Kebiasaan yang Dapat Membuat Stamina Habis

Ditulis oleh zidan Pada 25 July, 2020

Bagikan :



Photo by Lukas from Pexels

Bagi saya, stamina adalah salah satu hal yang sangat penting. Hal ini karena dengan stamina yang lebih baik maka kita akan bisa mengerjakan lebih banyak hal pula.

Percaya atau tidak, stamina kita bukan hanya dipengaruhi oleh “hal-hal fisik” saja. Melainkan hal-hal yang bersifat mental, juga dapat membuat waktu dan energi (stamina) kita habis.

Adapun hal-hal yang dapat kita hindari agar kita tak menguras stamina kita secara ceroboh adalah sebagai berikut.

Mudah tersinggung.

Dengan kita yang sering tersinggung akan membuat diri Anda tak bisa melakukan hal-hal yang Anda ingin lakukan lebih optimal.

Percayai ini :

“kebanyakan orang yang kita ajak bicara tidak bermaksud menyinggung mu”.

Jika Anda merasa tersinggung,

maka hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah bertanya kepada orang tersebut.

“kita bukan pusat alam semesta”

Mungkin tidak semua dari kita berfikir seperti ini, akan tetapi terkadang ada sikap dan pemikiran yang menunjukkan seolah-olah hal ini yang ia pikirkan.

Hal-hal di atas adalah hal-hal yang bisa kita coba lakukan agar kita tidak mudah tersinggung.

Saya terutama sangat mudah untuk overthinking terhadap apa yang orang katakan padahal mungkin hal itu adalah hal yang sepele.

Over Stress.

Tekanan memang adalah hal yang tidak bisa kita hindari selama kita hidup di dunia ini, akan tetapi jika tidak di kontrol dengan baik, maka stress juga sangat berdampak terhadap energi yang kita punya.

Saya tahu kalau tekanan juga merupakan sesuatu yang malah dapat mendorong kita untuk menyelesaikan sesuatu lebih cepat.

Akan tetapi dengan energi otak yang terbatas, hal ini malah akan membuat tidak fokus terhadap apa yang sedang kita ingin kerjakan.

Cara untuk tidak terlalu tertekan adalah dengan membuat sebuah jurnal, karena dengan Anda menulis semua masalah Anda, maka Anda setidak nya bisa kemudian menarik diri dari masalah Anda dan Anda setidaknya sudah bisa berfikir terhadap masalah itu dengan lebih dalam sampai dengan Anda selesai dengan masalah tersebut.

Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah meditasi atau kalau Anda seorang yang dekat dengan agama tentu saja hal ini bisa di gantikan dengan berdoa kepada tuhan Anda.

Tidak mengontrol penggunaan sosial media

Sebagai seseorang yang hidupnya selalu berada di dekat komputer dan menyukai teknologi mungkin sangat merasakan hal dampak yang satu ini.

Saya ingat dahulu waktu bukan zaman-nya melihat Youtube atau Instagram ataupun TikTok saya terkadang bingung ingin menjawab apa ketika saya di tanya hal apa yang sering saya lakukan pada waktu luang.

Padahal sekarang bisa di pastikan rata-rata jawaban orang jika di tanya hal apa yang Anda lakukan pada waktu luang ? maka ada kemungkinan yang sangat tinggi kalau rata-rata dari kita akan menjawab sosial media.

“sosial media tidak buruk, akan tetapi cara kita menggunakannya yang salah.”

Sosial media jika di gunakan dengan baik, dapat memberi dampak yang sangat baik kepada penggunanya.

Hal-hal itu adalah seperti membuat penggunanya dapat berhubungan dengan orang yang jarang ketemu, atau pun mendapat kan teman atau bahkan mendapatkan pekerjaan dari internet.

Akan tetapi, kebanyakan dari kita memiliki pemikiran atau terjebak dalam lingkaran kalau dia follow saya, maka saya harus memfollow kembali dirinya.

Padahal hal ini tidak-lah benar, karena seharusnya Anda hanya mengikuti orang-orang yang memang Anda mau ikuti yang seharusnya memberikan manfaat kepada diri Anda.

