan melakukan hal demikian.

Lalu kak, Apa yang salah dari mr nice guy, bukankah berbuat baik kepada orang lain itu anjuran norma? Ya, memang benar, berbuat baik adalah anjuran norma, hanya saja, si mr. nice guy ini melakukan seluruh hal yang teman perempuannya minta, tanpa memperdulikan dirinya sendiri. Dan masalahnya adalah, si mr. Nice guy adalah seseorang yang sama-sama memiliki masalah, sama-sama memiliki kekurangan, namun si mr. Nice guy akan lebih peduli pada masalah orang lain tanpa memperdulikan masalahnya sendiri atau dengan kata lain, permintaan dari teman perempuannya yang akan lebih dia prioritaskan, sehingga mengakibatkan pekerjaan yang dia miliki akan terbengkalai.

Ciri-ciri Mr. Nice Guy

Mr. Nice Guy umumnya memiliki sifat yang penuh perhatian, sangat sensitif, sangat pengertian, sehingga dapat di sebut sebagai seorang yang sangat peka terutama kepada teman perempuannya. Ciri khas mr. Nice guy sangat mudah di lihat, mereka adalah pendengar yang baik, banyak menghabiskan waktu dengan teman-teman perempuan, tidak pernah menolak jika diminta menemani teman-teman perempuannya, rela melakukan apa yang tidak disukainya demi menyenangkan hati teman perempuannya, selalu menghindari konflik, dan selalu melakukan segala macam cara asalkan kondisi di sekitarnya baik-baik saja, tanpa ada konflik, khususnya pada teman perempuannya.

Biasanya si mr. Nice guy akan berada pada lingkaran orang-orang yang butuh akan kemampuannya, jika dirinya sudah tidak di butuhkan oleh teman perempuan A maka ia akan berada di teman perempuannya yang B. Sehingga si mr. Nice guy ini akan selalu mencari lingkaran perempuan yang di dalam lingkaran tersebut dia di butuhkan dan jika tidak lagi di butuhkan, maka ia akan mencari tempat lain. Sifat si mr. Nice guy ini dapat di sebut candu untuk berbuat kebaikan, padahal nyatanya dirinya sendiri punya masalah yang butuh untuk di selesaikan. Namun karena banyaknya permintaan dari beberapa teman perempuannya, maka si mr. Nice guy mengalihkan semua masalah yang dia miliki kepada bantuan yang dia berikan kepada orang lain, sehingga dia lupa akan masalah yang dia miliki sendiri.

Secara umum , mungkin mr. Nice guy adalah orang yang begitu ideal sebab ia rela melakukan apa saja demi kebaikan tetap terjadi di lingkungannya. Hanya saja, yang perlu kita ketahui, biasanya si mr. Nice guy akan lebih renggang dengan orang-orang dekatnya, seperti keluarga dan teman-teman karibnya sesama laki-laki di bandingkan dengan temannya yang perempuan. Semua hal tersebut terjadi karena kedekatan dan emosi yang dimiliki si mr. Nice guy dia fokuskan kepada teman perempuannya dibandingkan teman laki-laki atau bahkan keluarganya.

Jika kamu adalah seorang pengidap sindrome nice guy, maka beberapa hal berikut perlu kamu pertimbangkan

1. Tidak semua hal yang di minta oleh teman, utamanya perempuan harus kita penuhi.

Adakalanya beberapa permintaan dari teman harus kalian tolak dengan maksud agar anda juga memprioritaskan pekerjaan anda terlebih dahulu. Anda juga punya keluarga seperti ayah, ibu, istri, anak dan beberapa komponen keluarga lainnya yang butuh anda dan perhatian anda.

2. Prioritaskan hal-hal penting dalam dirimu, sehingga tidak mengganggu seluruh komponen jiwa dan raga mu

Setiap manusia pasti memiliki masalah dan hal yang harus ia prioritaskan. Masalah ini, tentu berkaitan dengan jiwa dan raga. Jiwa dan raga akan baik dan normal sebagaimana dasarnya apabila seluruh masalah kita hilang atau minimal beberapa masalah yang kita miliki berkurang. Agar jiwa dan raga yang kita miliki menjadi tentram, maka lakukanlah hal-hal yang kamu anggap perlu dan sangat butuh kamu lakukan, agar jiwa dan ragamu tetap sehat, tanpa sedikit pun merasa sesak akibat banyaknya masalah yang menanti mu.

