12111Artboard 8_1

Menghilangkan Rasa Bosan

Ditulis oleh rahmat Pada 30 March, 2020

Bagikan :





Daftar Isi

Diantara triliunan manusia yang hidup di muka bumi ini pasti kenal dengan istilah bosan. Ada sebuah keyakinan bahwa setiap orang yang hidup dan menetap di bumi ini, pasti pernah merasakan sebuah kebosanan. Hal ini bahkan bisa saya pastikan tidak terjadi sekali dua kali saja, akan tetapi terjadi berkali-kali. Hal ini terjadi begitu sering sehingga kita sendiri yang mengalaminya, akan sulit untuk mengetahui jumlah tepat, seberapa sering kita merasakan bosan/ kebosanan dalam sepekan.

Seringkali perasaan ini muncul pada seseorang pada waktu, tempat yang tidak mampu di tebak. Seseorang bisa terkena kapan saja dan di mana saja, layaknya sebuah virus yang hanya menjangkit satu orang saja.

Rasa bosan seringkali dirasakan pada saat kita melakukan aktivitas yang secara terus-menerus dan berulang-ulang, itu semua dapat terjadi di mana saja, (di rumah, kantor, sekolah/kampus, dan masih banyak tempat-tempat lain).

Bosan adalah suatu kondisi di mana seseorang menginginkan perubahan, menemukan hal-hal baru, melakukan sesuatu yang menyenangkan dan beberapa hal lainnya yang dianggapnya sangat baik untuk dilakukan. Sedangkan di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, bosan adalah, sudah tidak suka lagi karena sudah terlalu sering atau banyak; jemu.

Dilihat dari pengertian bosan di atas maka dapat di tarik kesimpulan bahwa bosan adalah suatu kondisi di mana psikologis dan kejiwaan seseorang sedang tidak baik-baik saja, atau dengan kata lain dia membutuhkan perubahan, baik itu aktivitas sosial maupun suasana lingkup sekitar yang mampu mengubah moodnya berubah.

Sebenarnya rasa bosan adalah salah satu diantara banyaknya keunikan yang dimiliki oleh manusia. Bosan terhadap suatu hal itu adalah hal yang manusiawi dan penanda bahwa kamu adalah manusia yang masih produktif. Hal ini adalah tanda bahwa kamu adalah manusia yang masih aktif dalam kehidupan dan masih bernapas di muka bumi ini. Namun rasa bosan juga tidak boleh diremehkan. Rasa bosan yang berlebihan akan menimbulkan sikap malas pada diri seseorang sehingga aktivitas-aktivitasnya terbengkalai serta dengan demikian sulit untuk terselesaikan akibat muncul rasa malas.

Penyebab bosan.

Sebelum kita melangkah ke cara menghilangkan rasa bosan, kita perlu tahu dulu hal-hal yang dapat membuat kita merasa bosan. Jika kita ingin menghilangkan sesuatu kita perlu mengerti dulu suatu hal itu. Sebenarnya ada banyak penyebab seseorang sehingga merasakan kebosanan pada dirinya.

beberapa diantaranya adalah:

1. Kondisi yang tidak menyenangkan.

Situasi seperti ini adalah penyebab dari kebanyakan orang merasa bosan. Kondisi yang tidak menyenangkan dapat muncul dari di dalam diri seseorang, juga dapat dimunculkan oleh luar dirinya, misalnya sedang menunggu sesuatu atau seseorang. Tentu sangat tidak menyenangkan, menunggu sesuatu, apalagi yang di tunggu tersebut sudah larut dalam waktu yang telah di sepakati. Misalnya, janji ketemu di taman jam 8 pagi, ketika kita telah datang jam 8 pagi namun orang yang telah di tunggu tadi belum juga datang bahkan sampai jam 9 sampai jam 10 juga belum datang, tentu membuat kesal merasa bosan dalam penantian.

2. Bosan dengan aktivitas.

Aktivitas yang dilakukan terus-menerus setiap hari membuat seseorang merasakan kebosanan. Tidak adanya perubahan dan perkembangan pada aktivitas yang dilakukan itu memicu munculnya rasa bosan, sehingga ingin langsung menyudahi dan tak mau lagi melanjutkan aktivitas tersebut pada saat itu juga. Atau dengan kata lain rasa jenuh.

