Menciptakan suasana bahagia untuk mengatasi bad mood.

Ditulis oleh rahmat Pada 20 August, 2021

Bagikan :


Menciptakan suasana bahagia untuk mengatasi bad mood.

Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Pernahkah anda memiliki good mood/perasaan yang baik dalam satu hari penuh? Atau apakah yang anda alami itu sebaliknya, yaitu dalam sehari anda selalu merasa bad mood? Pasti pernah kan!

Tapi apakah anda menyadari penyebab kedua keadaan tersebut?

Jawabannya tentu banyak hal yang mampu menjadi penyebab dua keadaaan diatas. Misalnya, penyebab anda memiliki good mood/perasaan yang baik dalam satu hari penuh dapat terjadi jika anda memiliki kualitas tidur yang cukup, begitu pun sebaliknya, anda bisa merasakan bad mood yang kadang terjadi tanpa sebab jelas karena kurang tidur. Banyak hal lainnya yang mampu menjadi pemicu dari baik buruknya perasaan atau bahagia dan tidak bahagianya seseorang. Namun hal yang harus kita tekankan bahwa ke dua keadaan tersebut melibatkan kondisi hati dan perasaan.

Ok, saya akan memberi pertanyaan. Jika di berikan pilihan, mana yang akan anda pilih, good mood atau bad mood? Hayoo... Ketebak, pasti anda memilih good mood. Ya kali ada orang yang memilih bad mood. Hanya orang yang kurang dan berpenyakit yang bakal milih bad mood. Alasannya sederhana, yaitu tidak ada seorang pun yang ingin berada pada situasi hati yang tidak mengenakan. Iya kan! Lalu pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana cara agar kita tidak bad mood? Atau bagaimana cara agar kita mampu good mood?

Jawabannya adalah dengan bahagia. Apakah ketika anda bahagia anda merasa bad mood? Jawabannya pasti tidak kan, anda malah merasakan good mood. Iya kan! Alasannya sederhana yaitu karena anda merasa bahagia.

Apa sih bahagia itu?

Bahagia merupakan sebuah kondisi dimana seseorang merasakan kesenangan, kecukupan, kemerdekaan hingga kepuasaan. Dengan bahagia anda mampu mengalami kondisi hati dan perasaan yang baik. Hal tersebut akan berpengaruh pada diri anda sehingga otak akan terstimulus untuk tetap berada pada keadaan positif, tidak mudah tersinggung dan marah, dan menghilangkan reaksi-reaksi negatif terhadap lingkungan anda. Saya beri contoh. Misalnya Budi adalah seseorang yang sangat menyukai membaca. Ketika membaca Budi akan merasa senang, sehingga Budi akan dilingkupi oleh perasaan-perasaan positif.

Apakah dengan membaca Budi akan marah? Jawabannya tentu tidak kan. Karena budi melakukan hal yang dia sukai dan Budi senang dengan itu. Hal tersebut juga sering saya alami, bahkan beberapa teman juga mengalami hal serupa. Yaitu apabila mereka melakukan hal yang mereka sukai mereka akan merasa senang, atau apa pun itu jenis kejadian atau kegiatan yang di senangi dan dilakukan, hal itu membuat kita seolah dilingkupi oleh hal-hal positif. Apakah anda pernah berpikir alasan mengapa kita bisa senang? Jawabannya adalah, karena kita memiliki hormon serotonin atau yang di kenal dengan sebutan hormon kesenangan. Hormon serotonin ini adalah hormon dalam otak yang menstimulasi perasaan senang. Jadi apabila produksi hormon serotonin kita tercukupi, maka secara otomatis otak akan memberikan stimulus bahagia, sehingga tubuh kita akan merespon dan merasakan kesenangan serta kenyamanan.

Lalu bagaimana cara meningkatkan hormon serotonin?

Tidak serumit bagaimana cara pengucapannya, hormon serotonin dapat kita peroleh melalui beberapa cara. Diantaranya makan, olahraga dan melakukan hal-hal yang anda senangi. Penutup:Merasa bad mood atau berada pada situasi hati dan perasaan yang tidak baik adalah hal lumrah bagi seorang manusia. Namun ada banyak hal negatif yang disebabkan oleh bad mood, misalnya menyakiti perasaan seseorang dengan ucapan tidak pantas. Maka dari itu, hindari hal-hal yang menjadi penyebab anda merasakan bad mood atau melawannya dengan berbagai hal-hal positif yang anda sukai. Jika anda menyukai membaca buku, maka anda dapat melakukannya sambil minum kopi atau teh. Hal itu akan bermanfaat, minimal pada diri anda sendiri.

Sumber:

https://www.google.com/amp/s/www.idntimes.com/science/discovery/amp/viktor-yudha/kenapa-orang-bisa-bahagia





Loading...




Loading...