Hal ini kemudian di harapkan membuat Anda bisa fokus terhadap pengembangan diri Anda sendiri, jadi walaupun Anda melihat hp yang sekarang terkadang di nilai tidak baik, Anda tetap bisa melakukan pengembangan diri dengan melihat inspirasi dari orang-orang yang memang Anda suka dan terinspirasi ketika melihat konten-nya.

Jarang olahraga

Olahraga tidak bisa kita pungkiri adalah hal yang paling jarang di lakukan oleh orang-orang. Hal ini karena susahnya hal ini untuk di lakukan. Akan tetapi jika kita mendengar stamina, maka setidaknya beberapa di antara kita berfikir terhadap olahraga.

Terlalu sedikit olahraga dapat membuat kesehatan kita turun. Akan tetapi terlalu banyak olahraga juga tidak selamanya baik.

Hal ini karena tidak semua dari kita bercita-cita untuk menjadi binaragawan atau menjadi atlet.

Atur olahraga mu supaya setidaknya Anda sehat dan organ dalam tubuh Anda dapat berfungsi dengan lebih baik.

tidak mengatur makanan (diet)

Mengatur makanan atau bisa kita katakan sebagai diet adalah hal terpenting dalam membuat badan kita tidak menjadi gemuk.

Hal ini juga sama dengan stamina kita, karena pada dasarnya apa yang kamu masukkan ke dalam tubuh itu akan “membentuk” dirimu.

Di tambah lagi dengan adanya fakta kalau dalam hampir setiap agama yang mempunyai pengikut yang besar akan memiliki setidaknya satu perintah yang ada hubungannya dengan makanan.

Menghiraukan kualitas tidur

Hal ini mungkin tidak mengejutkan lagi, tentu saja kita perlu menjaga tidur kita agar tidak mudah kelelahan. Akan tetapi, secara sadar maupun tidak sadar kita semua terkadang tidak menjaga tidur kita padahal hal ini dapat membuat kita susah bekerja dengan optimal.

Tidur sendiri sebenarnya tidak perlu lama, melainkan yang perlu Anda fokus kan adalah bagaimana kualitas tidur Anda bisa menjadi lebih baik. Jadi pemahaman terhadap tidur sendiri merupakan hal yang krusial untuk mendapat kan kualitas tidur terbaik.

Berikut hal sederhana yang sudah saya coba dalam meningkatkan kualitas tidur :

https://muhzulzidan.com/hal-sederhana-dalam-meningkatkan-kualitas-tidur-anda/

Berusaha untuk Membuat semua orang senang.

Saya adalah orang yang dari dahulu adalah orang yang cuek. Hal ini terkadang ingin saya ubah karena ada beberapa orang yang sebenarnya tak terlalu dekat mengatakan kalau saya sebaiknya tidak cuek.

Akan tetapi setelah banyaknya membaca terhadap hal-hal pengembangan diri maka saya pun sadar kalau hal ini tak perlu saya ubah.

Malah mungkin dapat di tingkatkan lagi tingkat cuek saya.

Cuek yang saya maksud di sini adalah cuek terhadap hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu penting dalam hidup Anda.

Dengan demikian Anda akan susah terganggu terhadap hal-hal yang dapat menghambat perkembangan Anda.

Kurangi mengeluh

Tidak ada yang suka dengan orang-orang yang terlalu sering mengeluh.

Hal ini selain tidak bermanfaat kepada orang lain, hal ini juga berdampak buruk kepada orang yang mengeluh itu sendiri.

Hal ini sebenarnya dekat hubungannya dengan tertekan di atas, karena biasanya orang yang mengeluh itu adalah orang-orang yang sedang memiliki masalah dan tertekan terhadap masalah yang sedang di hadapi-nya.

Mengeluh ketika ada masalah adalah sesuatu yang wajar akan tetapi mengeluh saja tidak akan menyelesaikan masalah yang Anda hadapi, jadi entah Anda menghadapi masalah Anda atau Anda melupakannya.

Referensi :

https://medium.com/mind-cafe/8-harmful-habits-that-drain-your-energy-and-how-to-get-rid-of-them-79418a856c36



Aturan Komentar

Komentar :

Lisjaya

Wah terimakasih informasinya kak yah... Bisa jadi referensi nih. Hahahahah.Good luck!