3. Tak ada teman, (kesendirian).

Sebagai makhluk sosial, manusia butuh terhadap manusia lainnya. Terdapat sebuah ketergantungan antara individu yang satu dengan individu yang lain sehingga sangat membutuhkan orang lain dalam aktivitas harian. Nah ketidak adanya teman dalam melakukan sebuah aktivitas juga terkadang menimbulkan rasa bosan dalam beraktifitas. Meski hanya berbicara tanpa bantuan fisik, seseorang akan merasa sangat tertolong dengan itu. Seseorang akan merasa memiliki semangat yang lebih jika ada yang menemani, apalagi jika yang menemani adalah orang yang dianggapnya spesial, istimewa. Tidak adanya orang yang menemani juga merupakan penyebab munculnya rasa kebosanan dalam diri seseorang

Masih banyak penyebab rasa bosan muncul pada diri seseorang, namun secara garis besar tiga hal yang dijelaskan di atas adalah faktor paling utama yang menyebabkan seseorang merasakan kebosanan.

Ketika Anda mengerti terhadap hal-hal ini maka Anda bisa dengan sendirinya mencari cara agar menghilangkan rasa bosan ini. Akan tetapi, saya tetap memberikan beberapa hal yang mungkin bisa membantu Anda menghilangkan rasa bosan.

Menghilangkan rasa bosan

Mungkin banyak diantara teman-teman yang berfikir, bagaimana sih cara menghilangkan rasa bosan? Tentu untuk menghilangkan rasa bosan itu bukanlah perkara mudah, namun ada beberapa cara yang mungkin bisa di coba agar rasa bosan itu mereda, atau mungkin hilang. Diantara beberapa cara tersebut diantaranya:

1. Mengubah posisi (perspektif)

Mengubah posisi bisa membantu meredakan rasa bosan. Mengubah posisi adalah satu diantara beberapa cara yang teman-teman boleh coba jika merasa bosan. Misalnya jika teman-teman merasa bosan dengan membaca buku pada posisi yang itu-itu saja coba deh teman-teman berganti posisi, barangkali rasa bosan teman-teman dapat terobati.

Sebenarnya cukup dengan mengubah gaya duduk pun sudah cukup. Jika Anda pernah melihat film yang berjudul big hero 6, maka pasti Anda tahu kalau ada adegan di mana si pemeran utama mendapatkan ide robotnya ketika terbalik. Hal ini benar-benar terjadi dengan beberapa interview orang-orang hebat seperti Marie Forleo yang mengatakan kalau dia tersandung sebuah masalah, dia perlu untuk menjauh dari masalah itu, yang pada hal ini adalah olahraga.

Menurut saya hal ini dengan kata lain mencari perspektif baru terhadap masalah itu sendiri. Hal ini tentu saja di dukung oleh penelitian yang mengatakan kalau otak kita tidak pernah berhenti memikirkan masalah kita entah kita sadar atau tidak. Terkadang menjauh dari hal-hal itu dapat membantu kita mendapat sebuah ilham (kecerahan) terhadap apapun masalah yang kita hadapi.

2. Mendengarkan musik

Bagi sebagian orang, mendengarkan musik mampu membuat mood kembali membaik, mendengarkan musik membuat seseorang kadang lupa waktu sehingga tak sadar bahwa "ehh ternyata sudah jam segini". Apalagi jika musik yang didengarkan adalah musik kesukaan, dalam menjalani aktivitas pasti akan terasa menyenangkan.

Tidak heran kalau industri musik sangatlah kompetitif dan sangat besar di zaman kita sekarang. Hal ini tentu saja di karena kan manfaat yang di berikan kepada masyarakat sangatlah besar. Di tambah lagi hampir semua golongan masyarakat mendengarkan musik. Bahkan sampai ada banyak stereotipe yang muncul ketika kita mendengarkan sebuah musik tertentu.

3. Ngumpul sama temen

Sebagai makhluk sosial, manusia membutuhkan bantuan dan sangat bergantung kepada manusia lainnya. Ketergantungan itu membuat seorang manusia sangat butuh terhadap manusia lainnya, sehingga seorang manusia tak akan mampu melakukan semua aktivitasnya sendirian. Saling berbagi canda dan tawa akan menghilangkan rasa bosan. Barang kali teman-teman bisa melakukan aktivitas bersama teman kalian, pasti akan jauh lebih mudah ketimbang dilakukan sendirian. Meski teman hanya berbicara kepada kita saja, itu sudah sangat membantu lho.

4. Melakukan hobi

Nah ini langkah selanjutnya yang mungkin teman-teman bisa lakukan saat merasakan kebosanan. Melakukan hobi saat merasa bosan akan mengalihkan rasa bosan ke rasa bahagia meski tidak secara instan. Misalnya saja, jika teman-teman merasa bosan, jika teman-teman mempunyai gitar dan hobi memainkan gitar, cobalah untuk memainkan gitar itu, suasana hati teman-teman akan membaik deh. Coba saja.

Nah itulah beberapa tips menghilangkan rasa bosan, semoga dapat membantu yah.