Positif Self talk (Berdialog dengan diri sendiri)

Ditulis oleh rahmat Pada 04 September, 2021

Bagikan :


Positif Self talk (Berdialog dengan diri sendiri)

Photo by Mental Health America (MHA) from Pexels

Apa yang biasa anda lakukan ketika merasa terpuruk? Apakah menyesal? Kemudian mencaci diri sendiri dengan ucapan-ucapan dan kalimat-kalimat negatif? Untuk sebagian orang cara demikian mungkin dianggap wajar.

Lalu ketika dianggap wajar, apakah menyampaikan kalimat pada diri sendiri dengan hal-hal negatif mampu dibenarkan? Jawabannya tentu tidak, iya kan! Alasannya sederhana, karena dengan mengumpat diri sendiri, tidak akan berdampak positif, malah akan menjadi sebab kerusakan pada mental. Dengan kerusakan mental ini, seseorang bisa saja melakukan kerusakan pada dirinya sendiri seperti melakukan self harm (melukai diri sendiri) dan segala hal yang berkaitan dengan hal positif pada diri sendiri.

Lalu apakah ketika anda merasa terpuruk, hal sederhana apa yang dapat anda lakukan? Jawabannya adalah anda bisa melakukan positif self talk pada diri anda sendiri.

Positif self talk, hmm... Apa itu?

Untuk memahami apa itu positif self talk yuk simak uraian berikut.

Kata positif memiliki banyak makna. Kata positif dapat bermakna muatan, lebih dari nol, bersifat nyata dan membangun dsb. Namun, makna positif pada tulisan ini yaitu, bersifat nyata dan membangun.

Sedangkan...

Self talk adalah dialog internal pada diri sendiri yang dipengaruhi oleh pikiran bawah sadar dengan mengungkapkan pikiran, pertanyaan, serta gagasan, yang diucapkan dalam hati atau disuarakan secara lantang sehingga menjadi sugesti bagi diri sendiri.

Dari uraian di atas, kita mampu mengambil kesimpulan bahwa positif self talk merupakan dialog yang dilakukan pada diri sendiri dengan ungkapan-ungkapan positif sehingga segala ucapan atau dialog positif yang kita lakukan mampu menjadi sugesti dan tertanam sebagai paradigma.

Kenapa positif self talk? Apakah negatif self tak juga ada?

Jawabannya iya, negatif self talk juga ada. Negatif self talk adalah dialog pada diri sendiri dengan ungkapan-ungkapan negatif sehingga membatasi anda untuk percaya pada kemampuan diri sendiri dan membuat anda makin terpuruk pada keadaan negatif.

Artinya, negatif self talk ini lawan dari positif self talk. Fenomena ini dapat di lihat pada muatan plus dan minus, tentu saling berlawanan bukan.

*Note:

Jika pembaca tertarik untuk pembahasan mengenai negatif self talk, pembaca tinggalkan saja komentar di kolom tempat yang tersedia, jika memungkinkan suatu saat akan kami buat tulisan untuk mengupas tentang negatif self talk. Insyaallah. *

Stop... Stop... Stop... Berhenti untuk selalu membahas hal negatif. Kita kembali ke topik pembahasan positif self talk.

Dari pengertian yang tertera di atas, positif self talk merupakan suatu kegiatan positif yang mampu mengembalikan mental anda sekaligus mampu menjadi mood booster bagi anda.

Manfaat positif self talk

Berikut ilustrasi untuk mengetahui manfaat self talk.

Misalnya jika anda baru saja gagal dalam tes masuk kerja di sebuah perusahaan. Tentu kegagalan dalam tes, menyebabkan anda tidak di terima bekerja di perusahaan tersebut, iya kan?! Dalam kondisi seperti itu, tentu anda akan berada pada kondisi terpuruk, pikiran di penuhi oleh hal-hal negatif, apalagi jika di tambah oleh beban pikiran internal lainnya, seperti "anda butuh pekerjaan itu untuk membayar kontrakan atau semisalnya".

Jika anda terus meratapi diri dengan semua penyesalan-penyesalan tentu anda akan merasakan stres, depresi dan hal-hal negatif lainnya, kejadian ini akan berpotensi membuat anda untuk tidak berkembang.

Berbeda jika anda melakukan positif self talk pada diri anda. Hal sederhana yang mampu anda dapatkan adalah anda mampu terlepas dari kungkungan beban pikiran negatif. Alasannya karena ucapan positif yang anda lakukan pada diri anda sendiri akan berpengaruh pada alam bawah sadar anda lalu kemudian akan tertanam menjadi paradigma, sehingga anda mampu untuk mengalihkan hal negatif ke arah positif.

Cara melakukan positif self talk

Tidak banyak cara yang mampu digunakan ketika ingin melakukan positif self talk, karena ini berkaitan dengan berbicara dengan diri sendiri. Hanya saja anda harus berada pada situasi dan kondisi yang memungkinkan. Maksudnya adalah anda harus berada pada situasi dan kondisi ternyaman di mana anda akan mengutarakan hal positif kepada diri anda sendiri.

Misalnya, anda tidak akan dapat menikmati berbicara/berdialog dengan diri sendiri dengan kondisi diajak berdialog oleh orang lain, iya kan?. Berbicara serius pada dua orang dengan topik berbeda di waktu bersamaan saja anda akan kewalahan bahkan tidak mampu, apalagi jika ini berkaitan dengan berbicara/berdialog dengan diri sendiri. Sehingga dengan itu usahakan untuk mencari situasi dan kondisi di mana anda mampu berbicara/berdialog dengan baik kepada diri sendiri.

Setelah menemukan situasi dan kondisi yang memungkinkan untuk berdialog dengan diri sendiri, mulailah dialog dengan hal-hal sederhana kepada diri anda sendiri, anda dapat mengutarakan cita-cita, hal yang ingin di capai ke depannya dan hal-hal lainnya yang serupa.

Ketika telah serius bercerita, anda dapat bercerita tentang penyebab anda gagal di terima bekerja di perusahaan, atau penyebab anda mengalami masalah dalam kehidupan dan sebagainya, hanya saja jangan sampai porsi bercerita hal negatif lebih banyak ketimbang hal positif.

Setelah menyampaikan banyak hal, anda dapat melalukan polesan dengan menyampaikan kata-kata motivasi kepada diri anda sendiri, misalnya, "kegagalan yang saya alami saat ini adalah batu loncatan untuk bisa sukses di kemudian hari" atau kalimat-kalimat lain yang memotifasi. Intinya jangan menutup dialog anda pada diri sendiri dengan kata-kata dan ungkapan-ungkapan negatif. Karena itu akan sangat berpengaruh pada diri anda sendiri, dan akan menjadi paradigma sehingga akan mempengaruhi mental anda.

Penutup

Jika anda merasa gagal dan terpuruk, jangan memperkeruh suasana dengan ungkapan-ungkapan negatif kepada diri anda sendiri dan sebaiknya iringi diri anda dengan ungkapan-ungkapan positif agar menjadi benteng bagi anda dari masalah-masalah lemah mental.

Referensi :

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://rdk.fidkom.uinjkt.ac.id/index.php/2020/07/23/kenali-self-talk-seni-berdialog-dengan-diri-sendiri/&ved=2ahUKEwio3Y7d4-HyAhXY7XMBHWE9AnQQFnoECAQQBQ&usg=AOvVaw3IGMqkrv2MHgR_eSZxsw6F

https://lektur.id/arti-positif/





Loading...




Loading...