Loading...


Membersihkan dan Menjaga Handphone Tetap Bersih

Ditulis oleh zidan Pada 19 December, 2020

Bagikan :


Membersihkan dan Menjaga Handphone Tetap Bersih


Pentingnya menjaga kebersihan handphone atau ponsel sudah saya jelaskan di postingan sebelumnya di sini :

https://muhzulzidan.com/pentingnya-menjaga-kebersihan-ponsel/

Pada intinya, ketika kita tidak menjaga kebersihan handphone, maka kita akan lebih rentan terkena penyakit, apalagi pada zaman sekarang, di mana interaksi dengan handphone itu sangatlah tinggi.

Sebelum kita masuk kepada cara membersihkan, ada baiknya kita bahas dahulu cara menjaga handphone tetap bersih karena menjaga lebih baik dari pada membersihkan.

Berikut beberapa hal yang bisa kita lakukan agar kebersihan handphone kita terjaga :

1. Jangan bawa ke kamar mandi

Saya tidak meragukan kecekatan Anda dalam selalu mencuci tangan sebelum menyentuh handphone ketika berada di dalam kamar mandi atau WC, akan tetapi perlu Anda sadari kalau kuman dapat pindah kepada Handphone Anda tanpa melalui tangan Anda, maksudnya cukup dengan Anda masuk ke dalam kamar mandi benda-benda yang Anda miliki termasuk Handphone Anda sudah menjadi sasaran kuman.

Apalagi kalau Anda sendiri tidak dapat menjamin kebersihan tangan Anda, maupun menjamin kebersihan Toilet atau kamar mandi yang sedang Anda masuki.

2. Jangan bawa ke tempat makan

Tempat makan di sini bukan berarti harus tempat makan yang seharusnya karena tidak semua dari kita makan di dalam ruang khusus seperti tempat makan, akan tetapi lebih kepada jangan gunakan handphone Anda pada saat makan.

Alasannya sederhana, karena makanan juga dapat menjadi tempat kotoran, apalagi dengan budaya makan kita orang indonesia yang menggunakan tangan untuk makan.

Selain makanan dapat membuat Handphone kotor, Handphone sendiri dapat membuat kita terpapar bakteri sehingga dapat masuk langsung kepada saluran metabolisme kita atau melalui mulut kita.

3. Batasi Handphone Anda

Sebenarnya Handphone itu memiliki tingkat privasi yang sangat tinggi, karena tentu saja ada beberapa hal yang sebaiknya tidak di ketahui orang melalui Handphone kita.

Hal ini di tambah dengan fakta bahwa bisa saja bakteri pindah dari tangan orang yang kita pinjamkan kepada Handphone kita.

Mungkin tidak semua dari kita dapat menolak untuk memberikan Handphone kita kepada orang lain, akan tetapi perlu di pertimbangkan hal-hal di atas.

4. Mencoba Antimicrobial case atau silikon anti bakteri

Ada beberapa produk yang akhir-akhir ini muncul dengan klaim bisa mencegah atau memperlambat pertumbuhan bakteri pada silikonnya, saya tidak bisa membuktikan klaim ini, akan tetapi jika Anda punya uang untuk itu, mungkin Anda bisa mencobanya.

Samsung bahkan membuat “coating” yang anti bakteri :

https://www.samsung.com/my/mobile-accessories/smart-led-view-cover-galaxy-note20-ultra-ef-nn985pbegww/

5. Membersihkan Handphone secara rutin

Semua benda pada akhirnya akan kotor, untuk itulah kenapa kita perlu melakukan pembersihan kepada Handphone kita.

Berikut cara membersihkan handphone kita :

  1. Pastikan kita telah menonaktifkan handphone kita sebelum kita memulai membersihkan.
  2. Tangan Anda juga harusnya sudah bersih, kalau belum maka cuci tangan Anda pakai sabun seperti biasa.
  3. secara hati-hati membersihkan luaran handphone Anda menggunakan anti-bacterial wipe atau basahkan sebuah kain dengan cairan desinfektan berbasis alkohol yang memiliki 70% Isopropil ( rasio 70% di pakai karena rasio ini sudah cukup untuk membunuh bakteri atau kotoran yang ingin kita bersihkan dan jika berlebihan rasio 100% misalnya, dapat merusak handphone kita).
  4. Hindari mendapatkan kelembapan dalam sela-sela handphone seperti tempat memasukkan charger, tempat memasukkan headset, dan lain-lain.
  5. Lakukan hal yang sama kepada semua aksesori handphone.

Disarankan untuk membersihkan handphone setiap hari.





Loading...




Loading...