3. Berbuat baik adalah hal yang dianjurkan, hanya saja berlebihan berbuat baik tidaklah bijak

Sesuatu yang berlebihan akan berakhir buruk, apa pun itu, bahkan kebaikan sekali pun. Jika kamu berlebihan dalam kebaikan, maka kamu akan sulit menerima apa yang menjadi kenyataan di dunia ini. Maksudnya adalah kamu akan sulit untuk beradaptasi jika ada orang yang berbuat buruk ke kamu, atau orang yang kamu jadikan objek kebaikan berbuat buruk kepadamu. Hal demikian akan terjadi karena ekspektasimu sebelum berbuat kebaikan adalah kamu akan menerima kebaikan kembali, namun nyatanya tidak akan selamanya begitu bukan. Persepsi seperti itu akan mudah muncul ketika kamu berlebihan dalam berbuat baik.

Jika kamu adalah perempuan dan merasa memiliki teman laki-laki yang memiliki ciri-ciri sebagaimana ciri-ciri dari mr. Nice guy maka lakukanlah beberapa hal berikut.

1. Mintalah kepada teman laki-laki anda agar tetap menjadi diri sendiri.

Mr. Nice guy adalah orang yang mengikuti setiap perkataan dan permintaan yang di sampaikan oleh teman perempuannya. Agar teman anda, si mr. Nice guy baik-baik saja maka mintalah ia agar tidak menutupi segala hal yang dianggapnya perlu di tutupi demi agar terlihat sempurna di depan orang-orang. Mintalah ia untuk menjadi diri sendiri, maka dengan itu, ia akan merasa bebas, dan bisa mencapai ketenangan tanpa menggantungkan dirinya lagi kepada masalah yang teman perempuannya miliki.

2. Mintalah kepada teman laki-laki anda agar ia jujur dalam segala hal, terutama ketika anda memintanya melakukan sesuatu

Jujur sangat di perlukan dalam setiap hal, begitu pula ketika kamu meminta bantuan ke teman laki-laki mu. Kamu harus memintanya jujur agar semua yang dia lakukan atas permintaan mu dikerjakan dengan ikhlas dan tanpa paksaan. Jika dia jujur dan mengatakan tidak suka, maka tugas kamu adalah jangan memaksanya untuk melakukan hal tersebut, dan berhenti lah memintanya melakukan hal-hal yang tidak dia sukai, kecuali itu demi kebaikan dirinya.

3. Mintalah kepada teman laki-laki anda agar menjalankan hobi dan passionnya

Sadar tidak sadar, teman laki-laki anda pasti memiliki hoby dan passion. Si mr. Nice guy akan meninggalkan hobi dan passion mereka tanpa pikir panjang jika kalian minta, karena lagi-lagi mereka akan menuruti setiap perkataan anda. Ya kamu akan diperlakukan bagai ratu elizabet lah, ehh... Ups, bukan cuma kamu, tapi seluruh teman perempuannya akan dia jadikan sebagai ratu elizabet.

Karena si mr. Nice guy ini akan menuruti apa pun yang kamu minta, maka mintalah mereka untuk memahami dirinya serta melakukan hobi dan passionnya, karena dengan begitu, perlahan mereka akan kembali kepada kenormalannya sebagai laki-laki.

Penutup:

Sebagai seorang laki-laki, jangan sampai anda menjadi mr. Nice guy, sebab potensi negatif yang dikadunganya begitu besar di bandingkan dengan potensi positifnya. Dan jika anda adalah seorang perempuan, maka pahamilah teman laki-laki anda, jangan memintanya melakukan apa yang tidak dia suka, apalagi memaksanya. Jangan sampai anda adalah pelaku yang membuat teman anda menjadi mr. Nice guy.

Referensi: https://osc.medcom.id/community/kamu-udah-tau-belum-apa-itu-nice-guy-syndrome-2733





Loading...




Loading...