Loading...

Loading...

Pentingnya Menjaga Kebersihan Ponsel

Ditulis oleh rahmat Pada 07 November, 2020

Bagikan :


Pentingnya Menjaga Kebersihan Ponsel

Photo by Lisa Fotios from Pexels

Kini kehidupan manusia dapat dinyatakan sangat akrab dengan teknologi, hal ini didasari dengan adanya penggunaan teknologi yang terbilang selalu menyertai kehidupan manusia sehingga memunculkan dampak yang sangat besar entah itu positif maupun negatif bagi kehidupan manusia.

Mulai dari keperluan rumah tangga hingga keperluan kantoran semuanya menjadi lebih mudah dengan bantuan teknologi.

Terutama dalam beberapa dekade terakhir yang beberapa orang bilang sangat cepat perkembangannya.

Diantara banyaknya jenis teknologi yang ada, ponsel/telepon genggam/smart phone merupakan jenis teknologi yang paling banyak penggunanya.

Mulai dari anak-anak hingga orang lanjut usia, memiliki dan menggunakan setidaknya satu ponsel.

Hal ini di dukung dengan pandemi corona yang menambah kebutuhan kita dengan ponsel (untuk saling berhubungan) dalam kehidupan sehari-hari, .

Dilihat dari beberapa segi, manusia merupakan makhluk yang membutuhkan asupan (makan, minum), sehingga manusia melakukan berbagai hal untuk memenuhi kebutuhan asupan itu yang biasanya di lakukan dengan cara bekerja, namun hal ini juga dapat menghantarkan bakteri itu sendiri .

Kebanyakan manusia sekarang melakukan pekerjaan hingga capek atau bahkan sampai burn out, namun dengan keberlarutannya tersebut, kadang pekerjaan kita memang dengan sendirinya menggunakan ponsel, atau ada juga yang menggunakan ponsel setelah bekerja.

Hal tersebut memang bukan merupakan sebuah masalah yang besar, namun jika diperhatikan dengan seksama, hal tersebut bisa membuat ponsel terkontaminasi bakteri, apalagi jika kita tidak rajin membersihkan tangan terlebih dahulu langsung menggunakan dan menyentuh ponsel.

Jika diklasifikasikan, bakteri memang terbagi menjadi dua jenis, bakteri baik dan bakteri jahat namun bakteri yang di bawa dari pekerjaan, biasanya bukan bakteri yang baik di tambah lagi hal ini menempel pada tangan kita, melainkan bakteri jahat yang mampu menimbulkan beberapa hal yang tidak diinginkan seperti diare.

Tidak semua penyakit disebabkan langsung oleh kontak tangan dengan mulut, namun beberapa hal yang mampu memicunya, seperti tangan yang kurang bersih kemudian menggunakan tangan untuk makan.

Hal ini bisa saja diakibatkan karena kurangnya perhatian pada diri sendiri, utamanya pada bagian tangan.

Tidak hanya itu, tangan yang tidak bersih ini juga mampu memindahkan bakteri pada benda-benda sekitar yang disentuh, misalnya ponsel itu sendiri.

Ponsel seperti yang penulis jelaskan pada awal pembahasan merupakan benda yang paling banyak di miliki, sekaligus benda yang saat ini paling banyak mengalami interaksi dengan manusia sehingga ponsel memiliki kemungkinan paling besar terhadap pemindahan partikel-partikel termasuk bakteri yang berbahaya.

Pekerjaan manusia sangat beragam, bahkan dalam satu hari saja satu manusia bisa saja memiliki lebih dari satu kegiatan dan tidak menutup kemungkinan setiap seling kegiatan tersebut manusia memegang ponsel tanpa mencuci tangan terlebih dahulu, membuat bakteri di tangan akan berpindah pada ponsel yang di genggam.

Ponsel juga bisa menjadi tempat berbagai jenis bakteri bersarang, mulai dari bakteri Staphylococcus aureus, Bacillus cereus, Pseudomonas aeruginosa, dan Escherichia coli mampu bersarang pada ponsel sehingga penulis mengatakan bahwa ponsel bisa menjadi sarang dari beberapa jenis bakteri.

Di ambil dari https://www.alodokter.com/jangan-lengah-handphone-bisa-menjadi-benda-terkotor-anda

Hal tersebut tentu akan terjadi jika tidak berhati-hati dalam melakukan interaksi dengan ponsel, sehingga dengan adanya bakteri pada ponsel dapat menyebabkan beberapa penyakit seperti diare, sakit perut, mual, muntah, hingga demam.

Bisa di katakan bersarang jika jumlahnya sudah banyak, sangat mengerikan bukan ?, jika ponsel sudah menjadi sarang atau tempat kediaman bakteri, tentu hal ini akan menjadi penyebab kontaminasi tubuh dengan bakteri akan memiliki sakit yang lebih tinggi.

Lalu bagaimana caranya agar bakteri-bakteri ini dapat diatasi?

Tenang saja, bakteri-bakteri ini mampu di atasi dengan melakukan pola hidup bersih, seperti mencuci tangan sehabis melakukan kegiatan yang memicu berpindahnya bakteri ke tangan.

Anda juga bisa melakukan pembersihan secara rutin kepada handphone Anda dengan lap dan sebuah cairan khusus yang bisa Anda dapatkan di penjual HP terdekat.

Saran

Apabila teman-teman telah melakukan aktivitas yang memicu timbulnya bakteri pada tangan, sebelum melakukan interaksi pada ponsel, sebelumnya cuci tangan terlebih dahulu hingga bersih apalagi jika ingin memasukkan sesuatu ke mulut (makan, minum).

Tetap jaga pola hidup sehat, pertahankan, dan giat melakukan pembersihan.

Karena bersih itu sehat.





Loading...




Loading...